Penerapan Metode Gerakan untuk Menghafal Hadis pada Anak

  • Fatikhatul Malikhah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Rohinah Rohinah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Metode Gerakan, Menghafal Ḥadiś, RA Tiara Chandra

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif, dengan mengambil latar penerapan metode gerakan untuk menghafal hadiś di RA Tiara Chandra Yogyakarta dengan fokus pada kegiatan menghafal hadiś pada anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kegiatan menghafal hadiś yang sering dilakukan oleh sekolah maupun guru menggunakan metode ceramah dan menugaskan siswa untuk menghafal adiś. Sehingga anak terlihat pasif dan suasana belajar menjadi tidak kondusif. Saat apersepsi pada pelajaran berikutnya anak sudah banyak yang lupa, hanya beberapa anak yang masih mampu mengingat adiś yang sudah dipelajari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Penerapan metode gerakan untuk menghafal adiś pada anak kelompok B di RA Tiara Chandra Yogyakarta tidak terlepas dari RPPH. Kedua, pelaksanaan kegiatan menghafal adiś pada awalnya dilakukan dirumah tanpa gerakan dan dilakukan disekolah dengan gerakan simbol tangan dengan kegiatan  klasikal, ketiga evaluasi kegiatan menghafal adiś yang berupa tingkat pencapaian dan tindak lanjut yang akan dilaporkan kepada orangtua saat pertemuan dua akhir tema. Faktor pendukung dalam penerapan metode gerakan untuk menghafal adiś pada kelompok B RA Tiara Chandra antara lain : handout untuk orangtua, minat anak, rasa percaya diri, susasana kelas yang kondusif, dan buku pedoman metode gerakan untuk menghafal adiś. Faktor penghambat dalam kegiatan menghafal adiś dengan metode gerakan yaitu : gaya belajar anak, daya ingat anak, kemampuan guru dan belum adanya pelatihan kepada orangtua mengenai metode gerakan untuk menghafal adiś, gambar tidak full collor, dan adiś tidak dilengkapi dengan asbabul wurud.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abdul Baqqi,Fuad M. (2010). Kumpulan Ḥadiś Shahih Bukhari Muslim. Solo: Insan Kamil.
Hajar, Ibn Ashqalani. (2007). Fathul Baari:Penjelasan Shahih Al Bukhari. Jakarta:Pustaka Azzam.
Handayani. (2011). Metode Gerakan dalam Menghafal Ḥadiś. Jakarta : An-Nahl.
Irham Maulana. (2015). Cara Sistematis Menghafal Ḥadiś . Jakarta : JD Publishing.
Juliansyah, Noor. (2012). Metodologi Penelitian Skripsi, Tesis, Disertas dan Karya Ilmiah. Jakarta:Kencana
Moleong , Lexy K. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. 2012. Manajemen PAUD. Bandung: Rosdakarya.
Munawir, Ahmad Warson. (1997). Almunawir Kamus Bahasa Arab-Indonesia. Surabaya: Pustaka Progresif,.
Santrock, J.W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (edisi kelima). (Penerj. Achmad Chusairi, Juda Damanik; Ed. Herman Sinaga, Yati Spendidikharti). Jakarta: Erlangga.
Sori,Sofyan. (2006). Kesalehan Anak Terdidik Menurut Al-Qur’an Ḥadiś. Yogyakarta:Fajar
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitastif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Bayudi. Mengapa kita menghafal. (http://pksaceh.net/mengapa-kita-menghafaltahfidzh-al-qur%E2%80%99an/(5) Diakses pada 5 Desember 2017. Dampak Metode Bermain Simbolik Gerak untuk Meenghafal Ḥadiś di RA Salman Al Farisi Bandung. http://aresearch.upi.edu/operator/upload/t_pd_0809233_chapter1.pdf . Diakses pada 28 November 2017.
Sahroni. 2015. Mengapa Memilih Sekolah Islam Terpadu. https://www.kompasiana.com/sahroni7221/mengapa-saya-memilih-sekolahIslam-terpadu_563c5206c723bd83073d6e61 Diakses pada 11 Desember 2017 Pramonoadi. 2012.
Model Pembelajaran Berbasis Nilai di Sekolah Full Day Berbasis Nilai. http://stkippgritulungagung.ac.id/jurnal/jurnal/desember%202012/Pramonoa di,%20Pembelajaran%20berbasis%20Nilai%20Lilving%20Velue,%20Dese mber%202012.pdf. Diakses pada 12 Desember 2017. Abdul Mujib, Jusuf Mudzakir.
Published
2019-04-05
Section
Articles