Analisis Proses Pembelajaran Matematika pada Anak Tunagrahita di SMP Negeri 15 Yogyakarta

Haya Okta Fikriya, Mazza Safana, Nurul Izzah Adi Ningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran matematika di kelas inklusif yang meliputi kesiapan guru sebelum pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi dan tindak lanjut serta keterlibatan Guru Pendamping Khusus GPK dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 15 Yogyakarta dalam memperoleh keberhasilan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Model analisis datanya adalah model interaktif dari Miles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) tidak ada perbedaan dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran namun guru tetap memperhatikan karakteristik siswa tunagrahita, 2) pada pelaksanaan pembelajaran guru melakukan pengkondisian dengan mempersiapkan siswa secara fisik dan psikis, serta memberikan perhatian lebih khususnya siswa tunagrahita, dan 3) evaluasi dilakukan secara tertulis atau lisan ketika satu materi bahasan selesai, serta hasil evaluasi digunakan sebagai acuan tindak lanjut yang di bimbingan khusus oleh GPK.

Full Text:

PDF

References


Ariastuti, R., & Herawati, V. D. (2016). Optimalisasi Peran Sekolah Inklusi. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 38-47.

Damayanti, T., Hamdan, S. R., & Khasanah, A. N. (2017). Kompetensi Guru Dalam Proses Pembelajaran Inklusi Pada Guru Sd Negeri Kota Bandung. SCHEMA - Journal of Psychological Research, 3(1), 79-88.

Hadi, F. R., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2015, Desember). Analisis Proses Pembelajaran Matematika Pada Anak Berkebutuhan Khusus (Abk) Slow Learners Di Kelas Inklusi (Penelitian Dilakukan di SD Al Firdaus Surakarta). Jurnal Pembelajaran Matematika, 3(10), 1066-1072.

Istiningsih, I. (2005). Manajemen Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Negeri Klengo 1 Kabupaten Botolal. Surakarta: Disertasi : Universitas Muhammadiyah Surakarta (tidak dierbitkan).

Mahabbati, A., Hayati, N., Chamidah, A. N., & Fatimaningrum, A. S. (2017, September). Program Pelatihan Dan Workshop Kesiapan Implementasi Paud Inklusif Untuk Pendidik Paud . Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 10(2), 161-168.

Mambela, S. (2010). Mainstreaming sebagai Alternatif Penanganan Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus di Indonesia. SOSIOHUMANIKA, 3(2), 295-304.

Miles, M.B. & Hubermen, A.M. (2014). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI Press

Mudjito. (2012). Pendidikan Inklusif. Jakarta: Baduose Media.

Purwiyanti, R. E., Soemanto, R., & Dewi, Y. L. (2017). Factors Affecting the Occurrence of Mental Disability in Ponorogo District, East Java. Journal of Maternal and Child Health, 2(3), 257-269.

Rudiyati, S. (2013, Juni). Peningkatan Kompetensi Guru Sekolah Inklusif Dalam Penanganan Anak Berkebutuhan Pendidikan Khusus Melalui Pembelajaran Kolaboratif. Cakrawala Pendidikan,, XXXII(2), 296-306.




DOI: http://dx.doi.org/10.14421/jppm.2020.21.20-26

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Haya Okta Fikriya

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pusat Studi Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah UIN Sunan Kalijaga

Jl. Marsda Adisucipto, Yogyakarta 55281