Pelatihan Bahasa Inggris untuk Guru PAUD di Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul

Anselmus Sudirman,1* Theresia Laksmi Widyarin,2 Wisnu Ayub Maulana3

   1 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
   2 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
   3 Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/aplikasia.v19i2.2234

Abstract


Pelatihan Bahasa Inggris ditujukan untuk para guru PAUD yang mengajar di PAUD Dusun
Ngijo agar mereka memperoleh gambaran tentang tahapan perkembangan anak sejak lahir sampai lima
tahun dan beberapa tonggak penting lainnya dalam proses belajar dan mengajar Bahasa Inggris. Selain itu,setiap anak berbeda dan berkembang, dan tugas guru PAUD adalah menerima setiap perbedaan anakanak dan mendukung perkembangannya.Pelatihan ini menjadi kerangka kerja untuk memahami
kebutuhan anak, bagaimana otak anak berkembang, dan pentingnya interaksi dalam proses belajar
mengajar, pentingnya bermain dalam perkembangan dan pembelajaran anak, konsep keterikatan dan
timbal balik, dan pentingnya pendidikan anak usia dini. Para guru PAUD menjadi bagian penting dari
pembelajaran dan perkembangan anak-anak melalui panduan perilaku positif, terutama untuk anak-anak
balita. Pelatihan ini membutuhkan waktu sekitar 1, 5 jam dengan 5 pertemuan selama 2 minggu, dan diisi
dengan kegiatan-kegiatan diskusi, simulasi mengajar, bagaimana berkreativitas, menonton video pendek,
dan mengadakan kuis dan memberikan penilaian.Dalam kegiatan Abdimas ini pemecahan masalah terkait
dengan kemampuan para guru PAUD dalam mengajar Bahasa Inggris untuk anak-anak balita dilakukan
melalui pelatihan selama 2 pertemuan dalam 2 minggu dengan alokasi waktu 2 jam per pertemuan.
Pemecahan masalah dalam pelatihan ini mementingkan keterlibatan bersama antara para guru PAUD di
dusun Ngijo, Desa Srimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul dengan para instruktur atau
pemateri pelatihan. Kegiatan-kegiatan pelatihan erat kaitan dengan pemakaian media pembelajaran
Bahasa Inggris sehingga para guru PAUD belajar meningkatkan kemampuan mengajar Bahasa Inggris,
bagaimana mengelola kelas, memberikan kuis dan mengevaluasinya. Hal ini menjadi bagian penting dari
pemecahan masalah dengan menggunakan teknik simulasi, dan total physical response.



Keywords


Pembelajaran; pembelajaran bahasa untuk anak usia dini; simulasi; PAUD

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

APLIKASIA

Creative Commons License
This work is licensed under a CC BY NC SA 4.0 License.

Indexed by: