Pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di Taman Kanak-Kanak

  • Fitria Fauziah Hasanah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Erni Munastiwi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pengelolaan pendidikan, Karakter Religius, Metode Pembiasaan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya.  Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan teknik pengumpulan data diantaranya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi  Hasil penelitian pengelolaan pendidikan karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah dilaksanakan meliputi perencanaan, pengorganisaisan, pelaksanaan, dan pengawasan. Kegiatan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan diantaranya adalah : Pertama, membaca iqra sebelum masuk kelas di pagi hari,; Kedua, membaca doa sebelum belajar,  Ketiga, membaca shalawat bani hasyim, Keempat, membaca doa setalah belajar. Faktor Pendukung  dalam pengelolaan Pendidikan Karakter Religius Melalui Metode Pembiasaan di TK Ibu Hj Euis Siti Ruyanah Pondok Pesantren Suryalaya Tasikmalaya diantaranya adalah adanya kerjasama antar pendidik, adanya kerjasama antara pendidik dengan orangtua, kondisi lokasi TK yang mendukung, sarana dan prasarana yang memadai, adanya semangat belajar dari anak, terdapat peran dari masyarakat. Adapun faktor penghambatnya yaitu kondisi pekerjaan orangtua, kondisi kepala sekolah yang kurang sehat, dan sumber daya manusia yang belum memenuhi standar kelulusan pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

‘Ulwan, Abdullah Nashih. (2013). Pendidikan Anak dalam Islam. penerjemah Arif Rahman Hakim dkk. Solo: Penerbit Insan Kamil.
Azizy, A. Qodri. (2002). Pendidikan untuk Membangun Etika Social. Jakarta: Aneka Ilmu.
Azwar, Safarudin. (2007). Metodologi Penelitian. Jakarta : Pustaka Pelajar.
Hidayat, Ari dan Imam Machali. (2012). PengelolaanPendidikan :Konsep, Prinsip dan Aplikasi dalam Mengelola Sekolah dan Madrasah. Yogyakarta : Kaukaba.
Hidayati. (2014). Manajemen Pendidikan, Standar Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-ta‟lim volume 21. Nomor 1 Februari 2014.
Kurniadin, Didin & Imam Machali. (2012). Manajemen Pendidikan & Konsep Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.
Lickona, Thomas. dalam M IrfanZakkie. (2013). Pendidikan Karakter, Panduan Lengkap Mendidik Siswa Pintar dan Baik. Bandung : Nusa Media.
Moelong, Lexy J. (2005). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Munir, Abdullah. (2008). Menjadi Kepala Sekolah Efektif. Yogyakarta :Ar-Ruzz Media
Munir, Abdullah. (2010). Pendidikan Karakter Membangun Karakter Anak Sejak Dari Rumah. Yogyakarta : Pedagogja.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. 2015.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Jakarta : Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, 2015.
Peraturan Mentri Pendidikan Dan Kebudaya Republik Indonesia Nomor 146 Tahun 2014 Tentang Kurikulum 2013 Pendidikan Anak Usia Dini, lampiran III, Kementrian Pendidikan danKebudayaan tahun 2015.
Rusdiana. (2015). Pengelolaan Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Winardi. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta :Prenda Media.
Yahya. (2010). Pendidikan Karakter Berbasis Potensi Diri : Mendongkrak Kualitas Pendidikan. Yogyakarta : Pelangi Publishing.
Yayah kusbudiah. “Pengelolaan pembelajaran di Ra/TK/Paud Sebagai Upaya mengoptimalkan pencapaian perkembangan anak Usia dini http://bdkbandung.kemenag.go.id/jurnal/276 [7 Februari 2018].
Zuariah, Nurul.. (2007). Metodologi Penelitian Sosial dan Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Zuchdi, Darmiyati. (2011). Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta : UNY Press.
Published
2019-04-05
Section
Articles