Internalisasi Nilai Gender melalui Dolanan Anak Tradisional

  • Azam Syukur Rahmatulla Pascasarjana IAINU Kebumen

Abstract

Dolanan anak atau permainan tradisional anak sejatinya merupakan media yang mengandung nilai-nilai kesetaraan gender yang tinggi, di antaranya nilai equality value, cooperation value, recoqnition value, tolerance value, dan justice value. Nilainilai kesetaraan tersebut idealnya mulai diberikan sejak masa anak-anak. Ada tiga tahapan proses internalisasi nilai-nilai kesetaraan gender dalam dolanan anak, yakni Pertama, tahapan transformasi nilai yang merupakan tahapan penyampaian informasi yang baik. Kedua, tahapan transaksi nilai yang merupakan tahapan pendidikan nilai, dan ketiga, tahapan transinternalisasi yakni tahapan aplikatif dalam kegiatan sehari-hari.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
Dec 5, 2014
How to Cite
RAHMATULLA, Azam Syukur. Internalisasi Nilai Gender melalui Dolanan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Islam, [S.l.], v. 3, n. 2, p. 365-388, dec. 2014. ISSN 2356-3877. Available at: <http://ejournal.uin-suka.ac.id/tarbiyah/index.php/JPI/article/view/1174>. Date accessed: 24 sep. 2017. doi: http://dx.doi.org/10.14421/jpi.2014.32.365-388.

Keywords

Dolanan Anak Tradisional, Kesetaraan gender, Keluarga Inti