Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di Daerah Perbatasan: Studi di SMP N 2 Bokan Kepulauan, Banggai Laut, Sulawesi Tengah

  • Trisandi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Ahmad Afrizal Rizqi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
Keywords: School-Based Management, School Quality Improvement, Border Areas

Abstract

The implementation of School-based management in SMP N 2 Bokan Kelupauan, Kabupaten Banggai Laut Sulawesi Tengah encounters a number of problems. One of which is due to the isolated site of the school. This qualitative study describes the implementation of school based management in SMP N 2 Bokan kepulauan which is located in the outer border of Indonesia. Research data was gathered through interviews, observation, and documentation. The results showed that the implementation of the school based management in the school has not run effectively. The most significant problems that hinder the success of the implementation were incompetent human resources and the lack of society’s participation.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Trisandi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Manajemen Pendidikan Islam

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Ahmad Afrizal Rizqi, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

Manajemen Pendidikan Islam

UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

References

Agung, Iskandar. “Kajian Penyelenggaraan Pendidikan Di Daerah Perbatasan.” Jurnal Ilmiah Visi P2TK PAUD NI 7, no. 2 (2012): 173–84.

Ansar. “Pemberdayaan Komite Sekolah dalam Mengimplementasikan Manajemen Berbasis Sekolah (MBS).” Inovasi 5, no. 2 (2008): 1–19.

Bakhtiar. “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS).” At-Ta’lim 12, no. 2 (2013).

Hamzah. “Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.” Hunafa: Jurnal Studia Islamika 10, no. 1 (2013): 151–75.

Ibrahim, M. Yusuf. “Paradigma Baru dalam Pengelolaan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.” Jurnal Pendidikan Sosiologi dan Humaniora Vol. 1, no. 1 (n.d.).

Ibrohim, Busthomi. “Manajemen Berbasis Sekolah: Strategi Alternatif dalam Persaingan Mutu.” Al-Qalam 22, no. 2 (2005).

Machali, Imam dan Ara hidayat. Hand Book of Education Management. Jakarta: Prenamedia Group, 2018.

Maasawet, Elsje Theodora. “Model Pengelolaan Kelas Rangkap (PKR) Untuk Sekolah Dasar Yang Mengalami Kekurangan Guru Di Daerah Perbatasan Atau Terpencil Di Provinsi Kalimantan Timur.” Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi 8, no. 1 (2015). doi:10.20961/bioedukasi-uns.v8i1.2944.

Muri’ah, Siti. “Strategi Pengembangan Pendidikan Wilayah Perbatasan (Studi Kasus Pada Madrasah Ibtidaiyah Tapal Batas Sebatik dan Nunukan).” Fenomena 10, no. 2 (2018).

Paskalis, Herculanus Bahari Sindju, M. Thamrin. “Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kepemimpinan di SMA Negeri 3 Singkawang).” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99. doi:10.1017/CBO9781107415324.004.

Qur’ani Habib, Abdau, and Imam Machali. “Efektivitas Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah dalam Perspektif Balanced Scorecard Terhadap Mutu Pembelajaran Siswa Kelas XI dan Kelas XII di MAN Maguwoharjo Sleman.” Jurnal Pendidikan Madrasah 1, no. 2 (2016): 213–32.

Rosliana, Lia, Fani Heru W, Wildan Lutfie, Kemal Hidayah, Noor Aziza, Jl H M Ardan, and Ringroad Iii. “Manajemen Perbatasan Fokus Inovasi Pendidikan di Perbatasan Kalimantan Utara 1.” Jurnal Borneo Administrator 11, no. 3 (2015): 316–39.

Sastradiharja, EE Junaedi. “Manajemen Sekolah Berbasis Kompetensi.” Mumtäz 2, no. 2 (2018).

Sholeh, Muh. “Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Case Study Pelaksanaan Program MBS Rintisan di SD Negeri 2 Karangsari Kecamatan Pejawaran Banjarnegara).” Lembaran Ilmu Kependidikan 39, no. 2 (2009): 124–31.

Sri Marsini, Sri Witurachmi, Elvia Ivada. “Implementasi Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) di SMA N 1 Sukoharjo.” Jupe Uns I, no. I (2013): 1–13.

Suciati, Ariningsih. “Pengembangan Model Pendidikan Menengah “Sekolah Kebangsaan di Daerah Terpencil, Tertinggal, Terluar dan Perbatasan sebagai Implementasi Pembelajaran PKn.” Jurnal Moral Kemasyarakatan 1, no. 1 (2016).

Sudadio. “Peningkatan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah di Provinsi Banten Melalui Manajemen Berbasis Sekolah.” Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan 16, no. 2 (2012): 246–67.

Tombokan, Altje. “Peningkatan Mutu Pendidikan Kejuruan Melalui Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah (School Based Managemet).” Aptekindo, n.d.

Vlorensius, Muhsinah Annisa. “Sinkronisasi Kompetensi Mahasiswa dengan Kompetensi Tuntutan Sekolah dalam Pelaksanaan PPL di Sekolah Dasar di Daerah Perbatasan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2019): 1689–99. doi:10.1017/CBO9781107415324.004.

Wasito, Herman. Pengantar Metodologi Penelitian, Buku Panduan Mahasiswa. Jakarta: PT Gramedia Utama, 1997.

Yusnaini. “Tugas Kepala Sekolah dalam Peningkatan Asas Manajemen Berbasis Sekolah.” Al-Ta’lim 13, no. 1 (2014).

Yustiani. “Nasionalisme Melalui Pendidikan di Sekolah pada Siswa SMA di Wilayah Perbatasan Kalimantan Barat.” Jurnal SMaRT Studi Masyarakat, Religi dan Tradisi 04, no. 01 (2018): 111–24.

Published
2020-01-06
Section
Articles