KONSEP BIMBINGAN DAN KONSELING COGNITIVE BEHAVIOR THERAPY (CBT) DENGAN PENDEKATAN ISLAM UNTUK MENINGKATKAN SIKAP ALTRUISME SISWA

Authors

  • Fibriana Miftahus Sa’adah UIN Sunan Kalijaga
  • Imas Kania Rahman UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2015.122-05

Abstract

Abstrak

 

Artikel ini mendeskripsikan tentang konsep bimbingan dan konseling kognitif behavior terapi melalui pendekatan islam untuk membantu menumbuhkan sikap altruisme siswa. CBT merupakan bentuk terapi kognitif pada prilaku yang menyimpang, bimbingan dan konseling ini selain akan merubah tingkah laku juga akan merubah cara berfikir konseli yang salah atau (un reaalistic).Konsep bimbingan dan konseling Islam melalui pendekatan CBT merupakan pendekatan yang akan merubah konseli un realisticc dikaitkan dengan pendidikan agama sehingga lebih maksimal dalam membantu meningkatkan sikap altruisme siswa. Altruisme  adalah sikap rela atau ikhlas membantu orang lain tanpa meminta balasan atau imbalan. CBT islami esensinya terletak pada tahap konseling yang dilakukan, konseli diarahkan untuk menemukan tujuan ahkir perbuatan atau tingkah laku yang ia lakukan yaitu untuk mendapat ridho Allah.

 

Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling Islam, cognitive behavior therapy, altruisme

Abstract viewed: 5215 times | PDF downloaded = 7219 times

Downloads

Published

2015-12-12

Issue

Section

Articles