PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 8 SALATIGA MELALUI MODEL RME TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Ririn Windasari, Muhammad Istiqlal

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar dan keaktifan peserta didik  pada mata pelajaran matematika materi penyajian data dengan model pembelajaran RME kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah jenis  Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F semester genap tahun ajaran 2018/2019 berjumlah 29 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes hasil belajar, dan angket. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran RME  dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan peserta didik  pada materi penyajian data  kelas  VII. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil belajar siklus I sebesar  54,06 dan persentase ketuntasan sebesar 24,13%, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 80,06 dengan persentase ketuntasan sebesar 89,65%. Rata-rata keaktifan peserta didik siklus I dan II indikator 1 interaksi dari 44,36% menjadi 78,62%, indikator 2 kerjasama dengan teman sekelompok dari 41,76% menjadi 71,64%, indikator 3 mengerjakan soal dan tugas dari 40,61% menjadi 72,79%, indikator 4 motivasi dalam mengikuti pelajaran dari 43,55% menjadi 70,24%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model RME dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan  peserta didik dalam pembelajaran matematika materi penyajian data di kelas VII F SMP Negeri 8 Salatiga.


References


Arikunto, S. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT Bumi Aksara

Astuti. 2018. Penerapan Realistic Mathematics Education (RME) Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VI SD. Jurnal Cendekia:Jurnal Pendidikan Matemtika,Vol.1 Nomor .1, P.49-61,Issn 2614-3038.

Emawansyah, R. 2013. Peningkatan Keaktifan Belajar Matematika Dengan Strategi Realistic Mathematics Education (RME) Berbasis Tutor Sebaya Bagi Siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 SINE Tahun 2012/2013.

Fathurrohman, M. 2017. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jogjakarta:Ar-Ruzz Media.

Hamalik. 2003. Proses Belajar Mengajar. Jakarta:PT Bumi Aksara.

Kurniawan. 2016. Mandiri Matematika untuk SMP/MTs Kelas VII.

Jakarta:Erlangga.

Habib, M. 2017. Pembelajaran Realistic Marhematics Education Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. UIN Raden Intan Lampung. Issn 2579-9444.

Haji, Saleh. 2013. Pendekatan Iceberg Dalam Pembelajaran Pembagian Pecahan di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung. Vol 2, No. 1, Februari 2013.

Junaedi, I. 2015. Penerapan Realistic Mathematic Education(RME) dengan Konteks Karakter dan Konservasi untuk Meningkatkan Kemampuan Mahasiswa dalam Menyusun Proposal Pennelitian.

Mardiyan, R. 2012. Peningkatan Keaktifan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Akuntansi Materi Jurnal Penyesuaian Pada Siswa XI IPS 3 SMA Negeri 3 Bukit Tinggi Dengan Metode Bermain Peran (Role Playing) Tahun Ajaran 2011/2012.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran.Yogyakarta:Parama Ilmu.

Novita. 2012. Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Melalui Model Pembelajaran Nht Kelas V Mi Sultan Agung Depok Sleman Yogyakarta.

Purwanto. 2011. Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Rahdiyanta, D. 2017. Penelitian Tindakan Kelas pdf .diakses pada 26 Maret 2019 pukul 12.15.

Sadirman. 2001. Interaksi dan Motivasi belajar Mengajar. Jakarta: Grafindo Persada

Siswanto, B. T. 2016. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Praktik Kelistrikan Otomotif SMK Di Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol.6, Nomor 1, P.111-120.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 1989. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru

Sudjana, N. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung:R Rosdakarya.

Sudjana, N. 2004. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algessindo.

Sugiman. 2011. Peningkatan Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Pendekatan Matematika Realistik. Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta

Taniredja, T. 2010. Penelitian Tindakan Kelas.Bandung:Alfabeta.

Usman, U. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar Mengajar. PT. Remaja Rosdakarya: Bandung.

Utami, E. S. 2014. Upaya Meningkatkan Keeaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model RME Berbantuan Penggaris Bagi Siswa Kelas IV SD N Gebugan 01 Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2013/2014.

Warso, A. 2017. Publikasi Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas.Jogjakarta:Graha Cendekia.

Wibowo, N. 2016. Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di SMK Negeri 1 Saptosari. Jurnal Electronics, and Vocational Education (ELINVO). Vol.1, Nomor 2, P.128-139.

Zaeni, dkk. 2017. Analisis Keaktifan Siswa melalui Penerapan Model TGT Pada materi termokimiakelas XI IPA 5 Di SMA N 15 Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ririn Windasari, Muhammad Istiqlal

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.