OUTBOUND SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX TAHUN AJARAN 2014/2015 SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-01Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah melihat kondisi psikologis siswa dalam belajar dengan kebutuhan yang berbeda-beda. Setiap lembaga pendidikan mempunyai metode atau cara yang berbeda-beda juga dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan karena salah satu lembaga pendidikan yaitu SMP Muhammadiyah 3 Depok menggunakan permainan outbound sebagai upaya untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Melalui kegiatan outbound yang dilakukan di alam terbuka fasilitator outbound dan guru pendamping memberikan dorongan motivasi terhadap siswa untuk lebih giat dalam belajar. Sehingga pemberian motivasi yang dilakukan lebih menarik dan mudah diterima oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang metode, tujuan dan manfaat outbond yang digunakan sebagai upaya meningkatkan motivasi belajar siswa kelas IX tahun ajaran 2014/2015 SMP Muhammadiyah 3 Depok. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek dari penelitian ini adalah 8 siswa kelas IX tahun ajaran 2014/2015 SMP Muhammadiyah 3 Depok, 1 Guru BK SMP Muhammadiyah 3 Depok, 1 Guru wali kelas IX SMP Muhammadiyah 3 Depok dan 1 Fasilitator Outbound. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode outbound yang digunakan berbentuk permainan kelompok, petualangan individu dan pemberian pesan. Tujuan outbound adalah: ice breaker (memecah kebekuan), membangun kerja sama kelompok, membantu siswa untuk lebih bersemangat, membantu siswa untuk mampu memperbaiki teknik pengembangan diri, dan membantu siswa mampu berfikir tentang cara menyelesaikan masalah dengan baik. Manfaat outbound yang dirasakan siswa: mampu melahirkan semangat kompetisi yang sehat dan membangun rasa percaya diri yang kuat.
Kata kunci: Outbound, Motivasi Belajar.
References
A.M, Sardiman. (2010). Interaksi & Motivasi Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Ancok, Djamaluddin. (2003). Outbond Management Training. Yogyakarta: UII Press.
B. Hurlock, Elizabeth. (2010). PsikologiPerkembangan. Jakarta: Erlangga.
B. Uno, Hamzah. (2007). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Budiyati, Siti. (2009). Upaya meningkatkan motivasi belajar PAI dengan permainan ular tangga pada siswa kelas IV SDLB C Negeri 1 Yogyakarta tahun 2008/2009, Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Departemen pendidikan dan kebudayaan. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Dimyati dan Mudjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Esti Wuryani Djiwandono, Sri. (2006). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ezmir. (2012). Analisis Data: Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: Rajawali Press.
J. Moleong, Lexy. (2005). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchlisin Asti, Badiatul. (2009). Fun Outbond. Yogyakarta: DIVA PRESS.
Nazir. (2011). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.
Nur Chayatie, Afifah. (2010). 112 Game Untuk Training &Outbond. Jakarta. Ar-Ruzz Media Group.
Poerwardarminta , W.J.S. (1984). Kamus Umum Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.
Rahayu, Sriwi. (2010). Pengaruh Outbond dan Minat Belajar Terhadap Ketrampilan Berbicara Siswa, tesis tidak diterbitkan. Surakarta: Universitas Sebelas Maret.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibin. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Winkel, W.S. (2013). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.