Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Penerapan Model Missouri Mathematics Project (MMP) pada Siswa Kelas XI MIA SMA Negeri Matakali

Hastomo Machfud

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui model Missouri Mathematics Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimen dengan desain one group pretest-posttest design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA tahun ajaran 2019/2020 yang terdiri dari 31 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial dengan menggunakan uji-t one sample test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengujian hipotesis diperoleh nilai sig.(2-tailed) = 0,000 <  = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat dismpulkan bahwa pembelajaran matematika melalui model Mssouri Mathematics Project (MMP) efektif pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali. Dengan demikian, terjadi peningkatan yang signifikan setelah diberikan pembelajaran melalui model Missouri Mathematic Project (MMP) pada siswa kelas XI MIA SMA Negeri Matakali.

Kata kunci: efektivitas, pre-eksperimen hasil belajar, Missouri Mathematics Project (MMP)


Full Text:

PDF

References


Azhari, A., & Somakim, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme Di Kelas Vii Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Banyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 1–12.

Budiyanti, E., Kusuma, A. P., & Arihati, D. B. (2019). Penerapan Metode MMP dan NHT terhadap Hasil Belajar Matematika pada Materi Trigonometri. Buana Matematika: Jurnal Ilmiah Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 25–30.

Erita, S. (2016). Beberapa Model, Pendekatan, Strategi, dan Metode dalam Pembelajaran Matematika. Tarbawi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(2).

Jannah, M., & Ekana, H. (2013). Penerapan model missouri mathematics project (MMP) untuk meningkatkan pemahaman dan sikap positif siswa pada materi fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 61–66.

Jusmiana, A., Susilawati, S., & Basir, F. (2016). Deskripsi Trajektori Berpikir Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Literasi Matematika. Prosiding, 2(1). Prosiding Seminar Nasional. http://journal.uncp.ac.id/index.php/proceding/article/view/374

Kurniasari, V., Susanto, S., & Setiawan, T. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project dalam Meningkatkan Aktivitas Siswa dan Hasil Belajar Siswa Sub Pokok Bahasan Menggambar Grafik Fungsi Aljabar Sederhana dan Fungsi Kuadrat Pada Siswa Kelas X SMA Negeri Balung Semester ganjil. Pancaran Pendidikan, 4(2), 153–162.

Rahmiati, R., & Fahrurrozi, F. (2016). Pengaruh Pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika Sriwijaya, 10(2), 75–86.

Rusdiyana, E., Trapsilasiwi, D., & Yudianto, E. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project (Mmp) Dengan Media Permainan Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. KadikmA, 9(1), 52–60.

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. JICA.

Sulfemi, W. B. (2018). Model Pembelajaran Missouri Mathematics Project Berbantu Media Relief Experience dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. PENDAS MAHAKAM: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(3), 232–245.




DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2020.21.33-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Hastomo Machfud

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah UIN Sunan Kalijaga

Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281