PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN IMPLEMENTASINYA DI MTS NURUL UMMAH YOGYAKARTA

  • Aset Sugiana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: Implementasi, Pengembangan Kurikulum

Abstract

This study aims to: describe the implementation of the PAI curriculum in the subjects of Aqeedah Akhlaq. This is a qualitative research. The research data were obtained from Aqeedah Akhlaq teacher in implementing PAI curriculum. Data analysis technique used is classifying, combining, interpreting, and concluding. The results of research on the development of the PAI curriculum: 1) Focusing on the development potential, needs, and interests of students and their environment, 2) Diverse and integrated, 3) Responsiveness to the development of science, technology, and art, 4) Relevant to the needs of life, 5) Comprehensive and continuous, 6) Lifelong learning, 7) Balance between national interests and regional interests. Implementation at MTs Nurul Ummah Yogyakarta, namely: 1) Organizing Workshops or socialization about making lesson plans, 2) Using textbooks from the Ministry of Religion and also pesantren (The Yellow Book), 3) Learning Aqeedah Akhlaq focuses on three aspects: cognitive, affective, and psychomotor,  4) Using the nahwu amtsilati learning method from Jepara and curriculum integration from Purworejo.

Abstrak

Penelitian bertujuan untuk: mendeskripsikan tentang implementasi kurikulum PAI pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Data penelitian diperoleh dari hasil pencatatan dari guru Aqidah Akhlaq dalam mengimplementasikan kurikulum PAI. Teknik analisis data yang digunakan yaitu mengklasifikasikan, menggabungkan, menafsirkan, dan menyimpulkan. Hasil penelitian tentang pengembangan kurikulum PAI: 1) Berpusat pada potensi perkembangan, kebutuhan, dan kepentingan peserta didik dan lingkungannya, 2) Beragam dan terpadu, 3) Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni, 4) Relevan dengan kebutuhan kehidupan, 5) Menyeluruh dan berkesinambungan, 6) Belajar sepanjang hayat, 7) Seimbang antara kepentingan nasional dan kepentingan daerah. Implementasi di MTs Nurul Ummah Yogyakarta, yaitu: 1) Mengadakan Workshop atau mensosialisasikan tentang pembuatan RPP, 2) Menggunakan buku paket dari Kemenag dan juga kitab pesantren (Kitab Kuning), 3) Dalam pembelajaran PAI Aqidah Akhlaq pada tiga aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik, dan 4) Menggunakan metode pembelajaran nahwu amtsilati dari Jepara dan integrasi kurikulum dari Purworejo.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Daulay, H. P. (2012). Pendidikan Islam dalam Sistem Pendidikan Nasional di Indonesia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Fathurrohman, M. dan Sulistyorini. (2012). Meretas Pendidik Berkualitas dalam Pendidikan Islam menggagas Pendidik atau Guru yang Ideal dan Berkualitas dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Idi, A. (2007). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktik. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. (2007). Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung : Remaja Rosdakarya.

Hidayat, S. (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Irsad, M. (2016). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Madrasah (Studi atas Pemikiran Muhaimin) Institut Agama Islam Ma’arif NU Metro”, Jurnal Iqra’, 2 (1): 230-268.

Langgulung, H. (1987). Asas-asas Pendidikan Islam. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Machali, I. (2014). "Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045”, Jurnal Pendidikan Islam, IIII (1): 71-94

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah, dan Perguruan Tinggi, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Mukhlasin, A. (2018). “Desain Pengembangan Kurikulum Integratif dan Implementasinya dalam Pembelajaran, (Institut Agama Islam Imam Ghazali (IAIIG) Cilacap)”, Jurnal Tawadhu , 2 (1): 364-380.

Nasir, M. (2013). “Profesionalisme Guru Agama Islam (Sebuah Upaya Peningkatan Mutu Melalui Lptk)”, Jurnal Dinamika Ilmu, 13 (2): 189-203.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia

Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Raharjo, R. (2010). Inovasi Kurikulum Pendidikan Agama Islam Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran, Yogyakarta: Magnum Pustaka.

Salahuddin, M. (2012). “Pengembangan Kurikulum Madrasah Diniyah Takmiliyah, (Fakultas Pendidikan Agama Islam Insuri Ponorogo)”, Jurnal Cendekia, 10 (1): 45-58.

Suryosubroto. (2004). Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Tafsir, A. (2014). Ilmu Pendidikan Islam dalam Perspektif Islam. Bandung: Mimbar Pustaka.

Undang Undang Dasar Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wawancara Guru PAI di MTs Nurul Ummah, Kamis pada tanggal 13 Desember 2018.

Wekke, I. S. (2013). “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Muslim Minoritas: Pesantren Nuru l Yaqin Papua Barat, Fakultas Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islan Negeri Sorong”, Jurnal Madrasah, 5 (2): 91-115

Published
2019-06-05