UPAYA SEKOLAH INKLUSIF SMP TUMBUH YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN SCHOOL WELL-BEING

UPAYA SEKOLAH INKLUSIF SMP TUMBUH YOGYAKARTA DALAM MENCIPTAKAN SCHOOL WELL-BEING

Authors

  • Sulistianingsih Sulistianingsih UIN Sunan Kalijaga
  • Nurjannah Nurjannah

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-03

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap berbagai upaya yang dilakukan oleh sekolah dalam menciptakan school well-being. Sumber penelitian ini adalah Kepala Sekolah, Wakil kepala sekolah, Guru Bimbingan Konseling, Guru Pendamping Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Wali Kelas beserta seluruh guru dan staf di SMP Tumbuh Yogyakarta. Pengambilan sampel dilakukan secara purposif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, upaya-upaya untuk menciptakan suasana school well-being di SMP Tumbuh Yogyakarta yaitu : 1) Menerapkan konsep inklusif di SMP Tumbuh Yogyakarta. 2) Menciptakan lingkungan belajar yang nyaman. 3) Membangun komunikasi yang terbuka di sekolah. 4) Mengembangkan kompetensi civitas sekolah.

Kata Kunci: Upaya Sekolah, School Well-Being, SMP Tumbuh Yogyakarta

Downloads

Issue

Section

Articles
Loading...