Pemuda dalam al-Qur’an dan Hadis
DOI:
https://doi.org/10.14421/jkii.v1i2.1060Keywords:
pemuda, Al Qur’an, hadis, IndonesiaAbstract
Tulisan ini membahas tentang istilah yang digunakan dalam al-Qur’an dan hadis terkait dengan pemuda. Masalah pemuda memang menarik untuk dikaji karena mereka memiliki peran penting dalam membangun masyarakat, negara, dan peradaban. Peran pemuda sangat diharapkan untuk generasi sekarang dan generasi mendatang, tidak ada yang mengingkari hal ini karena sudah jelas. Tulisan ini tidak membahas masalah pemuda secara umum, tetapi hanya terfokus pada kata yang terkait dengannya. Dalam al-Qur’an ada dua kata yang digunakan, yaitu fatā dan fityah, baik dalam bentuk mufrad ataupun tas|niyah. Kedua kata ini ditujukan kepada tokoh-tokoh baik, seperti Nabi Ibrahim, murid Nabi Musa, para penghuni goa (ashāb al-kahfi), dan Nabi Yusuf. Sedangkan kata pemuda yang digunakan dalam hadis adalah syāb dan syabāb.Konteks penggunaan kedua kata ini berbeda-beda, termasuk juga dalam kajian alam akhirat, seperti pemuda yang akan dinaungi pada hari akhirat kelak. Dari segi kritik sanad dan matan hadis, ditemukan ada satu hadis bermasalah yaitu hadis terkait dengan nikah pemuda. Masalah nikahmemang bukan terkait halal-haram tetapi karena hadis itu berasal dari Nabi maka perlu diteliti. Kritik sanad dan matan hadis memang hal yang urgen dalam kajian hadis, baik dari masa lalu ataupun masa sekarang.
[This paper discusses the terms used in the Qur'an and hadiths related to youth. The problem of youth is indeed interesting to study because they have an important role in building society, state and civilization. The role of youth is expected for present and future generations, no one can deny this because it is clear. This paper does not discuss youth issues in general, but only focuses on the words related to them. In the Koran, two words are used, namely fatā and fityah, either in the form of mufrad or tas | niyah. These two words are addressed to good figures, such as the Prophet Ibrahim, the disciples of the Prophet Musa, the inhabitants of the cave (ashāb al-kahfi), and the Prophet Yusuf. Meanwhile, the word youth used in the hadith is syāb and shabāb. The context for the use of these two words is different, including in the study of the afterlife, such as youths who will be shaded in the afterlife. In terms of the criticism of sanad and hadith observations, it is found that there is one problematic hadith, namely the hadith related to youth marriage. The problem of marriage is not related to halal-haram but because the hadith comes from the Prophet, it needs to be examined. The criticism of sanad and matan hadith is indeed an urgent matter in the study of hadith, both from the past or the present.]
Downloads


References
Abdul Bāqī, Muhammad Fu’ād al-Mu’jam al-Mufahras li Alfāz } al-Qur’ān }
al-Karīm bi H}āsyiah al-Mus}h}af al-Syarīf, Kairo: Dār al-H}adīs|,
M/1428 H.
Abū Syuhbah, Muh}ammad, Fī Rih}āb al-Sunnah al-Kutub al-S}ih}āh} al-
Sittah, Kairo: Silsilah al-Buh}ūs| al-Islāmīyah, 1415 H/1995 M.
Abū Ya’lā, Ah}mad bin Alī bin al-Mus|annā al-Tamīmī, al-Musnad,
ditah}qīq dan ditakhrīj hadis-hadisnya oleh H}usain Salīm Asad,
juz-VI, Damaskus: Dār al-Ma’mūn li al-Turās|, cet-III, 1410
H/1989 M.
Ajlūnī-al, Ismāīl bin Muh}ammad bin Abdul Hādī al-Jarrāh}ī, Kasyf
al-Khafā’ wa Muzīl al-Ilbās Ammasytuhira min al-Ah}ādīs| alā
Alsinah al-Nās, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmiyyah, 1422 H/2001
M.
Albānī-al, Muh}ammad Nās}iruddīn, Silsilah al-Ah}ādīs| al-D}aīfah wa al-
Maud}ū’ah wa As|aruhā al-Sayyi’ fī al-Ummah, Riyād}: Maktabah
al-Ma’ārif li al-Nasyr wa al-Tauzī’, cet-I, 1421 H/2000 M.
Dāraqutnī-al, Abū al-H } asan Alī bin Umar bin Ah } mad bin Mahdī, al-Ilal }
al-Wāridah fī al-Ah}ādīs| al-Nabawīyah, ditah}qīq dan ditakhrij
oleh Mah}fūz}ur Rah}mān bin Zainullāh al-Salafī, juz-XV, Riyād}:
Dār al-T}ayyibah, cet-I, 1405 H/1985 M.
Dāraqut}nī-al, Alī bin Umar bin Ah}mad Kitāb al-D}uafā’ wa al-Matrūkīn,
ditah}qīq oleh Muh}ammad Lūt}fī al-S}abbāg, J-I, Damaskus: al-
Maktab al-Islāmī, cet-1, 1400 H/1980 M.
Hais|amī-al, Nuruddīn Majma’ al-Zawāid wa Manba’ al-Fawāid, juz-IV,
al-Maktabah al-Syāmilah.
Ibn Adī/Uday, Abū Ah}mad Abdullāh bin al-Jurjānī al-Kāmil fī D}u’afā’
al-Rijāl, ditah}qīq dan dita’liq oleh Ādil Ah}mad Abdul Maujūd dan Alī Muh}ammad Mu’awwad, juz-VIII, Beirut: Dār al-Kutub
al-Ilmiyah, t. th.
Ibn Arrāq, Abū al-H}asan Alī bin Muh}ammad bin al-Kinānī, Tanzīh
al-Syarī’ah al-Marfū’ah an al-Ah}ādīs| al-Syanī’ah al-Maud}ū’ah,
ditahkik dan dita’lik oleh Abdul Wahhāb bin Abdul Lat}īf dan
Abdullāh bin Muh}ammad al-Gumārī, Juz-II, Beirut: Dār al-
Kutub al-Ilmīyah, t. th.
Ismail, M. Syuhudi, Metodologi Penelitian Hadis Nabi, Jakarta: Bulan
Bintang, cet-I, hlm. 1992 M.
____________Hadits Nabi Menurut Pembela, Pengingkar dan
Pemalsunya, Jakarta: Gema Insani Press, cet-I, 1995 M/1415
H.
____________Kaedah Kesahehan Sanad Hadis, Jakarta: Bulan
Bintang, 1988 M.
Jauzī-al, Abū al-Faraj Jamāluddīn Abdurrahmān bin Alī bin Muh } ammad }
al-Qurasyī al-Bagdādī, al-D}uafā’ wa al-Matrūkīn, ditah}qīq oleh
Abū al-Fidā’ Abdullāh al-Qād}ī, juz-1, Beirut: Dār al-Kutub al-
Ilmīyah, cet-I, 1406 H/1986 H.
Jurjānī-al, Abū Ah}mad Abdullāh bin Adī, al-Kāmil fī D}u’afā’ al-
Rijāl, dengan pentah}qīq Ādil Ah}mad Abdul Maujūd dan Alī
Muh}ammad Mu’awwad, ikut juga dalam tahkinya kitab ini
Abdul Fattāh} Abū Sunnah, juz-III, Beirut: Dār al-Kutub al-
Ilmīyah, t. th.
Qanūjī-al, Abū al-T}ayyib al-Sayyid S}iddīq H}asan Khān, al-H}it}t}ah fī
Żikri al-S}ih}āh} al-Sittah, ditah}qīq oleh Alī H}asan al-H}alabī,
Beirut: Dār al-Jīl dan Ammān: Dār al-Ammār, t. th.
Qāwaqujī-al, Abū al-Mah}āsin al-Lu’lu’ al- Mas}nū’ fīmā lā As}la lahu au
bi as}lihi Maud}ū’,
Sahmī-al, Abū al-Qāsim H}amzah bin Yūsuf bin Ibrāhīm Tārīkh Jurjān,
juz-I,
Suyūt}ī-al, Abdurrah}man bin Abū Bakar, al-Jāmī’ al-S}agīr fī Ah}ādīs| al-
Basyīr al-Nażīr, Bairut: Dār Kutub al-Ilmīyah, cet-V, 2010.
Syaukānī-al, Muh}ammad bin Alī bin Muh}ammad bin Abdullāh, al-
Fawā’id al-Majmū’ah fī al-Ah}ādīs| al-Maud}ū’ah, Beirut: Dār al-
Kutub al-Ilmīyah, 1416 H/1995 M.
T}abarānī-al, Abū al-Qāsim Sulaimān bin Ah}mad al-T}abarānī,
al-Mu’jam al-Ausat}, ditah}qīq oleh Abū Mu’āż T}āriq bin
Aud}ullāh bin Muh}ammad dan Abū al-Fad}l Abdul Muh}sin
bin Ibrāhīm al-H}usainī, juz-IV, Kairo: Dār al-H}aramain, cet-I,
H/1995 M.
Uqailī-al, Abū Ja’far Muh}ammad bin Amr bin Mūsā bin H}ammād al-
Makkī, al-D}u’afā’ al-Kabīr, ditahkik oleh Abdul Mu’t}ī Amīn
Qal’ajī, juz-II, Beirut: Dār al-Kutub al-Ilmīyah, cet-II, 1418
H/1998 M.
Wādi’ī-al, Abū Abdirrah}mān Muqbil bin Hādī, dkk, Tarājim Rijāl
al-Dārāqut}nī fī Sunanihi allażīna, S}an’ā’-Yaman: Dār al-Ās|ār-
Mu’assasah al-Rayyān, t. th.
Żahabī-al, Syamsuddīn Abū Abdillāh Muh}ammad bin Ah}mad bin
Us|mān bin Qīmāz, al-Mugnī Fī al-D}u’afā’ juz-1.