Al Mahārah At Tawāshuliyyah Ladā At-Thalabah Bī Ma’hadi Dāril Qur’ān Wal Hadīst Al Majīdiyyah Asy Syāfi‘iyyah Fansyuūr (Musykilātu Tathbīqiha Wa Istirātijiyyātu Hulūliha)

  • Doni Handriawan UIN Mataram
  • Abd Rauf Tan Sri Hassan Universiti Putra Malaysia
  • Nurul Jum’ah MA Mu’allimin NW Pancor, NTB, Indonesia
Keywords: Communicative Skill, Language Environment, Problems, Strategies, Keterampilan Berbicara, Lingkungan Berbahasa

Abstract

This research aims to analyze the problems in implementing communicative skill in this Institution and finds out its strategies to solve the problem. This research is a field research, using the observation method, interview and documentary data collection. In analyzing the data, researcher established several analytical stages; data collection, reduction, review and evaluation. The results of this research indicated problems that students face in practicing speaking skill; 1) Today, the Sheikhs are rare in using Arabic in teaching, and 2) the students themselves were eager to learn Arabic language than communication. They were shy in practicing it because of concerning about making mistakes, and worried about criticism. As for the challenges in training communicative skill are encouraging students and motivating them to prefer using actual language (speech and writing skill) over non-actual language (listening and reading skill). Researcher obtained some suggested strategies in building linguistic environment for Arabic speaking skill, which motivate students to practice and encourage them to speak in Arabic without worry of making errors in grammar, as well as building and reviving the Arabic Communities program.

Keywords: Communicative Skill, Language Environment, Problems, and Strategies.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis berbagai problem yang dihadapi dalam meningkatkan keterampilan komunikasi di Ma’had ini dan mengungkap berbagai strategi yang ditempuh untuk mengatasinya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi dalam pengumpulan datanya. Adapun dalam menganalisis data, maka peneliti menempuh beberapa tahapan analisis mulai dari koleksi data, reduksi, review dan evaluasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa beberapa masalah yang dihadapi oleh para mahasantri dalam mengembangkan keterampilan berkomunikasi bahasa Arab mereka antara lain; Saat ini beberapa Masyaikh justru jarang menggunakan bahasa Arab dalam menjelaskan materi, para mahasantri lebih gandrung mempelajari Qowa’id (gramatika) dan mengabaikan aspek komunikasi. Selain itu, mereka cendrung malu karena khawatir melakukan kesalahan dalam berbahasa dan mereka takut dikritik. Sehingga tantangan terbesar melatih kemampuan komunikasi bahasa Arab di Ma’had ini adalah bagaimana mendorong dan memotivasi mereka untuk menggunakan bahasa yang produktif (keterampilan berbicara dan menulis) daripada keterampilan yang reseptif (keterampilan mendengar dan membaca). Peneliti mengemukakan beberapa rekomendasi tentang strategi membangun lingkungan berbahasa untuk menunjang kemampuan berbicara bahasa Arab di Ma’had ini yaitu memotivasi mahasantri untuk terus berlatih dan tidak takut salah (keliru gramatikal) dalam berkomunikasi. Kemudian membentuk kembali kelompok atau komunitas bahasa Arab sebagai wadah sharing dan diskusi serta praktik berkomunikasi.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara, Lingkungan Berbahasa, Permasalahan, and Strategi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afandi, Ahmad Fuad. “I‘ādatu Stiyāgati Manhaji Ad-Dirāsiyyah Lī Syu‘bati Al-Lugah Al-‘Arabiyyah Wa Ādābiha Bi Al-Jāmi‘āt (Muqtarah Li Manhaji Ad-Dirāsah Al-Qāimah ‘Alā Al-Kafā’Āt Thabaqan Li Mutathallabāt Al-‘Ashr).” Al-Jami’ah 42, no. No.1 (n.d.).

Anshori, Ahmad Suyuti. “Ta‘Līm Al-Mahāra Al-Qur’Āniyyah.” Al-Jami’ah 42, no. No.02 (n.d.).

Anwar, Syamsul. “Relation Betwen Arabic Linguistic and Islamic Legal Reasioning: Islamic Legal Theory Perspective.” Al-Jami’ah 55, no. No.2 (2017).

Arsyad, Azhar. Bahasa Arab Dan Metode Pengajarannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Azra, Azyumardi. Esei-Esei Intelektual Muslim Dan Pendidikan Islam. Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1998.

Gazali, Erfan, and Hasan Saefuloh. “KEBUTUHAN PESERTA DIDIK DAN RANCANG BANGUN Arabi : Journal of Arabic Studies” 4, no. 1 (2019): 87–99.

Gustiana, Aulia. “‫بري‬ ‫اينس‬ ‫لكطورا‬ ‫برانمج‬ ‫ابخسدام‬ ‫البالغة‬ ‫درس‬ ‫يف‬ ‫ميية‬ ‫لتعل‬ ‫ا‬ ‫الوسائل‬ ‫ير‬ ‫تطو‬.” Lisanuna 10, no. 1 (2020): 1–11.

Hady, Yazid. “Pembelajaran Mahārat Al-Kalām Menurut Rusdy Ahmad Thu’aimah Dan Mahmud Kamil Al-Nâqah.” al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab 5, no. 1 (2019): 63–84.

Hamzanwadi, Al-Abror. “No Title.” Majalah Sinar Lima. Jakarta, 1995.

Handriawan, Dony. “MEMPERTEGAS KEMBALI ARAH PEMBELAJARAN BAHASA ARAB (Perspektif Budaya Terhadap Tradisi Belajar Bahasa Arab Di Indonesia).” Al Mahāra: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab (2015).

Ma’mun, al-syaih yusuf. “‘Amid Ma’Had Dārul Qur’an Wa Al-Hadits Al-Majīdiyah Al-Syafī’īyah Nahdlotul Wathan Pancur,” n.d.

Mansyur. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Ditjen Binbaga Islam, 1992.

Mujib, Fathul. “Rekonstruksi Pendidikan Bahasa Arab.” Yogyakarta: Bintang Pustaka Abadi, 2010.

Mulyono. Strategi Pembelajaran Menuju Efektivitas Pembelajaran Di Abad Global. Malang: UIN-Maliki Press, 2012.

Nur’ain. “Astar Al-Islaām Fī Tathawwuri Al-Alfāz Fī Al-Lugah Al-‘Arabiyyah.” Al-Jami’ah 41, no. No. 1 (n.d.).

Pranowo. Analisis Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, 1996.

———. Analisis Pengajaran Bahasa Untuk Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Guru Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press, n.d.

Ridlo, Ubaid. “Language Environment Based on Multiple.” Arabiyat 6, no. 1 (2019): 117.

Roqib, M. “Bahasa Arab Dalam Perspektif Gender.” Malang: Jurnal Bahasa Arab dan Pengajarannya (2004).

Rosyidi, Abd Wahab, and Mamlu’atul Ni’mah. Memahami Konsep Dasar Pembelajaran Bahasa Arab. Malang: UIN-Maliki Press, 2012.

Saebani, Afifuddin dan Beni Ahmad. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2nd ed. Bandung: CV Pustaka Setia, 2012.

Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2011.

Tarigan, Henry Guntur. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa, 2015.

———. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa, 1989.

QS. Az-Zukhruf (43): 3. Al-Qur’anul Karim Tarjamahan, Mushaf Tafhim Al-Qur’an Darul ‘Amal. Jakarta: CV. Hadi Madya Kreasi, 2015.

Published
2020-12-28
Section
Articles