Komparasi Efektifitas Media Aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab dengan Suara dengan Komik Strip dalam Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Banguntapan

  • Meizri Wahyuningsih UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Dudung Hamdun UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pedagogical Competence, Ms. PowerPoint, learning medium

Abstract

The lack of media use during mufradāt learning in grade 4 SD Muhammadiyah Banguntapan was the background for researchers to try out the Secil application media: Learning Arabic + Voice and comic strips. This study aims to determine the effectiveness of learning mufradāt using the Secil application media and comic strip media, and whether or not there is a significant difference between the learning outcomes of the Secil application media user group and the comic strip media. This research is a quantitative study with a comparative research type. This research design used a quasi-experiment. Collecting data using observation, documentation, interviews, and tests. The data analysis technique used the Independent Sample t-Test and the Gain Score test through Microsoft Excel 2016. The results of this study concluded that mufradāt learning with the Secil application media was more effective than comic strip media. Evidenced by the comparison value of the n-gain of the two media is 1.78> 1, which means the effectiveness value of group 1> group 2. Then there is a significant difference between the learning outcomes of the two groups. Based on the results of the Independent Sample t-Test, which shows a significance value of 0.01 <0.05, which means that the application media of Secil: Learning Arabic + Voice is more effective than comic strips in improving mufradāt mastery of 4th-grade students of SD Muhammadiyah Banguntapan.

Abstrak: Kurangnya pemanfaatan media saat pembelajaran mufradāt di kelas 4 SD Muhammadiyah Banguntapan melatarbelakangi peneliti untuk mengujicobakan media aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab+Suara dan komik strip. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran mufradāt dengan menggunakan media aplikasi Secil dan media komik strip, dan ada atau tidaknya perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kelompok pengguna media aplikasi Secil dengan media komik strip. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian komparatif. Desain penelitian ini menggunakan quasi experiment. Pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan test. Adapun teknik analisis data menggunakan uji Independent Sample t-Test dan Gain Score melalui Microsoft Excel 2016. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa pembelajaran mufradāt dengan media aplikasi Secil lebih efektif daripada media komik strip. Dibuktikan dengan nilai perbandingan n-gain kedua media ialah 1,78 > 1, yang berarti nilai efektifitas kelompok 1 > kelompok 2. Kemudian terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Didasarkan pada hasil uji Independent Sample t-Test yang menunjukkan nilai signifikansi 0,01 < 0,05, yang artinya media aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab+Suara lebih efektif daripada komik strip dalam meningkatkan penguasaan mufradāt siswa kelas 4 SD Muhammadiyah Banguntapan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, Khairil, Dadi Rusdiana, and Ida Kaniawati. “Pemanfaatan Aplikasi Smartphone Android Sebagai Media Belajar Fisika.” In Prosiding Seminar Nasional Quantum, 2016.

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Bandung: Rineka Cipta, 2006.

Ependi, Usman, and Nyimas Sopiah. “Pemanfaatan Teknologi Berbasis Android Sebagai Media Belajar Matematika Anak Sekolah Dasar.” Jurnal Ilmiah MATRIK 17, no. 2 (n.d.): 2015.

Fayruza, Aida Zavirah, and Adinda Bunga Putri Yodhi. “Literasi Pembelajaran Bahasa Arab Melalui Media Pembelajaran Komik Untuk Siswa Tingkat SD/MI.” In Prosiding Seminar Nasional Bahasa Arab Mahasiswa II UNM. Malang: HMJ Sastra Arab Fakultas Sastra UNM, 2018.

Hamalik, Oemar. Media Pendidikan. Bandung: Alumni, 1986.

Handayani, Suci. “Eksperimentasi Pembelajaran Dengan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas VIII MTs Negeri Pedan Klaten.” UIN Sunan Kalijaga, 2016.

Nurgiyantoro, Burhan. Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa. Jakarta: Gramedia, 2010.

Observasi pembelajaran bahasa Arab di kelas 4 SD Muhammadiyah Banguntapan dan Wawancara dengan guru bahasa Arab SD Muhammadiyah Banguntapan, Agustus 2018.

Pratiwi, Dini Restiyanti. “Pemanfaatan Komik Strip Sebagai Alternatif Pengembangan Bahan Ajar Memproduksi Cerita Ulang Di SMA.” In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia. Solo: FKIP Universitas Muhammadiyah Solo, 2015.

Riwanto, Mawan Akhir, and Mey Prihandani Wulandari. “Efektivitas Penggunaan Media Komik Digital (Cartoon Story Maker) Dalam Pembelajaran Tema Selalu Berhemat Energi.” Jurnal Pancar 2, no. 1 (2018).

Subroto, Erlanda Nathasia, Abd. Qohar, and Dwiyana. “Efektivitas Pemanfaatan Komik Sebagai Media Pembelajaran Matematika.” Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan 5, no. 2 (February 2020): 135–41.

Sundayana, Rostiana. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2014.

Wahyu, Maryam Kusmawati. “Efektifitas Penerapan Media Komik Terahadap Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring Berbahasa Arab Pada Peserta Didik Kelas XI MAN Pangkep.” Pascasarjana UIN Alauddin, 2017.

Published
2021-01-06
How to Cite
Meizri Wahyuningsih, & Dudung Hamdun. (2021). Komparasi Efektifitas Media Aplikasi Secil: Belajar Bahasa Arab dengan Suara dengan Komik Strip dalam Penguasaan Mufradāt Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Banguntapan. Edulab : Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 5(2), 152-171. https://doi.org/10.14421/edulab.2020.52-04
Section
Articles