Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Mengembangkan Kognitif Anak

  • Jumrotul Akromah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Lailatu Rohmah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Pendekatan Saintifik, Kognitif, Anak

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah masih banyak diusianya anak usia dini masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan yang pesat dengan bawaan sifat peserta didik yang masih egosentris dan dalam melakukan tindakan masih dalam tuntutan orang dewasa dan  pendidik. Dewasa ini anak pada usai 4-5 tahun dalam merumuskan gagsan berfikir secara logis dan berfikir memecahkan masalah masih dalam taraf  ingin tahu lebih mengenai kegiatan pembelajaran. Adanya strategi proses pembelajaran pendekatan saintifik menjadi angin segar dalam dunia pendidikan khususnya pendidikan anak usia dini. Meskipun dalam proses yang  masih banyak ditemukan beberapa teknik pengajaran pendidik yang masih menumpang dalam kurikulum sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetauhi  implementasi pendekatan saintifik dalam megembangkan kognitif anak dan bagaimana faktor penghambat dan pendukung adanya penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta.Jenis penelitian ini  mengguakan penelitian lapangan (field research) dengan objek penelitan TK Nurul Ummah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara dan dokumentas. Sedangkan validitas data yang diperoleh melalui  Triangulasi  teknik dan sumber.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pendektan sanitifk dalam mengembangkan kognitif anak pada kelompok A di TK nurul Ummah sudah berjalan dengan baik, ditunjukkan dengan proses pembelajaran yang sudah sesuai dengan perencanaan pembelajaran, pesera didik yang aktif bertanya, pengaadaaan mediaa yang kreatif dan hasil karya yang terselesaikan dengan baik oleh peserta didik. Faktor pengambat dan pendukung yaitu faktor pendukung; kepala sekolah yang antusias baikanya dalam mengembangkan kualitas dan kuantitas  sekolahan , Pendidik yang berkompeten dalam menyampaikan proses pembelajaran pendektan saintifik,  Peserta didik yang aktif bertanya, Sarana dan prasarana yang mendukung. Faktor penghambat; Bahan media yang sulit deedapatkan, waktu pembelajaran yang kurang efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S. (2002). Prosedur penelitian suatau pendekatan praktek. Jakarta: Rinekan Cipta.
Beaty, J, J. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.
Jahja, Y. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakarta: Kencana.
Kemendikbud nomor 146 tahun 2014 tentang kurikulum 2013 PAUD.
Majid, A. (2015). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Rosda karya.
Qowwim, M. (2010). Metode Pengembangan Moral dan Agama. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Kalijaga.
Santrock, W. J. (2011). Masa Pekembangan Anak. Jakarta: Salemba.
Sujiono, Y, B. 2010. Bermain Kreatif Bebasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: PT. Indeks
Sulistyawati, A. (2015). Deteksi Tumbuh Kembang Anak. Jakarta: Salemba Medika.
Sumanto. (2014). Psikologi Perkembangan Fungsi dan Teori. Yogyakarta: CAPS.
Suyadi. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum paud 2013. Bandung:Rosdakarya.
Suyadi. (2016). Pedoman penulisan Karya Ilmiah. Yogyakarta: Jurusan PGRA Fakultas Ilmu Tarbiyah Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Undang-Undang Republik Indonesia no.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional.
Published
2019-04-05
Section
Articles