Motivasi Kerja Mahasiswa Laki-laki Berjualan Online Produk Kecantikan

Nuri Lusiana, Sri Respati Andamari

Abstract


Online shop is a quiet promising bussiness to earn profit. There are 82 millions internet user in Indonesia, it’s about 30% from Indonesia’s population. Gender isn’t an issue to become cosmetic online shop vendor. This research is conducted to reveal the factors that affect male college students motivation to become cosmetic online shop vendor, this research uses qualitative method with parcitipative observation and semi-structured interview. Result shows that all subjects’ motivation in this research are almost related to perception, self-esteem, and achievement, expectation, needs, work satisfaction, work type and characteristic, workgroup, work environment,and profit. Work group was not affecting the motivation, therefore not related with motivation.

Keywords


online shop; cosmetic products; gender

Full Text:

PDF

References


Anogara, P. (2009). Psikologi Kerja.Jakarta: Rineka Cipta.

As’ad, M. (2004). Psikologi industri, seri umum. Sumber daya manusia edisi ke-4. Yogyakarta: Liberty.

Ekaningsih, S. A. (2012). Pengaruh motivasi kerja terhadap kinerja dengan persepsi lingkungan kerja sebagai variabel pemoderasi(studi pada satuan polisi pamong praja Kota Surakarta). Jurnal Ilmu-ilmu Sosial Socioscientia. 4 (1).

Emzir. (2012). Metodologi penelitian kualitatif analisis data. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hamzah, B. U. (2008). Teori motivasi dan pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasibuan, M. (2006). Organisasi dan motivasi: dasar peningkatan produktivitas. Jakarta: Bumi Aksara.

Ilmalana, (2012). Analisis motivasi konsumen online dalam melakukan impulse buying pada transaksi C2CCommerce (studi pada Forum Jual Beli Kaskus). Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia.

Kotler, P. (2002). Manajemen pemasaran edisi miilenium. Jakarta: PT. Prehalindo.

Maslow, A. H. (1994). Motivasi dan kepribadian motivasi dengan pendekatan hierarki kebutuhan manusia jilid 2. Diterjemahkan oleh: Nurul Imam. Jakarta: Pustaka Binaman Pressindo.

Moleong, L.J. (2012). Metode kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Munandar, A.S.(2011). Psikologi industri dan organisasi. Jakarta: UI Press.

Nugrahebi, S. D. (2011). E-commerce untuk pemasaran produk usaha kecil dan menengah.Jurnal Segmen Manajemen dan Bisnis.

Poerwondari, K. E. (2007). Pendekatan kualitatif untuk penelitian perilaku manusia. Depok: Lembaga Pengembangan Sarana Pengukuran dan Penelitian Psikologi.

Prawesti, I. N. M. (2014). Motivasi kerja pada guru PAUD “Perintis” Patuk Gunung Kidul. Skripsi. Fakultas Psikologi. Universitas Teknologi Yogyakarta.

Santrock, J., W. (2010). Psikologi pendidikan, edisi kedua. Jakarta: Kencana.

Sartika, D. (2014). Analisa sistem informasi penjualan online (e-commerce) airzone.ME berbasis web design menggunakan metodelogi B2B (bussines to bussines) pada Perguruan Tinggi Raharja. Skripsi. Fakultas Sistem Informasi, Konsentrasi Sistem Informasi Manajemen. STIMIK Tangerang.

Siagian, S. P. (2012). Teori motivasi dan aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono.(2013). Memahami penelitian kualitatif. Bandung: CV Alvabeta

Tjiptono, F. (2006). Strategi pemasaran. Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.14421/jpsi.2016.41-03

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2016 Jurnal Psikologi Integratif

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.