Pengembangan Media Pembelajaran Ta‘bīr Berbasis Permainan Uno Stacko pada Siswa MA Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta

  • Mutiara Angelina UIN Sunan Kalijaga
  • Dudung Hamdun UIN Sunan Kalijaga
Keywords: Development, Learning Media, Uno Stacko

Abstract

Abstract

The discussion in this article aims to find out whether the development of learning media ta'bīr based on games Uno Stacko can improve learning outcomes of the eleventh-grade male science students in Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim. This research is included in the research and development research category which develops learning media ta'bīr based on the game Uno Stacko. Due to time constraints in the study, the research scope is limited to the aforementioned location.  The results of the research in this article show: 1) the creation of the  Arabic uno stacko game in ta‘bīr  subject for the eleventh grade students at the Islamic high school. 2) the test results for the acceptance of the Uno Stacko is very positive, due to an increase in student learning outcomes. 3) there are some improvements from the experts who make the game Arabic Uno Stacko to meet the quality and standards of a good game.

Keywords: Development, Learning Media, Uno Stacko

Abstrak

Pembahasan dalam artikel ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengembangan media pembelajaran ta‘bīr berbasis permainan uno stacko dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa kelas XI IPA Madrasah Aliyah Ibnul Qoyyim Putra. Penelitian ini masuk dalam ketegori penelitian research and development yang melakukan pengembangan media pembelajaran ta‘bīr berbasis permainan uno stacko. Adapun lokasi penelitian dalam artikel ini hanya terbatas di kelas XI IPA MA Ibnul Qoyyim Putra Yogyakarta sebagai satu-satunya lokasi penelitian, dikarenakan adanya keterbatasan waktu dalam penelitian. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukkan: 1) terciptanya permainan uno stacko arabic pada pelajaran ta‘bīr kelas XI IPA tingkat Madrasah Aliyah. 2) hasil uji coba untuk keberterimaan dari adanya media pembelajaran uno stacko ini sangat positif, disebabkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa. 3) adanya beberapa revisi dari para ahli yang menjadikan permainan uno satcko arabic kelas XI IPA Madrasah Aliyah bertambah sempurna dan memenuhi standar kualitas permainan yang baik.

Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Uno Stacko

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Azizi Abdul-Majid, Al Lughat Al Arabiyah: Usuluha Al Nafsiyyah Wa Turuq Tadrisuha Nahiyat Al Tahsil (kairo: Dar Al-Ma’arif, 1961)

Abdul Wahab Rosyidi, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Malang: UIN Malang Press, 2009)

Akhmadi Wasis Rizkillah, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Uno Stacko Pada Kompetensi Dasar Mengidentifikasi Cara Membuat Komunikasi Tulis Kelas X Apk 2 Di Smk Muhammadiyah 1 Taman Sidoarjo’, Jurnal Administrasi Perkantoran, Vol. 5.No. 2 (2017)

‘Give Many Colors to Your Life’ <http://welanclive.blogspot.co.id/2017/07/cara-bermain-menyusun-dan-arti.html>

Layli Sholihatin, ‘Pengembangan Media Pembelajaran Kosakata Bahasa Arab Berbasis Permainan Teka-Teki Silang (TTS) Pada Siswa MI Wahid Hasyim Yogyakarta’, skripsi, 2016

M. Khalilullah, Media Pembelajaran Bahasa Arab (Yogyakarta: Aswaja Pressindo, 2014)

muystarikun, Silsilah Ta’lim Al Lughta Al ‘Arabiyah Mustawa Ats-Tsalits At Ta‘BĪr (Riyadh: Al Maktabah al ‘Arabiyah al Su’udiyah, 2004)

Nurul Hidayati, and Luqman Hakim, ‘Pengembangan Permainan Kartu Uno Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Akutansi Pokok Bahasan Utang Jangka Panjang’, Jurnal Pendidikan Akutansi, Vol. 2.No. 2 (2014)

Pranata, Yesynia, and Susanti, ‘Pengembangan Permainan Uno Stacko Akutansi Sebagai Media Pengayaan Pada Pondok Bahasa Akutansi Piutang Siswa Kelas XI SMK Negri Di Surabaya’, Jurnal Pendidikan Akutansi, Vol.5.No.2 (2017)

Published
2019-12-31
Section
Articles