PENGARUH STATUS ORANGTUA DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

PENGARUH STATUS ORANGTUA DAN LINGKUNGAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 DEPOK SLEMAN

Authors

  • Unggul Pradana Kusuma Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-04

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif dan signifikan antara status orang tua dan lingkungan terhadap prestasi belajar siswa. Alat statistik yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa status orang tua dan persepsi siswa terhadap lingkungan, berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar. Persepsi siswa tentang lingkungan memiliki pengaruh lebih besar bila dibandingkan dengan pengaruh status siswa orang tua. Bagi siswa yang berprestasi tinggi, karena siswa akan menyeimbangkan kondisi ekonomi orang tuanya masing-masing dan lebih mampu menerapkan pengetahuan yang didapat dari gurunya.


Kata kunci: Status Orang Tua, Lingkungan, Prestasi Belajar.

Downloads

Published

2018-02-03

Issue

Section

Articles
Loading...