Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer
Articles
Published: 26-11-2019

Peningkatan Kesadaran Pelajar dengan Edukasi Konservasi Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma

Universitas Matana Tanggerang
education of environmental conservation programs awareness students.

Abstract

This article try to testing the education of conservation living environment program to increase students’ awareness in the Kharisma vocational high school, Tanggerang. The research uses a quantitative-experiment method with the analysis of pre-test, post-test, and follow-up. The result is showing the Chi-square score 74,171 (p<0,0001), the context is identification that the education of environmental conservation program for sustainable livelihood can be increasingly of students’ awareness. It was observed with the students’ concern might influenced by awareness factors from early to treat the living environment. The participation in the conservation of environment program has implemented in the school, it is the urgency for sustainability who useful for students’ skills in the job area for the future. The student of participation can be important factors to grow an empathy of the environment. This condition of environment more awful has influenced exploitation activity conducted by factories.

Tulisan ini berusaha menguji edukasi program konservasi lingkungan hidup dalam meningatkan kesadaran siswa di Sekolah Menengah Kejuruan Kesehatan Kharisma Tanggerang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif-eksperimen dengan menguji pretest, posttest, dan follow up. Hasil analisis menunjukkan skor Chi-square sebesar 74,171 (p<.0001) mengindikasikan bahwa edukasi program konservasi lingkungan hidup terbukti dapat meningkatkan kesadaran siswa. Hal ini terpantau dengan kepedulian siswa dapat dipengaruhi oleh faktor kesadaran sejak dini untuk merawat lingkungan sekitar. Partisipasi dalam konservasi lingkungan yang diimplementasikan di lingkungan sekolah merupakan urgensi kelestarian yang berguna bagi siswa di dunia pekerjaan. Partisipasi siswa dalam hal tersebut menjadi faktor terpenting untuk menumbuhkan rasa empati terhadap lingkungan. Kondisi lingkungan saat ini semakin memburuk akibat kegiatan eksploitasi yang dilakukan oleh banyak perusahaan.

References

  1. Arnas, Yayuk Eva. “Partisipasi Guru dalam Menumbuhkan Rasa Peduli Terhadap Lingkungan Hidup di SMP Negeri 2 Papar Kabupaten Kediri.” Universitas Nusantara PGRI Kediri, 2016.
  2. Bashori, Khoiruddin. “Pendidikan Politik di Era Disrupsi.” Sukma: Jurnal Pendidikan 2, no. 2 (2018): 287–310. https://doi.org/10.32533/02207.2018.
  3. Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif Kuantitatif dan Mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2010.
  4. Effendi, Bahtiar. “Dapatkah Dewan Komisaris Melejitkan Praktik Environmental Disclosure di Indonesia?” In Proceeding KAB-1 (Konverensi Akuntansi Banten). Banten: Universitas Matana, 2018.
  5. ———. “Kualitas Audit, Kondisi Keuangan, Ukuran Perusahaan dan Penerimaan Opini Audit Going Concern.” Owner 3, no. 1 (2019): 9–15.
  6. ———. “Pengaruh Implementasi Program Corporate Social Responsibility Terhadap Kepuasan Masyarakat (Studi Kasus Pada PT. Krakatau Steel, Tbk. di Kota Cilegon)”.” In Proceeding FRIMA (Festival Riset Ilmiah Manajemen dan Akuntansi). Banten: Universitas Matana, 2019.
  7. Fitriani, Rifa. “Perilaku Peduli Lingkungan Pada Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Yogyakarta.” Universitas Negeri Yogyakarta, 2017.
  8. Global Reporting Initiative. “Pedoman Pelaporan Keberlanjutan G4, Prinsip-Prinsip Pelaporan dan Pengungkapan Standar.” NCSR, 2019.
  9. GRI. “Reporting Principles and Standard Disclosures.” Amsterdam, 2018.
  10. Hadi, and Masruri. “Pengaruh Pendidikan Kependudukan Dan Lingkungan Hidup Terhadap Perilaku Peduli Lingkungan.” Socia 11, no. 1 (2014): 16–32.
  11. Karim, Abdul. “Mengembangkan Kesadaran Melestarikan Lingkungan Hidup Berbasis Humanisme Pendidikan Agama.” Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 12, no. 2 (January 25, 2018): 309. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i2.2780.
  12. Khasanah, Evi Uswatun. “Kecerdasan Emosional Pada Remaja Ditinjau Dari Tipe Lembaga Pendidikan dan Jenis Kelamin.” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2018.
  13. Morar, Florica, and Andrea Peterlicean. “The Role and Importance of Educating Youth Regarding Biodiversity Conservation in Protected Natural Areas.” Procedia Economics and Finance 3, no. 12 (2012): 1117–21. https://doi.org/10.1016/s2212-5671(12)00283-3.
  14. Napholz, Linda. “Indexes of Psychological Well-Being and Role Commitment among Working Women.” Journal of Employment Counseling 32, no. 1 (1995): 22–31. https://doi.org/10.1002/j.2161-1920.1995.tb00421.x.
  15. Nugroho, Mas Aditia. “Perilaku Peduli Lingkungan Siswa Sekolah Adiwiyata di Perdesaan dan Perkotaan Jawa Tengah Tahun 2016.” Universitas Negeri Semarang, 2017.
  16. Nurlailiya, Ika. “Menggugah Kesadaran Siswa Untuk Bersekolah Di SMK (Sekolah Menengah Kejuruan) Studi Kasus di SMK Darul Ma’wa Plumpang-Tuban.” Paradigma 1, no. 1 (2013): 1–9.
  17. Primayanti, Ade Imelda. “Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi.” Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan 12, no. 1 (April 15, 2015): 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447.
  18. Rachman. “Konservasi Nilai dan Warisan Budaya.” Indonesian Journal of Conservation 1, no. 1 (2012): 30–39. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/ijc/article/view/2062.
  19. Sari, Putri Nilam, and Nofriya. “Pembentukan Perilaku Peduli Lingkungan Hidup Menuju Sekolah Adiwiyata Pada SDN 05 Kampung Pisang Kecamatan IV Koto.” Warta Pengabdian Andalas 25, no. 2 (2018): 10–20.
  20. Sari, Tantry Agnhitya, and Sri Murni Soenarno. “Pendidikan dan Pelatihan Konservasi Alam Bagi Siswa dan Guru SD Melalui Metode Learning By Game”.” In Proceeding Seminar Nasional Jurusan Pendidikan Biologi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2018.
  21. Sekarwigati, Mega, and Bahtiar Effendi. “Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, dan Likuiditas Terhadap Corporate Social Responsibility Disclosure.” STATERA: Jurnal Akuntansi Dan Keuangan 1, no. 1 (2019): 16–33.
  22. Sugiono. Metode Penelitian Manajemen. Bandung: Alfabeta, 2013.
  23. ———. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alpabeta, 2014.
  24. Suharsaputra, Uhar. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Tindakan. Bandung: Refika Aditama, 2014.
  25. Trihendradi. Step by Step SPSS 20 Analisis Data Statistik. Yogyakarta: Andi Offset, 2012.