Development of Qawā‘id Learning Media Based on H5P Applications to Increase Student Enthusiasm for Learning at MTsN 1 Pringsewu / Pengembangan Media Pembelajaran Qawā‘id Berbasis Aplikasi H5P untuk Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa MTsN 1 Pringsewu

  • Ahmat Sultoni Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung
  • Riswandi Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung
  • Muallimin Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Lampung
  • Fetri Yeni J Pascasarjana Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Padang
Keywords: Development, H5P Aplication, Learning Media, Jumlah Ismiyyah, Jumlah Fi‘liyyah, Media Pembelajaran, Aplikasi H5P

Abstract

Methods and media are two essential elements in the learning process. The phenomenon found in qawā‘id learning at MTsN 1 Pringsewu shows that interactive learning media are still rarely used by teachers; even teachers are only fixated on textbooks and use videos and powerpoints that are not interactive. This causes students to not be enthusiastic in participating in learning. This research specifically aims to develop interactive qawā‘id learning media to increase learning enthusiasm. This research is development research using the Borg and Gall model with ten steps of development, and only this research is limited to the seventh step only. The results of the media expert's assessment of the H5P application learning media obtained a percentage value of 88% and was in the range of 70%-89%, which means that the media developed was categorized as feasible/good. Meanwhile, based on the results of field trials by giving questionnaires to 32 students of MTs Negeri 1 Pringsewu, student responses to the product developed were obtained with a score of 93.75%. This product in the form of H5P application learning media is very feasible to help students learn qawā‘id. However, this research is limited to the jumlah ismiyyah  and the jumlah fi‘liyyah. Based on the results of observations in learning and questionnaire responses to the developed media, it appears that students are very enthusiastic about participating in learning. This is because the learning media produced is exciting and interactive so that students are excited to learn

Keywords: Development, Learning Media, H5P Application, Jumlah Ismiyyah  and Jumlah Fi‘liyyah.

Abstrak

Metode dan media merupakan dua unsur yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Fenomena yang ditemukan dalam pembelajaran qawā‘id di MTsN 1 Pringsewu menunjukkan bahwa media pembelajaran interaktif masih jarang digunakan oleh guru,  bahkan guru hanya terpaku pada buku teks dan penggunaan video dan powerpoint yang tidak interaktif. Keadaan ini menyebabkan siswa tidak antusias dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini secara khusus bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran qawā‘id yang interaktif untuk meningkatkan antusisme belajar. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model Borg and Gall dengan sepuluh langkah pengembangan, hanya saja penelitian ini terbatas sampai pada langkah ketujuh saja. Hasil penilaian ahli media terhadap media pembelajaran aplikasi H5P diperoleh nilai persentase sebesar 88% dan berada pada kisaran 70%-89% yang berarti media yang dikembangkan dikategorikan layak/baik. Sedangkan berdasarkan hasil uji coba lapangan dengan pemberian angket kepada 32 siswa MTs Negeri 1 Pringsewu diperoleh hasil respon siswa terhadap produk yang dikembangkan dengan skor 93,75%. Produk berupa media pembelajaran aplikasi H5P ini sangat layak untuk membantu siswa belajar qawā‘id. Namun penelitian ini terbatas pada jumlah ismiyyah  dan jumlah fi‘liyyah. Berdasarkan hasil observasi dalam pembelajaran dan angket tanggapan terhadap media yang dikembangkan, terlihat bahwa siswa sangat antusias mengikuti pembelajaran. Hal ini dikarenakan media pembelajaran yang dikembangkan menarik dan interaktif sehingga siswa antusias untuk belajar.

Kata Kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Aplikasi H5P, Jumlah Ismiah, Jumlah Fi’liyyah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asyhar, R. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta, 2011.

Dwi Anggraini, Ringga, Ikha Listyarini, and Choirul Huda. “Keefektifan Model Picture And Picture Berbantu Media Flashcard Terhadap Keterampilan Menulis Karangan.” International Journal of Elementary Education 3, no. 1 (2019): 35. https://doi.org/10.23887/ijee.v3i1.17282.

Frezza, Stephen, Mats Daniels, Arnold Pears, Åsa Cajander, Viggo Kann, Amanpreet Kapoor, Roger McDermott, Anne Kathrin Peters, Mihaela Sabin, and Charles Wallace. “Modelling Competencies for Computing Education beyond 2020: A Research Based Approach to Defining Competencies in the Computing Disciplines.” Annual Conference on Innovation and Technology in Computer Science Education, ITiCSE, 2018, 148–74. https://doi.org/10.1145/3293881.3295782.

Huda, Nisa Fahmi. “Penggunaan Media Pembelajaran Spinning Wheel Dalam Pembelajaran Qawā‘id Nahwu.” Lisanan Arabiya: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 4, no. 2 (December 29, 2020): 155–74. https://doi.org/10.32699/liar.v4i2.1495.

KMA nomor 183 tahun 2019 Tentang kurikulum PAI dan Bahasa Arab di Madrasah, (n.d.).

Maksudin, and Qoim Nurani. Pengembangan Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab (Teori Dan Praktik). Yogyakarta: Pascasarjana FITK UIN Sunan Kalijaga, 2018.

Maulidiana, Muarifatul, and Nasiruddin. “Development of E-Module Media in Learning Arabic for Class X Students of MAN 4 Ngawi.” Al Mahara: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 6, no. 2 (2020): 279–92. https://doi.org/10.14421/almahara.2020.062-07.

Munir. Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.

Muradi, Ahmad. “Tujuan Pembelajaran Bahasa Asing (Arab) Di Indonesia.” Jurnal Al Maqoyis I, no. Vol 1, No 1 (2013) (2013): 128–37. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jams.v1i1.182.

Musthofa, Tulus, and Faiq Ilham Rosyadi. “Actualization of Behavioral Theory in Learning Arabic Speaking Skills at the Madrasah Aliyah Level.” Universal Journal of Educational Research 8, no. 12 (2020): 7343–49. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.082518.

Pinoa, Meisye Anastacya. “Pengembangan Dan Penerapan Konten H5P Pada E-Learning Berbasis Lms Menggunakan Moodle.” JATISI (Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi) 8, no. 2 (2021): 647–63. https://doi.org/10.35957/jatisi.v8i2.931.

Purnomo, Agus, Nurul Ratnawati, Nevy Farista Aristin, The Comparative Morphology, Agusmanto Hutauruk, Ropinus Sidabutar, Nur Isnaini Parihah, et al. “Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Di MI.” Journal of Mathematics Education and Applied 1, no. 1 (2020): 10–16. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/um022v1i12016p070.

Ramliyana, Randi, and Vickry Ramdhan. “Pemanfaatan H5P Dalam Pembuatan Tes Bahasa.” Seminar Nasional Riset Dan Teknologi Semnas Ristek, 2020, 323–29.

Rosyadi, Faiq Ilham, and Munaya Ulil Ilmi. “E-Learning: An Implementation for Arabic Learning During the Covid-19 Pandemic.” ALSUNIYAT: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab 4, no. 1 (2021). https://doi.org/10.17509/alsuniyat.v4i1.32259.

Sadiman, Arif. S, R Rahardjo, Anung Haryono, and Rahardjito. Media Pendidikan : Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2005.

Sudjana, N, and Rivai Ahmad. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Biru, 1991.

Sugiyo, Yuli Kurniawati, Sony Zulfika, and Widayanti Widayanti. “Evaluasi Program Webinar (Web-Based Seminar) Parenting Education Sebagai Upaya Meningkatkan Literasi Media Digital Dalam Mendidik Generasi Z Di Kota Semarang.” Journal of Studies in Early Childhood Education (J-SECE) 1, no. 2 (2018): 17. https://doi.org/10.31331/sece.v1i2.719.

Syaputra, Rendi, and Arief Budiman. “Pengembangan Sistem Pembelajaran Dalam Jaringan ( Studi Kasus : Sman 1 Gedong Tataan ).” Journal Teknologi Dan Sistem Informasi 2, no. 3 (2021): 89–101. https://doi.org/https://doi.org/10.33365/jtsi.v2i3.878.

Yusuf, Eddy. “Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Generasi Z.” Widyakala Journal 3 (2016): 44. https://doi.org/10.36262/widyakala.v3i0.23.

Published
2021-12-25
Section
Articles