Pengembangan Buku Panduan Outboundkids Kelompok Usia 5-6 Tahun

  • Aulya Fitriyani Sa’ul Afiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sigit Purnama UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pengembangan, Buku panduan outbound, Anak usia dini usia 5-6 tahun

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk (1) Mengetahui, pengembangan buku panduan outboundkids kelompok usia 5-6 tahu ndengan menggunakan model Borg dan Gall, (2) mengetahui kualitas buku panduan outbound kids berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, pendidik anak usia dini, dan instruktur outbound. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Borg dan Gall dengan 10 langkah, tetapi peneliti hanya terbatas hingga 5 tahap, antaralain (1) Penelitian dan pengembangan data. (2) Perencanaan. (3) Pengembangan produk awal. (4) uji coba lapangan awal. (5) Revisi hasil uji lapangan awal. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukan bahwa (1) Berdasarkan penilaian ahli materi, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 51 dari 55 dan persentase keidealan 92.72%. (2) Menurut penilaian ahli media, kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 54 dari 55 dan persentase keidealan sebesar 98%. (3) Sedangkan menurut penilaian pendidik anak usia dini menunjukkan bahwa kualitas buku Sangat Baik (SB) dengan skor 101,7 dari 115 dan persentase keidealan sebesar 81.44% (4) Dan menurut instruktur outbound menunjukkan bahwa kualitas buku Baik (B) dengan skor 64.5 dari 80 dan persentase keidealan sebesar 76%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Chugani, Shoba Dewey. (2009) . Anak yang Cerdas Anak yang bermain. Jakarta:OTGramedia Pustaka Utama.
Kementrian Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Managemen Pendidikan Dasar Dan Menengah. (2010). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomer 58 tahun 2009 tentang standar pendidikan anak usia dini (PAUD). Jakarta:Direktorat Pembinaan TK dan SD.
Montolalu. (2008) .Bermain dan Permainan Anak.Jakarta:Universitas Terbuka.
Sugiono.(2009).Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.
Sujiono, Yuliani Nurani. (2009). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta:PT Indeks.
Sukmadinata, Nana Syaodi. (2009). Metode Penelitian Pendidikan.Bandung: Remaja Rosdakarya.
Published
2019-04-05
Section
Articles