Penguatan Pendidikan Karakter melalui Program Konseling Pondok Pesantren Mahir Arriyadl di Keling Kepung Kediri

Authors

  • Khoirul Anwar UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jkii.v6i2.1149

Keywords:

Pendidikan Karakter, Program Konseling

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa tentang penguatan pendidikan karakter melalui Program Konseling Pondok Pesantren Mahir Arriyadl di Keling Kepung Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Peneliti mendapatkan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Tahap-tahap penelitian meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Temuan penelitian ini berupa: (1) Penerapan Penguatan Pendidikan karakter melalui program konseling di Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Keling Kepung Kediri dilatarbelakangi oleh rasa tanggung jawab pondok dalam melaksanakan secara langsung kepada para santri tentang materi-materi yang sudah diajarkan terutama adap tingkah laku melalui program konseling, serta penerapan tata tertib pondok pesantren menjadikan para santri menjadi terbiasa dengan peraturan yang ada di pondok (2) Aktualisasi penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan pendekatan berbasis individu, keluarga, pondok, dan masyarakat dalam satu kesatuanyang utuh dan saling terkait (3) Upaya strategis pondok pesantren dalam meningkatkan program penguatan pendidikan karakter melalui program konseling yaitu menjadikan pendidikan karakter bagian dari kurikulum, pemenuhan sarana dan prasarana yang memadai, menyatukan visi sumber daya manusia.

[This study aims to analyze the strengthening of character education through the Mahir Arriyadl Islamic Boarding School Counseling Program in Keling Kepung Kediri. This study uses a qualitative approach. Researchers get data using interviews, observation, and documentation. The research stages include data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The findings of this study are: (1) The application of strengthening character education through a counseling program at the Pondok Pesantren Mahir Arriyadl Keling Kepung Kediri is motivated by the sense of responsibility of the cottage in implementing directly to the students about the materials that have been taught, especially behavior through the counseling program. , as well as the application of boarding school rules and regulations to make students familiar with the existing regulations in the boarding school (2) Actualization of strengthening character education is carried out with an individual, family, cottage, and community-based approach in a unified and interrelated unit (3) Strategic efforts Islamic boarding schools in improving character education strengthening programs through counseling programs, namely making character education part of the curriculum, fulfilling adequate facilities and infrastructure, unifying the vision of human resources.]

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 89 times | PDF downloaded = 55 times

References

Citra, Yulia. “Pelaksanaan Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran.” E-JUPEKhu (Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus) 1, no. 1 (2012): 237–49.

Harun, Cut Zahri. “Manajemen Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Karakter 3, no. 3 (2013).

Julaeha, Siti. “Problematika Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Karakter.” Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7, no. 2 (2019).

Lickona, Thomas. Educating for character: How our schools can teach respect and responsibility. Bantam, 2009.

N, Omeri. “Pentingnya Pendidikan Karakter Dalam Dunia Pendidikan.” Nopan Omeri 9, no. 3 (2015): 464–68.

Raco, J. R. “Metode Kualitatif (Jenis, Karakteristik, dan Keunggulannya).” Grasindo. Grasindo, 2010.

Ramdhani, Muhammad Ali. “Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter.” Jurnal Pendidikan UNIGA 8, no. 1 (2017): 28–37.

Saihu, Saihu, dan Baeti Rohman. “Pembentukan karakter melalui model pendidikan transfromatife learning pada santri di pondok pesantren Nurul Ikhlas Bali.” Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. 02 (2019): 435–52.

Shofiyyah, Nilna Azizatus, Haidir Ali, dan Nurhayati Sastraatmadja. “Model Pondok Pesantren di Era Milenial.” Belajea: Jurnal Pendidikan Islam 4, no. 1 (1 Juni 2019): 1–18. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.585.

Syafe’i, Imam. “Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter.” Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam 8, no. I (2017): 61–82.

Downloads

Published

2021-12-27

How to Cite

Anwar, K. (2021). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Program Konseling Pondok Pesantren Mahir Arriyadl di Keling Kepung Kediri. Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 6(2), 138–149. https://doi.org/10.14421/jkii.v6i2.1149

Issue

Section

Articles