PENGARUH RELIGIUSITAS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KONSEP DIRI SISWA-SISWI DI MAN PAKEM SLEMAN

PENGARUH RELIGIUSITAS LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP KONSEP DIRI SISWA-SISWI DI MAN PAKEM SLEMAN

Authors

  • Puput Tri Hardiyanti
  • Nanang Nuryanta

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-06

Abstract

Peranan lingkungan sangat penting pengaruhnya terhadap pembentukan konsep diri anak. Terutama lingkungan sekolah, karena anak banyak menghabiskan waktu di sekolah bersama teman-temannya. Lingkungan religiusitas yang diciptakan di sekolah juga sangat mempengaruhi anak bersikap nantinya. Dengan religiusitas lingkungan yang diciptakan baik di sekolah semestinya akan menjadikan siswa-siswi menjadi baik pula.  Tetapi kenyataannya ada beberapa siswa-siswi yang tidak sesuai dengan out put yang diharapkan. Melihat permasalahan tersebut penulis melakukan penelitian lebih lanjut. Penulis menguji  seberapa besar pengaruh religiusitas lingkungan sekolah terhadap pembentukan konsep diri siswa-siswi di MAN Pakem Sleman. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dan merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan  teknik pengambilan sampling dengan cara stratified sampling (sampling berstrata) dikarenakan  terdapat kelompok-kelompok subjek yaitu kelas 1,2,3 misalnya kelas 1 terbagi menjadi 6 kelas, kelas 2 terbagi menjadi  5 kelas dan kelas 3 terbagi menjadi 4 kelas. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah regresi linier sederhana dengan menggunakan bantuan komputer program SPSS 18 untuk menjawab rumusan  masalah yang diajukan peneliti. Adapun uji prasyarat analisis data menggunakan uji normalitas dan linieritas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh religiusitas lingkungan sekolah terhadap konsep diri siswa-siswi di MAN Pakem Sleman sebesar 9,6%.

Kata kunci: Religiusitas dan Konsep Diri

 

Downloads

Issue

Section

Articles
Loading...