Analisis Pemanis Buatan Natrium Siklamat pada Minuman Ringan dengan Kromatografi Cair Kinerja Tinggi

Tiofany Sulistio Ningtyas, Imelda Fajriati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi optimum dari penentuan natrium siklamat secara kromatografi cair kinerja tinggi, yang meliputi variasi fase gerak, komposisi fase gerak, dan laju alir fase gerak, parameter kromatografi, serta kadar natrium siklamat dalam sampel minuman ringan. KCKT yang digunakan adalah fase terbalik menggunakan dengan detektor UV dengan panjang gelombang 220 nm. Kolom yang digunakan adalah LiChrosper 100-RP18 dengan panjang kolom 250x4,0 mm, suhu kolom 40ºC, dan tekanan 280 kgf/cm2. Variasi fase gerak yang digunakan adalah metanol:akuabides dan asetoniril:akuabides dengan masing-masing komposisi fase gerak 30:70, 40:60, 50:50, 60:40, 70:30, dan 80:20 v/v serta variasi laju alir fase gerak 0,5 dan 1 mL/menit. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi optimum didapatkan fase gerak asetonitril:akuabides (40:60 v/v) dengan laju alir 1 mL/menit. menghasilkan efisiensi, faktor kapasitas, resolusi, dan tailing factor berturut-turut sebesar 14000,01; 6,57; 1,19; dan 1,96. Kadar natrium siklamat dalam minuman ringan terdapat pada semua sampel yang diuji, dengan kadar tertinggi sampel A sebesar 142,59 ppm. Sampel B memiliki kadar natrium siklamat sebesar 26,68 ppm, sampel C sebesar 77,26 ppm, dan sampel D sebesar 8,69 ppm.

 

Kata kunci: pemanis buatan, natrium siklamat, KCKT


Full Text:

PDF

References


BSN. 2004. Cara Uji Pemanis Buatan. Badan Standarisasi Nasional, Jakarta

Dwiputra, Bintang. 2014. Optimasi dan Validasi Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi (KCKT) Pada Penetapan Kadar Siklamat dalam Minuman Ringan. Skripsi. Universitas Sumatera Utara, Medan.

Liedyawati, Wenny. 2013. Penentuan Kelayakan Edar Es Lilin Tidak Bermerk dan Tidak Berlabel Di Kecamatan X Kabupaten Banyuwangi Berdasarkan Pemanis dan Pewarna yang Digunakan. Jurnal Fakultas Farmasi, Universitas Surabaya.

Rahmah, Aulya. 2012. Analisis Kadar Siklamat dan Aspartam pada Minuman Ringan Menggunakan HPLC dengan Fasa Gerak Metanol-Buffer Phospat. Jurnal Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Padang.

Wibowotomo, Budi. 2008. Pengembangan Metode Penetapan Kadar Siklamat Berbasis Kromatografi Cair Kinerja Tinggi Guna Diimplementasikan dalam Kajian Paparan. Skripsi. Institut Pertanian Bogor, Bogor

Widyaningsih, Rizki. 2009. Analisis Siklamat pada Agar-Agar yang Beredar di Pasar Wage Purwokerto dengan Metode Kromatografi Cair Kinerja Tinggi. Jurnal. Fakultas Farmasi, Universitas Muhammadiyah Purwokerto.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.