Identifikasi Part Incoming Container Washer Untuk Meminimalkan Defect

Annisa Indah Pratiwi,1* Ragil Yuli Santosa2

   1 
   2 
   * Corresponding Author

DOI: https://doi.org/10.14421/jpplpi.2020.%25x

Abstract


Penelitian ini dilakukan pada salah satu perusahaan otomotif yang berada di Jawa Barat yang menghasilkan produk container washer. Tujuan penelitian ini adalah “untuk menganalisis ketidaksesuaian part incoming dari supplier dan bagaimana perbaikannya agar part yang disupply dari supplier baik”. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa jenis kecacatan yang paling banyak terjadi adalah leak. Selanjutnya di analisis lebih lanjut menggunakan fishbone diagram untuk mengetahui penyebab kecacatan berdasarkan masing-masing factor dan ditelaah lebih dalam menggunakan failure mode effect and analysis agar dapat diketahui potensi kegagalan dan frekuensi kegagalannya. Setelah mengetahui penyebab dan frekuensi kegagalannya, selanjutnya dilakukan usulan perbaikan agar dapat meminimasi terjadinya kecacatan produk container washer.

Keywords


container washer; supplier; part incoming; kecacatan

Full Text:

PDF

References


Arif, Muhammad. 2016. Bahan Ajar Rancangan Teknik Industri. Yogyakarta: Depublish Publisher.

D. Casadei, G. Serra, K. Tani. 2007. Implementation of a direct control algorithm for induction motors based on discrete space vector modulation. IEEE Transactions on Power Electronics, 15(4), hlm. 769777. 2008.

Indranata, Iskandar. 2008. Pendekatan Kualitatif Untuk Pengendalian Kualitas. Jakarta: UI Press. Irwan, Didi Haryono. 2015. Pengendalian Kualitas Statistik (Pendekatan Teoritis dan Aplikatif). Bandung: Alfabeta.

Purnomo, Hari. 2003. Pengantar Teknik Industri. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Puspitasari, Nia Budi., Arif Martanto. 2014. Penggunaan FMEA Dalam Mengidentifikasi Resiko Kegagalan Proses Produksi Sarung ATM (ALAT TENUN MESIN) (STUDI KASUS PT. ASAPUTEX JAYA TEGAL). J@TI Undip, Vol IX, No 2.

Robin E McDermott, Raymond J Mikulak, dkk. 2010. The Basics Of Fmea, 2nd Edition

Tannady, Hendy. 2015. Pengendalian Kualitas. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wignjosoebroto, Sritomo. 2003. Pengantar Teknik & Manajemen Industri. Jakarta: Guna Widya.

Yamit, Zamit. 2001. Manajemen Kualitas Produk dan Jasa. Yogyakarta: Ekonisia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.