Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Tunagrahita di Kelas Inklusif (Penelitian dilakukan di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Haya Okta Fikriya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika di kelas inklusif yang meliputi kesiapan guru sebelum pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut serta keterlibatan GPK dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 15Yogyakarta dalam memperoleh keberhasilan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Model analisis datanya adalah model interaktif dari Milesdan Hubermandengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil peneitian ini adalah 1) Tidak ada perbedaan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun guru tetap memperhatikan karakteristik siswa tunagrahita. 2) Padapelaksanaan pembelajaran guru melakukan pengkondisian dengan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis,serta memeberikan perhatian lebihkhususnya siswa tunagrahita. 3)evaluasi dilakukansecara tertulis atau lisanketika satumateri bahasan selesai, serta hasil evaluasi digunakan sebagai acuan tindak lanjut yang di bimbingan khusus oleh Guru Pendamping Khusus (GPK).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Haya Okta Fikriya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.