IMPLEMENTASI LAYANAN KONSULTASI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2012.091-07Abstract
Prestasi belajar merupakan hasil usaha belajar peserta didik, semakin?baik usaha belajar yang dilakukan, maka akan semakin baik pula prestasi belajarnya. Keberhasilan prestasi belajar, selain dipengaruhi faktor internal dari dalam diri peserta didik, juga dipengaruhi oleh faktor eksternal dari luar diri peserta didik. Salah satu faktor eksternal yang sangat berpengaruh adalah faktor lingkungan sosial. Faktor lingkungan sosial ini dapat berupa dukungan dari orang-orang di sekitar peserta didik yang perduli dan bertangungjawab terhadap perkembangan peserta didik (misalnya orang tua, guru, teman, dan keluarga lainnya). Agar lingkungan sosial peserta didik dapat memberikan dukungan yang memadai bagi perkembangan diri, termasuk dalam meraih prestasi belajarnya. Maka, perlu adanya media yang dapat mengakomodir berbagai hal terkait dengan penanganan permasalahan peserta didik melalui bantuan orang-orang di sekitarnya. Salah satu media yang ditawarkan Bimbingan dan Konseling adalah Layanan Konsultasi. Layanan ini merupakan layanan bimbingan dan konseling oleh konselor sekolah atau guru pembimbing terhadap konsulti (orang-orang terkait dengan peserta didik) yang emungkinkan konsulti memperoleh wawasan, pemahaman dan cara yang perlu dilaksanakan untuk menangani masalah pihak ketiga (peserta didik). Melalui layanan inilah, peserta didik dapat memperoleh bantuan dan dukungan dari lingkungan sosialnya, sehingga dengan bantuan dan dukungan yang memadai dari lingkungan sosial ini, peserta didik dapat mengembangkan dirinya secara maksimal, termasuk meningkatkan prestasi belajarnya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.