EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) PADA SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI MATAKALI

Hastomo Machfud

Abstract


Masalah yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah pembelajaran matematika efektif melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas XI SMA Negeri Matakali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali.

Jenis penelitian ini adalah pre-eksperimen yang hanya melibatkan satu kelompok sebagai kelas eksperimen dan dilaksanakan sebanyak lima kali pertemuan. Satuan eksperimen dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA  tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 31 siswa. Desain penelitian ini adalah the one group pretest-posttest design. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar dengan pretest dan posttest dalam bentuk essay, lembar observasi aktivitas siswa dan keterlaksanaan pembelajaran, serta angket respon siswa.

Hasil analisis data menunjukkan bahwa skor rata-rata tes hasil belajar pretest siswa adalah 29,94 dari skor ideal dengan standar deviasi 10,752, nilai minimum adalah 10 dan nilai maksimum adalah 74. Sedangkan skor rata-rata tes hasil belajar siswa dari posttest dalah 79,74 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 8,606, nilai minimum adalah 58 dan nilai maksimum adalah 96. Dari hasil posttest tersebut diperoleh bahwa 28 siswa dari 31 siswa atau 90,32% mencapai ketuntasan individu dan ini berarti bahwa ketuntasan secara klasikal tercapai. Untuk hasil observasi pada aktivitas siswa, 79,29% siswa aktif dalam pembelajaran, dan respon positif siswa setelah pelaksanaan pembelajaran adalah 83,87%. Selanjutnya, pada pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 <  = 0,05.

Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dismpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Mssouri Mathematics Project (MMP)  efektif pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Selain itu, terjadi peningkatan yang signifikan setelah diberikan pembelajaran melalui model Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali.


References


Aniswati, 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project terhadp Nilai Kalkulus Diferensial, TARBIYAH. (Online), Vol. XXIII, No.2. (http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id diakses 10 Mei 2017)

Aunurrahman. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Emzir. 2015. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta: Rajawali Pers.

Fauziah, A. 2015. Pengaruh Model MMP terhadap Kemampuan Pemahaman dan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMA N 1 Lubuklinggau. Infinity. 1 (4): 11-21

FKIP Unismuh Makassar. 2016. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar: Panrita Press.

Haling. A. dkk. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

UIN Sunan Kalijaga. 2005. Kaunia. Jurnal: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Krismanto, M.Sc. & Widyaiswara, 2003. Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika, PPPG Matematika dan depdiknas, Yogyakarta.(Online) (http://www.academia.edu, diakses 9 Mei 2017)

Kurniasari, I. 2014. Keefektifan Model Pembelajaran MMP dengan Langkah Pemecahan Masalah Polya terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa kelas VII. Unnes Journal of Mathematics Education. 3 (2): 146-150

Lestari, K.E., Yudhanegara. 2017. Penelitian Pendidikan matematika. Bandung: Refika Aditama

Rosani. 2004. Model-Model Pembelajaran Kontruktivis. Bandung: Alfabeta

Shadiq, Fadjar. 2009. Model-Model Pembelajaran Matematika SMP. Yogyakarta: PPPPTK Matematika

Setiawan. 2016. Strategi Pembelajaran Matematika SMA. Yogyakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. 2015. Model Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Herman, dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontenporer. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia

Suprihatiningrum, Jamil. 2013. Strategi Pembelajaran: Teori dan Aplikasinya. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Tiro, M.A. 2008. Dasar-Dasar Statistika. Makassar: Andira Publisher.

Winataputra, Udin S. 2001. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Universitas

Wirnayanti, E.2015. Developmen Model pembelajaran Wisata Lokal Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Jurnal Pendidikan Sains, 1(3): 34


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hastomo Machfud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.