Pengaruh Variasi Lama Perendaman Dan Konsentrasi Asam Asetat Anhidrida Terhadap Sifat Alami Pati Gadung (Dioscorea hispida Dennst) Termodifikasi

Maryamah Maryamah, Fatchul Anam Nurlaili

Abstract


Penelitian mengenai pengaruh variasi lama perendaman dan konsentrasi  asam asetat anhidrida terhadap sifat alami pati gadung telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam asetat anhidrida dan lamanya perendaman  terhadap sifat alami pati.

Metode yang digunakan dalam modifikasi pati alami umbi gadung adalah dengan memvariasikan konsentrasi asam asetat anhidrida (0,05%, 0,10%, dan 0,50%) (v/v) dan lamanya perendaman (60 dan 90 menit).

Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis sifat pati seperti sifat swelling power 4,08 g/g, kelarutan 7,567 %,derajat substitusi 0,32, dan kadar HCN 19,03 ppm. Dari hasil penelitian modifikasi pati gadung dapat disimpulkan bahwa variasi konsentrasi dan lama waktu perendaman dapat mempengaruhi sifat alami pati gadung dibandingkan pati alaminya. Hal ini dapat dilihat dari perubahan nilai swelling  power 3.57 g/g menjadi 4,08 g/g, kelarutan 2.11 % menjadi 7,57 %, derajat substitusi dari 0 menjadi 0,32, dan kadar HCN 66,00 ppm menurun menjadi 19,03 ppm.

Keywords


modifikasi; asam asetat anhidrida; gadung; swelling power; HCN; kelarutan

Full Text:

PDF

Refbacks