PENGELOLAAN DAN PELAYANAN PRAKTIKUM DI LABORATORIUM TEKNIK PERANCANGAN SISTEM KERJA

Gemah Delti


Abstract


Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kinerja pengelolaan dan pelayanan praktikum pada Laboratorium Teknik Perancangan Sistem Kerja di Politeknik ATI Makassar. Laboratorium Teknik Perancangan Sistem Kerja (TPSK) merupakan sarana dan prasarana pendukung proses belajar mengajar, baik yang bersifat rutinitas kegiatan praktikum maupun eksidental berupa suatu tempat yang digunakan untuk percobaan dan pengamatan yang berhubungan dengan bidang ilmu teknik industri. Metode pengumpulan data adalah deskriptif kuantitatif dan studi kepustakaan. Sumber data dari hasil observasi, kuisioner, wawancara, dan dokumentasi. Skala Likert dipadukan dengan aplikasi SwanStat digunakan untuk pengolahan data hasil kuisioner. Penilaian peneliti melalui observasi, hasil pengolahan data kuisioner menggunakan skala likert dan hasil wawancara kepala laboratorium, dosen, asisten laboratorium dan mahasiswa. Wawancara dilakukan kepada mahasiswa, tenaga asisten, dosen, dan kepala laboratorium. Hasil kuisioner diperoleh dari 83 mahasiswa dengan menggunakan teknik stratified sampling dengan jumlah total mahasiswa 157 orang. Hasil uji validitas setiap pertanyaan dinyatakan valid melalui olah data SwanStat dan hasil uji reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,8447 jika dipresentasikan data reliabel 84,47%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan kegiatan praktikum  86,60% (sangat baik), Pelaksanaan praktikum 81,54 % (sangat baik) dan evaluasi kegiatan praktikum 76,13 % (baik). Sehingga disimpulkan bahwa pengelolaan dan pelayanan kegiatan praktikum berjalan baik dan disiplin.

Keywords


Pelayanan;Pengelolaan;Laboratorium

Full Text:

PDF

References


Narawati, A. P. (2014) ‘Pengelolaan Laboratorium Biologi Di Program Studi Pendidikan Biologi FKIP UMS’, Naskah Publikasi, 1, pp. 1–10.

Politeknik ATI Makassar, 2014. Dokumen Sistem Manajemen Mutu ISO 9001-2000, Makassar

Marham Sitorus,Dr,M.Si, Ani Sutiani,Dra,M.Si, 2013. Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia, Yogyakarta.

Charles JP Siregar,Prof,Dr,M.Sc,Apt, Tomi Hendrayana,M.Si,Apt, 2007. Praktek Sistem Manajemen Laboratorium – Pengujian yang Baik, Jakarta.

Likert, Rensis,1932. "A Technique for the Measurement of Attitudes", Archives of Psychology, 140: 1–55.

Sutalaksana, 1979. Teknik Tata Cara Kerja, Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.