Selebritas dan Transformasi Keagamaan: Citra Ganda Artis Perempuan Muslim

Authors

  • Neneng Irwanti Mahasiswa Program Magister S2 Sejarah dan Kebudayaan Islam Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jkii.v5i1.1136

Keywords:

selebritas, trasnformasi, keagamaan

Abstract


Transformasi merupakan perubahan, pada dewasa ini sering menjadi citraganda dalam selebritas khususnya pada perempuan muslimah. Transformasi keagamaan sering di artikan proses perubahan agama yang tidak sesuai syariat agama menjadi yang sesuai dengan syariat agama, yang di lakukan pada sebritis. Pada penelitian ini peneliti memiliki tujuan, untuk mengetahui bagaimana gaya hidup selebritis perempuan muslimah yang menjadi rujukan masyarakat yang sedang melakukan transformasi keagamaan, dan citraganda yang dimiliki oleh artis perempuan muslimah yang sedang berhijrah, karena dalam proses ini para selebriti tidak kehilangan popularitas dan proses hijrahnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan melakukan observasi, terhadap para selebriti yang sedang melakukan proses hijrah dan menjadi rujukan masyarakat. Selain itu peneliti juga menggukan analisis dokumentasi yang di bagikan selebritis dalam media sosia, dan trasnsformasi keagamaan yang dilakukan selebritis dapat menjadikan rujukan bagi masyarakat.

[Transformation is a change, in this day and age it is often a celebrity in celebrities especially in Muslim women. Religious transformation is often interpreted as a process of religious change that is not in accordance with religious law to be in accordance with religious law, which is carried out on sebritis. In this study, researchers have a goal, to find out how the lifestyle of celebrity Muslim women who become a reference for people who are doing religious transformation, and the image that is owned by Muslim women artists who are emigrating, because in this process celebrities do not lose popularity and the hijrah process. The method used in this research is qualitative by observing celebrities who are doing a migratory process and become a community reference. In addition, researchers also used
documentation analysis that celebrities share on social media. Religious transformation carried out by celebrities can be a reference for the community.]

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 506 times | PDF downloaded = 537 times

References

Baier, D.. The Influence of Religiosity on Violent Behavior of Adolescents: A Comparison of Christian and Muslim Religiosity. Journal of Interpersonal Violence , 2013.

Clara Eggera and Raul Magni-Berton, The Role of Islamist Ideology in Shaping Muslims Believers’ Attitude toward Terrorism : Evidence From Europe, STUDIES IN CONFLICT & TERRORISM, 2019

Cahyono, Anang Sugeng. Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat di Indonesia.

Creswell, John W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed, Terj. Achmad Fawaid Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Dewi, Ernita. Transformasi Sosial dan Nilai Agama, Fakultas Ushuluddin IAIN Ar-Raniry, Jurnal Substantia, Vol. 14, No.1 April 2012.

Ester Meilany Pattipeilohy, Le Moesiek Revole, Citra Diri dan Popularitas artis, Jurnal Kajian Komunikasi, vol.3, No.1, Juni 20015.

Fazlul, Rahman Matinya Sang Dai: Otonomisasi Pesan Pesan Keagamaan di_duni@maya, Lembaga Studi Islam Pogresif (LSIP),211

Ghazali A D, Studi Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.tahun 2015.

Mayor, Polak. Sosiologi, Ikhtiar Baru Jakarta, 1985,

Mansur et.all.. Implementation of Islamic Education in Promoting Religious Awareness for High School Students in Kendari. ICon-ITSD IOP Publishing IOP Conf. Series: Earth and Environmental Science , 2018.

Muliati, “Efektivitas Mengikuti Religion Online di Instagram Terhadap Spiritualitas Mahasiswa, Universitas Syiah Kuala.”

Rakhmat, J. Metode penelitian komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2001

Siswandi, Refomulasi Epistimollogi Hijrah dalam Dakwah, ISLAMICA, Vol 5, No.2, Maret 2011

Seruni Trie Lyea Lestari & Amalia Rahmadani, Pengalaman Transfoemasi Diri Individu Yang Hijarah, Fakultas Psikologi Undip.

https://websindo.com/indonesia-digital-2019-media-sosial/

Yudhianto, 132 Juta Pengguna Internet Indonesia 40% Penggila Medsos. Diunduh dari https://inet.detik.com

Media sosial menjadi sahabat sekaligus tempat bertanya bagi anak muda dalam belajar agama. Umumnya mereka menyukai para ustaz yang digital friendly. Novita Novita Intan Generasi Millenial Belajar Agama Lewat Media Sosial. Diunduh dari https://www.republika.co.id

Downloads

Published

2020-11-28

How to Cite

Irwanti, N. (2020). Selebritas dan Transformasi Keagamaan: Citra Ganda Artis Perempuan Muslim. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 5(1), 69–82. https://doi.org/10.14421/jkii.v5i1.1136

Issue

Section

Articles