Metode Demonstrasi sebagai Peningkatkan Perkembangan Kognitif Anak

  • Dian Anggraini UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Suyadi Suyadi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Implementasi, Metode demonstrasi, Perkembangan kognitif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan aktivitas belajar peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi dan mengetahui perkembangan kognitif peserta didik kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi. Penelitian  ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan datanya diperoleh dari observasi, dokumentasi, dan wawancara. Wawancara dilakukan dengan individu-individu yang terlibat dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah guru, tenaga kependidikan, dan peserta didik KB-TK Alazhar 38 Bantul. Analisis data dilakukan dengan menyeleksi dan menyusun data yang diperoleh, kemudian diolah dan dianalisis sehingga dapat ditarik kesimpulan.    Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran di kelompok A KB-TK Al-Azhar 38 Bantul dengan menggunakan metode demonstrasi sudah berjalan dengan baik, dikarenakan guru telah memperlihatkan atau memperagakan serangkaian tindakan berupa gerakan yang menggambarkan suatu cara kerja atau urutan proses kegiatan. Selain itu, guru juga telah memperlihatkan bentuk dari suatu benda. Penerapan metode maupun media yang digunakan dalam pembelajaran  sangat berpengaruh terhadap proses pembelajaran, dan berpengaruh juga terhadap perkembangan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 2010. Guru & Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Rineka Cipta: Jakarta.
Dokumentasi Kurikulum di KB-TK Al-Azhar 38 Bantul pada hari Rabu 17 Februari 2018.
Hasil wawancara pada hari kamis 8 Februari 2018, pukul 11.38 dengan Bu Fida, selaku bu guru sentra sains KB-TK Al-Azhar 38 Bantul).
Latif, Mukhtar Latif, dkk.. (2013). Orientasi Baru Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Prenadamedia Group.
Lusiana Dwi Ratnasari. Upaya Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Autis Melalui Strategi Pembelajaran Musik di Sekolah Khusus Autis Bina Anggita Gedongkuning Yogyakarta Tahun Ajaran 2016-2017. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Ni Pitu Feby Astri Pariiani. dkk. Penerapan Metode Demonstrasi Melalui Kegiatan Meronce Untuk Meningkatkan Kognitif Mengenai Bentuk Geometri Pada Anak. Jurnal PGPAUD Universitas Pendidikan Ganesha. 2014.
Nurhayati, Eti. 2011. Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rahman, Hibana S.. (2002). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: PGTKI Press.
Suhartono, Suparlan. (2008). Filsafat Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Wawancara bersama bu Mela pada hari Kamis tanggal 28 Maret 2018.
Published
2019-04-05
Section
Articles