PENGARUH MODEL ELICITING ACTIVITIES (MEAs) TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA

M Tohimin Apriyanto, Ita Rahmawati, Idha Isnaningrum

Abstract


ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasi matematika. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan post test only control design (analisi data hanya mempertimbangakan skor tes setelah pembelajaran). Sampel diambil dari populasi terjangkau yaitu siswa kelas VII di SMPN 196 Jakarta tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 50 siswa. Yang terbagi menjadi 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian soal essay untuk variabel kemampuan komunikasi matematika. Uji hipotesis penelitian menggunakan uji–t yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis data (yaitu uji normalitas dan uji Homogenitas). Dari hasil analisis uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel  yaitu 6,86 > 2,0126. Sehingga dapat disimpulkan, bahwa terdapat peranan Model Eliciting Activities (MEAs) terhadap kemampuan komunikasi matematika. Sehingga dapat dikatakan bahwa Model Eliciting Activities (MEAs) dapat dijadikan sebagai alternatif bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran untuk menciptakan suasana belajar yang aktif, efektif dan tidak membosankan.


References


Alfindah, S. (2013). Keefektifan Model Eliciting Activities Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas X Pada Materi Geometri. Semarang: Pendidikan Universitas Negeri Semarang.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Pasal 1 Ayat 1 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia.

Dzulfikar, A., Asikin, M., & Hendikawati, P. (2012). KEEFEKTIFAN PROBLEM BASED LEARNING DAN MODEL ELICITING ACTIVITIES TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(1). https://doi.org/10.15294/ujme.v1i1.252

Istikomah, D. A. (2014). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 65-76.

Miftah, R. (2015). Pengaruh Model Eliciting Activities (MEAs) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Program Dual Mode System (DMS). Edumatica.

Ranti, M. G. (2015). MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 97.

Santi, N. L. (2013). Pengaruh Model eliciting Activities Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD di SDN 1 Baturiti. Pendidikan Matematika,104.

Sugiyono. (2015). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer . Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika Dalam Penelitian. Jakarta: Gramedia.


Refbacks



Copyright (c) 2020 Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.