IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE DENGAN PENDEKATAN SAINTIFK TERHADAP KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS DAN SIKAP KERJASAMA SISWA KELAS IV SDN KERANGKULON 02

Linda Nailil Muna

Abstract


Penelitian berfokus pada penerapan model scramble terhadap kemampuan koneksi matematis dan sikap kerjasama pada materi bangun datar. Rendahnya kemampuan koneksi matematis dan sikap kerjasama membuat proses belajar kurang maksimal. Penelitian kuantitatif ini mengunakan metode Pre Experimental Design dengan bentuk One - Group Pretest – Posttest. Populasi nya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Kerangkulon 02 dengan jumlah 28 siswa dan menggunakan teknik sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah uji coba instrumen, uji data awal dan uji data akhir. Adapun uji coba instrumen meliputi tes dan angket, sedangkan uji data awal menggunakan uji normalitas data, dan yang terakhir uji data akhir menggunakan uji normalitas data, uji hipotesis I, dan uji hipotesis II. Kemampuan pembuktian matematis melalui model scramble dengan pendekatan saintifik dapat memenuhi ketuntasan KKM. Berdasarkan data diperoleh thitung = 9,368 dan diperoleh ttabel = t(α)(dk=n-1)=t(0,05)(29-1) = 2,051. Dari hasil tersebut maka diperoleh thitung >- ttabel, sehingga hipotesis Ho diterima. Artinya rata – rata nilai kemampuan pembuktian matematis lebih dari 70. Sikap kerjasama melalui model scramble dengan pendekatan saintifik dapat memenuhi ketuntasan KKM. Berdasarkan data diperoleh thitung = 11,01 dan diperoleh ttabel = t(α)(dk=n-1)=t(0,05)(29-1) = 2,051. Dari hasil tersebut maka diperoleh thitung >- ttabel, sehingga hipotesis Ho diterima. Artinya rata – rata nilai kemampuan pembuktian matematis lebih dari 70.

Kata Kunci: Kemampuan koneksi matematis, scramble, sikap kerjasama

 


References


Afandi, M. (2017). Evaluasi Pembelajaran Sekolah Dasar. Semarang: UNISSULA Press.

Amsari, D. dan Mudjiran. (2018). Implikasi Teori Belajar E.Thorndike (Behavioristik) Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Basicedu. 2(2) 52-60.

Ariyanto, M. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble. Jurnal PGSD FKIP Universitas Kristen Setya Wacana. 3(2), 134–140.

Faiz, M.A. (2015). ”The Enhancement of Student ’ s Mathematical Connection Ability and Self-Regulation Learning with Metacognitive Learning Approach in Junior High School". International Conference On Research And Education In Mathematics. 1–6.

Ismayanti, R. A., & Jaya, U. B. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scramble Untuk. Jurnal Pendidikan Akuntansi dan Keuangan Universitas Banten Jaya. 1(1), 31–51.

Lestari, D. (2012). Penerapan Teori Bruner Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Simetri Lipat di Kelas IV SDN 02 Makmur Jaya Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Kreatif Tadulako Online. 3(2), 129–141.

Linto, R. L. dan Sri Elniati, (2012). Kemampuan Koneksi Matematis Dan Metode Pembelajaran Quantum Teaching Dengan Peta Pikiran. Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1), 83–87.

Maachin, A. (2014). Implementasi Pendekatan Saintifik Penanaman Karakter dan Konservasi pada Pembelajaran Materi Pertumbuhan. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 3(1), 28–35.

Maasawet, E. T. (2011). Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Belajar Biologi Melalui Penerapan Strategi Inkuiri Terbimbing Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri Vi Kota Samarinda Tahun Pelajaran 2010/ 2011. Artikel pada Pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman : Kalimantan Utara

Majid, A. dan Chaerul, R. (2014). Pendekatan Ilmiah dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mardhiah, A., dan Akbar, S. A. (2017). Kerjasama Siswa Dalam Pembelajaran Melalui Media Game Edukasi (Tts Kimia). Jurnal Dosen FKIP Kimia Universitas Serambi Mekkah. 1, 147–150.

Marjan, J., Arnyana, I. B. P., & Setiawan, I. G. A. N. (2014). Pengaruh Pembelajaran Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa MA Mu ’ allimat NW Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. e-Jornal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Muchlis, A., dkk. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe. Jurnal Pendidikan Matematika. 3(1), 81–92.

Prasetyo, T. I. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran connecting, organizing, reflecting, extending (core) terhadap peningkatan kemampuan koneksi matematis siswa sma. Jurnal Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran Matematika. 1-12.

Purwitasari, M.D dan Amir, H. (2015). Penerapan model pembelajaran kooperatif. Jurnal PGSD FKIP Universitas Sebelas Maret. (181).

Putra, F. G. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Software Cabri 3d di Tinjau dari Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Fredi Ganda Putra. Jurnal Pendidikan Matematika. 6(2), 143–153.

Rachmawati, S. dan Imam M. (2014). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Mata Pelajaran PKn Materi Pokok Demokrasi melalui Penerapan Model Pembelajaran Scramble di SD Negeri Kademangan 1 Bondowoso (Increasing Activity and Learning Outcomes of 6th Grade Students of Civic). Artikel Jurusan Ilmu Pendidikan FKIP Universitas Jember. 1 (1), 10-14.

Ramdhani, M. R., dkk. (2017). "Discovery Learning with Scientific Approach on Geometry Discovery Learning with Scientific Approach Geometry". International Journal Conference On Mathematics and Science Education. 1-7

Ramdani, Y. (2012). Pengembangan Instrumen Dan Bahan Ajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi, Penalaran, Dan Koneksi Matematis Dalam Konsep Integral, Jurnal Penelitian Pendidikan. 13(1), 44–52.

Rohendi, D. (2012). "Developing E-Learning Based on Animation Content for Improving Mathematical Connection Abilities in High School Students". International Journal Of Computer Science Issues. 9(4), 1–5.

Rohendi, D., dan Dulpaja, J. (2013). "Connected Mathematics Project ( CMP ) Model Based on Presentation Media to the Mathematical Connection Ability of Junior High School Student". International Journal Of Education. 4(4), 17–22.

Rustam, A., dan Adli, M. (2016). "Improving The Results Of Math Learning Through Scramble Cooperative Model With The Approach Of Contextua". International Journal Mathematic Education. 1(2), 7-14.

Sugiharti, P. (2011). Penggunaan Metode Scramble pada Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.. Jurnal Pendidikan Penabur. (16), 46-54.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, R. (2016). Statistik Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sulastri. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Scamble Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Sistem Hukum Dan Peradilan Nasional Pada Siswa Kelas X1 Sma Negeri 3, Artikel Guru SMA Negeri 3 Rembang. (1), 28–34.

Sya’ban, V. M. (2016). Pengaruh Metode Scramble terhadap Minat Belajar Ips Siswa Kelas V SDN Rejowinangun 1 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 454–460.

Ulia, N. (2016). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Datar Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Pendekatan Saintifik Di Sd. Jurnal Tunas Bangsa. 55–68.

Ulya, I. F., dan Riana, I. M. (2016). Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Kontekstual. Jurnal Pena Ilmiah. 1(1), 121–130.

Wati, I. (2016). Menggunakan Model Pembelajaran Cooperative Tipe Stad. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia. 1(1), 19–23.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.