AKTIVITAS EKSTRAKURIKULER DAN PRESTASI BELAJAR DALAM SELF-MANAGEMENT SISWA DI SMA NEGERI 3 YOGYAKARTA
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.151-03Abstract
Aktifitas ekstrakurikuler seharusnya tidak membuat prestasi peserta didik menjadi turun.Yang menjadi kesenjangan adalah banyaknya kegiatan ekstrakurikuler yang ditawarkan oleh pihak sekolah membuat peserta didik ingin mengikutinya dan tanpa peserta didik sadari waktu dalam berkegiatan ekstrakurikuler berbenturan dengan kegiatan kurikulum yang ada di sekolah. Sehingga dibutuhkan self-manajement yang baik bagi peserta didik.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan dengan model kualitatif, metode pengumpulan data berupa observasi dan wawancara dengan Guru BK. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan data dan mereduksinya menjadi sebuah kesimpulan. Dalam penelitian ini yang menjadi subjek adalah Guru BK yang merupakan sumber keseluruhan informasi yang dapat memeberikan data mengenai self-manajement sebagai upaya guru BK dalam memberikan motivasi belajar peserta didik untuk mencapai tujuan belajar yang diharapkan. Hasil dari penelitian ini adalah bimbingan konseling belajar yang diberikan berupa: mengembangkan rasa ingin tahu dan mengembangakan ilmu pengetahuan, pemantapan sikap dan kebiasaan belajar secara efektif dan efisien, pemanfaatan kondisi fisik, sosial, dan budaya bagi pengembangan pengetahuan, dan orientasi jenjang pendidikan yang lebih tinggi.
Kata Kunci: Aktifitas Ekstrakurikuler, Prestasi Belajar, Self Manajement.
References
Abdullah Gymnastar, Aa Gym dan Fenomena Daarut Tauhid Memperbaiki Diri Lewat Manajemen Qalbu, Bandung: 2006.
Abu Ahmadi dan Ahmad Rohani HM, Bimbingan dan Konseling di Sekolah, Jakarta: PT Rineka Cipta, 1991.
Akram Ridha, Menjadi Pribadi Sukses (Penj Tarmana Qasim), Bandung: Syahmil Cipta Media, 2006.
Didin Kurniadin & Imam Machali, Manajemen Pendidikan: Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan, Yogyakarta: Ar Ruzz, Media, 2012.
Djumhur & Moh Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah, Bandung, CV. Bina Ilmu, 1975.
Tohirin, Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007.
Totok Djuroto, Manajemen, (Press), 2007.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.