PENGEMBANGAN KURIKULUM BERBASIS KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA (KKNI) PADA FAKULTAS DAKWAH DAN KOMUNIKASI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-08Abstract
Abstrak
Semua PTAI termasuk Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga mesti segera bertindak dengan menyiapkan hal-hal yang terkait dengan pengembangan kurikulum berbasis kompetensi dengan mengacu pada KKNI.Tujuan utama dari penelitian ini adalah menemukan langkah strategis pengembangan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu pada KKNI pada kurikulum lima prodi Fakultas Dakwah dan Komunikasi setelah dilakukan review. Penelitian ini dilaksanakan di Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta. Data dikumpulkan dengan dua cara yakni dokumentasi dan Fokus Goup Discussion (FGD). Data yang terkumpul dari dokumentasi dan FGD dipadukan lalu dikonsultasikan dengan pedoman dan juklak penerapan kurikulum berbasis KKNI, yang menghasilkan klasifikasi apa saja yang sudah sesuai dan apa saja yang belum sesuai. Hal-hal yang belum sesuai dengan acuan KKNI selanjutnya direkomendasikan untuk disempurnakan hingga memadai sesuai yang dikehendaki KKNI.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) visi, misi dan tujuan, belum menunjukkan spesifikasi keunggulan prodi dibanding prodi lain yang sejenis, dan belum mencerminkan keterukurannya, (2) pemaparan profil lulusan juga belum terukur sebagaimana dikehendaki KKNI, (3) Learning outcomes yang mencakup University Learning Outcome (ULO) dan Program Study Learning Outcome (PLO) juga masih mengandung kerancuan, (4) kurikulum belum mencerminkan level capaian yang dikehendaki KKNI (5) kurikulum yang ada dalam memaparkan capaian kualifikasi pembelajaran juga belum mencakup empat aspek sebagaimana yang dikehendaki KKNI, (6) kurikulum juga belum memaparkan deskripsi umum dan deskripsi spesifik yang harus dicapai pada jenjang pendidikan Strata Satu (S1), (7) core volue keilmuan yang dikembangkan UIN Sunan Kalijaga yakni integratif-interkonektif, juga belum tertuang secara jelas dalam kurikulum, terutama kaitannya dengan level KKNI.
Kata kunci: kurikulum, KKNI
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.