Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelelahan Kerja Pada Pembimbing Praktikum Di Prodi Ilmu Keperawatan Universitas Riau

Dyni Amoryna


DOI: https://doi.org/10.14421/jpplpi.2020.%25x

Abstract


—Pekerjaan di sektor pendidikan lebih banyak menimbulkan stres dan kelelahan kerja, baik fisik maupun psikologis. Kurangnya jumlah tenaga kerja seringkali menjadi alasan bagi sebuah perusahaan untuk memberikan pekerjaan tambahan yang dapat mengakibatkan kelelahan kerja. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah umur, jenis kelamin, lama jam bekerja, status gizi dan tingkat kebugaran merupakan faktor yang berhubungan dengan kelelahan kerja pada pembimbing praktikum di Prodi Keperawatan, bersifat deskriptif kuantitatif crossectional analitik dan dianalisa dengan uji Chi-square pada SPSS 21.0. Penelitian dilakukan pada 31 responden yang bekerja sebagai pembimbing praktikum (dosen dan Pranata Laboratorium) di PSIK UR Pengolahan data menunjukkan hasil bahwa terdapat pengaruh antara faktor status gizi dengan kelelahan kerja sebesar 51,6% dari total responden dengan nilai p=0,032 serta OR=6,050. Hasil bermakna juga terdapat pada faktor tingkat kebugaran sebesar 51,6% dari total responden dengan nilai p=0,001 serta OR=30,8. Hasil tidak bermakna terdapat pada faktor umur, jenis kelamin dan lama jam bekerja. Kesimpulan yang ditegakkan bahwa status gizi dan tingkat kebugaran adalah faktor dominan yang mempengaruhi tingkat kelelahan pembimbing praktikum di PSIK UR tahun 2015. Peneliti menyarankan untuk mengadakan kegiatan senam secara rutin, melakukan pemeriksaan kesehatan fisik dan laboratorium berkala, melakukan rekreasi, sctretching dan pijat relaksasi.

Keywords


Kelelahan Kerja; Pembimbing Praktikum; CVL; Denyut Nadi

Full Text:

PDF

References


FKM UI.(2007). Gizi dan Kesehatan Masyarakat, Edisi I, Jakarta, PT.Rajagrafindo Persada.

Hestya, Wijono dan Setiorini.(2012), Hubungan Kerja Shift Terhadap Kelelahan Perawat Di Instalasi Rawat Inap Rsud Dr. Sayidiman Magetan Tahun 2012,Jurusan Kesehatan Lingkungan Kampus Magetan, Jawa Timur

Iskandar, Muhaimin.(2014). Kata Sambutan Menteri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Pada Upacara Hari K3 Nasional Dan Pernyataan Dimulainya Bulan K3 Nasional Tahun2014,(Online), (http://www.depnakertrans. go.id, diakses tanggal 20 Januari 2015).

Kemenakertrans.(2014). Rencana Strategis Kementrian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, (Online), (http://www. depnakertrans.go.id, diakses tanggal 2 Januari 2015).

Laboratorium Analisis Perancangan Kerja & Ergonomi.Universitas Islam Indnesia (2010). Modul Biomekanika Praktikum Genap 2010/2011.(Online), (www.http://apk.lab.uii.ac.id, diakses tanggal 20 Januari 2015).

Nurastuti, Wiji (2008). Peran Ganda Beserta Tingkat Kelelahan Dosen Wanita di Daerah Istimewa Yogyakarta, UGM. (Online). (http://www.elearning.amikom.ac.id, diakses tanggal 22 Januari 2015).

Siswantiningsih, K.A. (2010). Laporan Khusus : Perbedaan Denyut Nadi Sebelum dan Sesudah Bekerja pada Iklim Kerja Panas di Unit Workshop PT.Indo Acidatama Tbk. Kemiri Kebakkramat Karanganyar, Program D3 Hyperkes dan Keselamatan Kerja Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta, (Online). (http://digilib.uns.ac.id, diakses tanggal 20 Januari 2015).

Sudana.(2009). Perbedaan Kelelahan Kerja Pada Operator SPBU Antara Shift Pagi Dan Shift Malam Di SPBU 14203163 Tanjung Morawa Tahun 2009.(Online). (http://repository.usu.ac.id, diakses tanggal 9 Maret 2015).

Tarwaka.(2014). Ergonomi Industri : Dasar-dasar Pengetahuan Ergonomi dan Aplikasi di Tempat Kerja. Edisi II Cetakan 1, Surakarta: Harapan Press. Windyananti, Adila Hubungan Antara Kelelahan Kerja Dengan Stresskerja Pada Tenaga Kerja Di Pengolahan Kayu Lapis Wreksa Rahayu, Boyolali, Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta (Online). (http://eprints.uns.ac.id/2295/,diakses tanggal 2 Juni 2015).

Yogisutanti, Gurdani.(2014). Pengaruh Pelatihan Pengendalian Kelelahan Kerja (Fatigue) Pada Dosen Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Di Wilayah Kopertis IV, UGM: Yogyakarta .(Online). (http://www.etd.repository.ugm.ac.id, diakses tanggal 24 Februari 2015


Refbacks

  • There are currently no refbacks.