Pengaruh Variasi Lama Perendaman Dan Konsentrasi Asam Asetat Anhidrida Terhadap Sifat Alami Pati Gadung (Dioscorea hispida Dennst) Termodifikasi

Maryamah Maryamah, Fatchul Anam Nurlaili

Abstract


Penelitian mengenai pengaruh variasi lama perendaman dan konsentrasi  asam asetat anhidrida terhadap sifat alami pati gadung telah dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsentrasi asam asetat anhidrida dan lamanya perendaman  terhadap sifat alami pati.

Metode yang digunakan dalam modifikasi pati alami umbi gadung adalah dengan memvariasikan konsentrasi asam asetat anhidrida (0,05%, 0,10%, dan 0,50%) (v/v) dan lamanya perendaman (60 dan 90 menit).

Hasil penelitian yang diperoleh dari analisis sifat pati seperti sifat swelling power 4,08 g/g, kelarutan 7,567 %,derajat substitusi 0,32, dan kadar HCN 19,03 ppm. Dari hasil penelitian modifikasi pati gadung dapat disimpulkan bahwa variasi konsentrasi dan lama waktu perendaman dapat mempengaruhi sifat alami pati gadung dibandingkan pati alaminya. Hal ini dapat dilihat dari perubahan nilai swelling  power 3.57 g/g menjadi 4,08 g/g, kelarutan 2.11 % menjadi 7,57 %, derajat substitusi dari 0 menjadi 0,32, dan kadar HCN 66,00 ppm menurun menjadi 19,03 ppm.

Keywords


modifikasi; asam asetat anhidrida; gadung; swelling power; HCN; kelarutan

Full Text:

PDF

Refbacks



PENGUMUMAN 

Call For Articles

Indonesian Journal of Material Chemistry mengundang para peneliti akademisi, dan praktisi dari berbagai bidang keilmuan kimia atau fisika material dan keilmuan yang berkaitan lainnya untuk berpartisipasi dalam penerbitan jurnal: 

Volume 3 no. 1 Mei 2020

Volume 3 no. 2 Oktober 2020

Volume 4 no. 1 Mei 2021

Volume 4 no. 2 Oktober 2021 

Silahkan kirim naskah anda baik berupa hasil riset dan makalah ilmiah, teoritis ataupun studi kasus dalam berbagai isu-isu kimia Material. 

Klik di SINI untuk mendaftarkan diri sebagai penulis

Klik di SINI untuk melihat Pedoman bagi Penulis

Klik di SINI untuk mendownload template artikel bagi penulis

Klik di SINI untuk menonton video tutorial submit jurnal pada Open Journal System (OJS) bagi penulis