PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SMP N 15 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-02Abstract
Motivasi belajar adalah sesuatu penggerak atau dorongan untuk mencapai tujuan belajar yang sedang direncanakan, baik itu secara intrinsik maupun ekstrinsik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara guru BK dalam memberikan motivasi belajar terhadap siswa SMP N 15 Yogyakarta. Metode penelitian dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah diperoleh data dari lapangan, kemudian dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajiaan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru BK untuk memotivasi belajar siswa dengan memberikan pemahaman arti penting belajar dan tugas kepada siswa, meningkatkan atribusi yang dimiliki oleh siswa, mengembangkan tujuan belajar dan efikasi diri, memberikan informasi cara belajar yang efektif terhadap seluruh siswa, yaitu cara menghafal, membaca dan mencatat, membantu siswa mengorganisasi materi pelajaran dan cara menghadapi ujian dengan memberikan tips, cara meningkatkan kesadaran metakognitif & cara menyusun jadwal belajar.
Kata Kunci: Guru BK, Motivasi Belajar Siswa
References
A. Black, James & Dean J. Champion. (2009). Methodes And Issues In Social Research. Terj. E. Koswara, Dira Salam dan Alfin Ruzhendri. Bandung: Rafika Adiatama.
A.M, Sardiman. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta:PT Raja Grafindo Persada.
Furchan, Arif. (2005). Pengantar Penelitian dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hasbullah. (2005). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Juntika, Ahmad. (2006). Bimbingan dan Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT. Ravika Aditama.
Lumongga Lubis, Lamora. (2011). Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prenada Media Group.
Ramayulis dan Mulyadi. (2016). Bimbingan dan Konseling Islam, Jakarta: Kalam Mulia.
S. Winkel, W. (2006). Bimbingan dan Konseling Di Instituti Pendidikan, Yogyakarta:Media Abadi.
Slameto. (1988). Bimbingan di Sekolah. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Fakror yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta.
Syah, Muhibin. (1999). Psikologis Belajar, Jakarta: PT Logos Wacana Ilmu.
Tohirin, Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan di Madrasah. Jakarta: PT Raja Grapindo Persada.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta:PT. Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.