Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru MI Al-Ihsan Melalui Pelatihan Microsoft Powerpoint

Studi PLP-KKN Masa Pandemi Covid-19

  • Nurfitriana Diah Sulistyaningrum UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Shofi Salsabila Rahmawati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nada Salma Nisrina UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Laili Nur Azizah Mutiati UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Khurotul Aen UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pedagogical Competence, Ms. PowerPoint, Learning Medium, PLP-KKN

Abstract

This research was motivated by the low pedagogical competence of MI Al-Ihsan Sleman teachers in terms of making and using PowerPoint-based learning media. Therefore, this study aims to increase the pedagogical competence of teachers in making and utilizing PowerPoint as a learning medium at MI Al-Ihsan Sleman, especially during the Covid-19 pandemic. Researchers used a qualitative approach with a descriptive model in which the explanations presented in this paper were sourced from the results of training conducted by researchers for teachers at MI Al-Ihsan Sleman. Data collection techniques used by researchers through observation, training results questionnaires, and interviews. The results of this study indicate an increase in the ability of teachers to create and use interactive PowerPoint-based learning media after attending two training sessions conducted by researchers.

Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kompetensi pedagogik guru MI Al-Ihsan Sleman dalam hal pembuatan dan penggunaan media pembelajaran berbasis PowerPoint. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kompetensi pedagogik guru dalam pembuatan dan pemanfaatan PowerPoint sebagai media pembelajaran di MI Al-Ihsan Sleman, terutama di masa pandemi Covid-19. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan model deskriptif dimana paparan penjelasan yang disampaikan dalam tulisan ini bersumber dari hasil pelatihan yang dilakukan oleh peneliti kepada guru di MI Al-Ihsan Sleman. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti melalui observasi, angket hasil pelatihan, dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan guru dalam membuat dan menggunakan media pembelajaran berbasis PowerPoint Interaktif setelah mengikuti dua sesi pelatihan yang dilakukan oleh peneliti.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali Sadikin and Afreni Hamidah. “Pembelajaran Daring Di Tengah Wabah Covid-19.” Jurnal Biodik UNJA Vol. 6, No. 2 (2020).

Anwar, Muhammad. Menjadi Guru Profesional. Jakarta: Prenadamedia, 2018.

Arridha Zikra Syah, William Ramdhan, Uswatun Hasanah, and Rolly Yesputra. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Power Point Pada Lembaga Kursus Pendidikan (LKP) Mandiri Computer.” Jurdimas (Jurnal Pengabdian Masyarakat) Royal Vol. 2 No. 2 (July 2019).

Arsyad, Azhar. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2013.

Baroroh, Umi, and dkk. Panduan Pelaksanaan PLP-KKN Integratif Masa Pandemi Covid-19. Yogyakarta: Laboratorium Pendidikan FITK UIN Sunan Kalijaga, n.d.

Danang Aditya Nugraha and Sudiyono. “Pelatihan Dan Pendampingan Pembuatan Media Pembelajaran Interaktif Menggunakan Autoplay Media Studio Bagi Guru-Guru SDN Merjosari 1.” Jurnal Terapan Abdimas Vol. 3, No. 2 (July 2018).

Daryanto. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gaya Media, 2016.

Dede Suratman. “Jurnal Cakrawala Kependidikan: Pemanfaatan Ms Power Point Dalam Pembelajaran.” Universitas Tanjungpura Vol 5, No 1 (March 2007).

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. “Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.” Accessed November 19, 2020. http://pelayanan.jakarta.go.id/download/regulasi/peraturan-pemerintah-nomor-19-tahun-2005-tentang-standar-pendidikan-nasional.pdf.

Habibullah, Achmad. “Kompetensi Pedagogik Guru.” Jurnal Edukasi 10, no. 2 (2012).

Hadi, Syamsul. Microsoft Power Point. Surabaya: Tiara Aksara, 2008.

Hamdan Husein Batubara. “Penelitian Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Operasi Bilangan Bulat.” Jurnal Muallimuna Vol. 1, No. 1 (Oktober 2015).

Heri. Wawancara Tentang Pemanfaatan Teknologi, Mei 2020.

Mangkulo, Hengky Alexander. Aplikasi Belajar Interaktif Dengan Power Point. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2011.

Nurseto, Tejo. “Memebuat Media Pembelajaran yang Menarik.” Jurnal Ekonomi & Pendidikan 8, no. 1 (2011).

Rumidjan, Sumanto, Sukamti, and Sri Sugiharti. “Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Bagi Guru Sekolah Dasar.” Abdimas Pedagogi Vol. 1, No. 1 (n.d.).

Rusnawati. “Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Memotivasi Minat Belajar Peserta Didik Pada SMAN 1 Leupung.” Jurnal Intelektualita 3, no. 1 (2015).

Sanaky. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Safiria Insania Press, 2009.

Tejo Nurseto. “Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.” Universitas Negeri Yogyakarta Vol 8, No 1 (April 2011).

“Undang-Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen.” Accessed November 19, 2020. https://jdih.kemenkeu.go.id/fulltext/2005/14tahun2005uu.htm.

Wibawanto, Wandah. Desan Dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jawa Timur: Cerdas Ulet Kreatif, 2017.

Published
2020-12-27
How to Cite
Sulistyaningrum, N. D., Rahmawati, S. S., Nisrina, N. S., Mutiati, L. N. A., & Aen, K. (2020). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru MI Al-Ihsan Melalui Pelatihan Microsoft Powerpoint. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 118-134. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-02
Section
Articles