DISKURSUS TERMINOLOGI MODEL, PENDEKATAN, STRATEGI, DAN METODE PEMBELAJARAN PAI

  • Reksiana Reksiana Institut Ilmu AlQuran Jakarta
Keywords: Terminologi, Model, Pendekatan, Strategi, Metode

Abstract

Abstract

In education, several terms such as strategy, approach, model and method are often used to describe the teaching and learning situation. And these terms are often inconsistent and often overlapping occurs in their use. To differentiate  and clarify each of these terms, it needs to be reviewed and discussed contextually and comprehensively. This needs to be done in order to avoid confusion and misunderstanding the meaning of each of these terms. This paper will specifically try to describe the four terms because the four terms are most widely used and referred to by practitioners in the field of education. Clarification of these terms will help to explain the ambiguity of understanding meaning in the world of education and literacy. 

Abstrak

Dalam pendidikan, beberapa istilah seperti strategi, pendekatan, model dan metode sering digunakan untuk menggambarkan situasi belajar-mengajar. Dan istilah-istilah tersebut sering tidak konsisten dan acap kali terjadi overlapping dalam penggunaannya. Untuk membedakan dan memperjelas perbedaan masing-masing istilah tersebut, perlu dikaji dan dibahas secara kontekstual dan komprehensif. Hal ini perlu dilakukan,  guna tidak  terjadi lagi kerancuan dan salah pemahaman makna dari beberapa istilah tersebut. Tulisan ini secara khusus akan mencoba menguraikan keempat istilah tersebut, karena keempat istilah tersebut paling banyak digunakan dan diacu oleh para praktisi di bidang pendidikan. Klarifikasi terhadap istilah-istilah tersebut akan membantu untuk menguraikan kerancuan pemahaman makna dalam dunia pendidikan dan dunia literasi.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alimah, Siti dan Aditya Marianti. (2016). Jelajah Alam Sekitar: Pendekatan, Strategi, Model, dan Metode Pembelajaran Biologi Berkarakter untuk Konservasi. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang,.

Anita W, Sri. (2015). “Modul Strategi Pembelajaran,” lihat epository.ut.ac.id/4401/2/PEFI4201-M1.pdf.

Ardian, Aan dan Sudji Munadi. “Pengaruh Student-Centered Learning dan Kemampuan Spasial terhadap Kreativitas Mahasiswa.” Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 22, No. 4. https://journal.uny.ac.id/index.php/jptk/article/view/7843.

Arif, Armai. (2017). Inovasi Pembelajaran PAI. Jakarta: UIN Press.

Dewika, Pebrina dkk. (2013). “Strategi Guru dalam Mengembangkan Kreativitas Siswa pada Pembelajaran Seni Tari di SMA Negeri 3 Payakumbuh,” E-Jurnal Sendratasik FBS Universitas Negeri Padang, 2 No. 1 lihat di http://download.portalgaruda.org/article.php?article=101227&val=1538.

Direktorat Tenaga Kependidikan Ditjen PMPTK, Modul Strategi Pembelajaran (Versi Online). Lihat http://file.upi.edu/Direktori/FIP/JUR._ADMINISTRASI_PENDIDIKAN/197205282005011-NUR_AEDI/4-25/MATERI_4.pdf

Fanani, Ahwan. (2014). “Mengurangi Kerancuan Istilah Strategi dan Metode Pembelajaran.” Jurnal Pendidikan Islam 8, No. 2, lihat www.download.portalgaruda.org/article.php.

Fathurrohman, Pupuh. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Fathurroman, Muhammad. (2016). Model-model Pembelajaran Inovatif. Yogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. (2009). Kurikulum dalam Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. (2016). Stategi Pembelajara. Bandung: PT Remaja Rodakarya.

Mulayiningsih, Endang. “Pembelajaran PAIKEM” (Depok: Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan) lihat http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/dra-endang-mulyatiningsih-

mpd/5cmodel-pembelajaran-paikem22810.pdf .

Nurhidayati. (2018). “Metode Pembelajaran Interaktif.” Disampaikan pada “Seminar Metode Pembelajaran” bekerja sama dengan mahasiswa KKN-PPL UNY tahun 2011 di SMP N 2 Depok 1, http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pengabdian/nurhidayati-spd-m-hum/ppm-metode-pembelajaran-fix.pdf. (diakses pada tanggal 23 Agustus 2018).

Puwanto, Edi. “Analisis terhadap Metode Pendidikan Menurut Alquran dalam Membentuk Karakter Bangsa (2015).” Jurnal Pendidikan Agama Islam: Ta’lim13, No. 1, lihat http://jurnal.upi.edu/file/pdf.

Ramayulis. (2013). Metodologi Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kalam Mulia.

Rianie, Nurjannah. (2014) “Pendekatan dan Metode Pendidikan Islam: Sebuah Perbandingan dalam Konsep Teori Pendidikan Islam dan Barat,” Management og Education 1, No 2. lihat http://download.portalgaruda.org/article.php.

Rianto, Milan dkk. (2006). Pendekatan, Strategi dan Metode Pembelajaran: Bahan Ajar Diklat Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan SMA Jenjang Dasar. Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Pusat Pengembangan Penataran Guru IPS dan PMP Malang.

Rochman, Yuli Agustin. (2015). “Penerapan Discovery Learning sebagai Mata Kuliah Perencanaan dan Pengendalian Produksi.” Badan Pengembangan Akademik Universitas Islam Indonesia: Working Paper Series.

Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Salafudin. (2011) “Metode Pembelajaran Aktif Ala Rasulullah: Pembelajaran yang Membangkitakan Motivasi : (Suatu Metode Pembelajaran dari Hadis),” Forum Tarbiyah 9, No. 2. Lihat https://media.neliti.com/media/publications/70252-ID-metode-pembelajaran-aktif-ala-rasulullah.pdf

Sanjaya, Wina. (2016). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Tim Kurikulum dan Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. (2014). Buku Penduan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Published
2018-12-30