XRecorder Application As Arabic Online Learning / Aplikasi XRecorder Sebagai Media Pembelajaran Daring Bahasa Arab

  • Majidatun Ahmala STAI Taruna Surabaya
  • Dewi Nur Masitho UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
  • Tri Aulia Aisyatur Raoudhotul Jannah UIN Sunan Ampel Surabaya, Indonesia
Keywords: XRecorder Application, Arabic Learning, Online Learning, Instructional Media, Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran, Aplikasi XRecorder

Abstract

The covid-19 pandemic has forced educational institutions to implement the teaching and learning process using an online learning system. One of the technologies used in learning Arabic is the Xrecorder application. This screen recording application can be used to edit videos and make it easier for teachers and students to learn Arabic. Therefore, the purpose of this study is to determine the effectiveness of using the XRecorder application in Arabic learning that supports the implementation of online learning. This study uses an experimental quantitative method by giving treatment to subjects about the use of the Xrecorder application in Arabic learningthen calculate its effectiveness using numbers. The data collection techniques used were questionnaires, interviews, tests, and observations. This research was conducted at SD Ma'arif YPM Wonocolo with grade IV as the sample. The results of this study indicate that the use of the Xrecorder application in Arabic online learning has a high criterion effect in Arabic online learning, with 75% of students getting a high criterion effect, 18% of students getting a moderate impact on criteria, and only 7% of students getting low criterion effect.

Keywords: Online Learning, Instructional Media, XRecorder Application, Arabic Learning

Abstrak

Pandemi covid-19 telah memaksa institusi pendidikan melaksanakan proses belajar mengajar berjalan dengan sistem pembelajaran dalam jaringan (daring). Salah satu teknologi yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah aplikasi XRecorder, sebuah aplikasi rekam layar yang dapat digunakan untuk mengedit video dan mempermudah guru dan siswa dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan aplikasi XRecorder dalam pembelajaran bahasa Arab yang menunjang implementasi pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen yaitu dengan memberikan treatment kepada subyek tentang penggunaan aplikasi XRecorder pada pembelajaran bahasa Arab, untuk kemudian dihitung dengan menggunakan angka akan keefektifannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner, wawancara, tes, dan observasi. Penelitian ini dilakukan di SD Ma’arif YPM Wonocolo dengan kelas IV sebagai sampel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi XRecorder dalam pembelajaran daring bahasa Arab memiliki pengaruh kriteria yang tinggi dalam pembelajaran daring bahasa Arab, dengan rincian 75% siswa mendapatkan pengaruh kriteria yang tinggi, 18% siswa mendapatkan pengaruh kriteria yang sedang dan hanya 7% siswa yang mendapatkan pengaruh kriteria rendah.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Media Pembelajaran, Aplikasi XRecorder 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmala, Majidatun. “Kamus Aplikasi Sebagai Media Pendamping Buku Al-’Arabiyah Al-Mu’ashiroh.” Alfazuna 3 Nomor 1, no. 3 (2018): 32–50. http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/article/view/266

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. jakarta: PT Grafindo Persada, 2011.

Astini, Ni Komang Sari. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Jurnal Lembaga Penjaminan Mutu STKIP Agama Hindu Amlapura 11, no. 2 (2020): 13–25.

Brame, Cynthia J. “Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content.” CBE Life Sciences Education 15, no. 4 (2016): es6.1-es6.6.

Gunadi, Gungun, Fachrur Razi Amir, and Agus Mulyana. “LUGHO: Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Sekolah Dasar.” Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2020.

Guswiani, Wini, Deni Darmawan, Nizar Alam Hamdani, and Mega Achdisty Noordyana. “Efektivitas Penggunaan Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Front Office Di Kelas XI Akomodasi.” JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 3, no. September (2018): 688–698.

Jamilah, Nisaul. “Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Ispring Presenter Pada Materi Kosakata Bahasa Arab Peserta Didik Kelas V MI Tarbiyatul Athfal Lampung Timur.” al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2019): 141–154.

Kemdikbud RI. “Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.” Dk 53, no. 9 (2020): 1689–1699.

Kosasih, Robertus Angkowo dan A. Optimalisasi Media Pembelajaran: Mempengaruhi Motivasi, Hasil Belajar Dan Kepribadian. Jakarta: Grasindo, 2007.

Mufidah, Ismah, Lukman Nulhakim, and Trian Pamungkas Alamsyah. “Development of Learning Media for Video Audio-Visual Stop Motion Based on Contextual Teaching and Learning in Science Learning Water Cycle Material.” Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar 4, no. 3 (2020): 449.

Narwanti, Sri. Creative Learning: Kiat Menjadi Guru Kreaif Dan Favorit. Yogyakarta: Relasi Inti Media, 2011.

Pribadi, Benny A. Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana, 2017.

Putri Kumala Dewi, Nia Budiana. Media Pembelajaran Bahasa: Aplikasi Teori Belajar Dan Strategi Pengoptimalan Pembelajaran. Malang: UB Press, 2018.

Sudarsana, I. Ketut, Ayu Ratih Nakayanti, Andy Sapta, Haimah, Erwinsyah Satria, Kundharu Saddhono, G. S. Achmad Daengs, Endrayana Putut, Trisna Helda, and M. Mursalin. “Technology Application in Education and Learning Process.” Journal of Physics: Conference Series 1363, no. 1 (2019).

Wiyani, Novan Ardy. Desain Pembelajaran Pendidikan: Tata Rancang Pembelajaran Menuju Pencapaian Kompetensi. Yogyakara: Ar-Ruzz Media, 2013.

Yesilyurt, Ferahim. “The Learner Readiness for Online Learning: Scale Development and University Students’ Perceptions.” International Online Journal of Education and Teaching (IOJET) 8, no. 1 (2021): 29–42.

Published
2021-06-28
Section
Articles