EFEKTIFITAS TEKNIK BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL ANAK KOTA SAMARINDA (STUDI KASUS MELALUI PENDEKATAN KONSELING ANAK)
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2018.152-04Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui efektifitas teknik bermain peran (role play) untuk meningkatkan keterampilan sosial anak di Kota Samarinda. Desain penelitian ini ialah pre-eksperimen dengan pendekatan one-shot case study. Penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi sebagai alat pengumpulan data dengan analisis data menggunakan triangulasi yang dilakukan di Kota Samarinda. Adapun hasil penelitian menunjukkan: (1) tingkat keterampilan sosial anak di setiap kecamatan berbeda-beda, namun data menunjukkan ada sekitar dua hingga tiga orang yang mengalami kurangnya keterampilan sosial di setiap kelas; (2) pelaksanaan kegiatan bermain peran dilaksanakan pada sekolah yang memiliki kurikulum dengan pendekatan sentra pada proses belajar. Pada sekolah dengan pendekatan kelompok, kegiatan bermain peran yang dilakukan tidak menggunakan skenario pada pelaksanaannya; dan (3) kegiatan bermain peran untuk meningkatkan keterampilan sosial anak dilakukan selama lima kali dengan berbagai persiapan. Anak yang belum terbiasa melakukan permain peran dengan skenario merasa canggung pada awalnya namun pada pertemuan-pertemuan selanjutnya materi yang disampaikan dengan teknik bermain peran dapat diinternalisasikan anak pada kehidupan sehari-hari. Perlakuan bermain peran dilakukan tidak setiap hari, hal ini dilakukan untuk melihat keefektifitasan kegiatan yang dilakukan. Pada akhir pertemuan, anak yang mengikuti kegiatan bermain peran mengalami berbagai perubahan pada aspek keterampilan sosial.
Kata Kunci: Role Play, Keterampilan Sosial, Anak Usia Dini
References
Achenbach dan Edelbrock, dalam Huaqing Qi dan Kaiser., Behavior Problems of Families: Review of the Literature, dalam http://www.findarticles.com diakses 02 Oktober 2017.
Campbell SB, Shaw DS, Gilliom M. “Early externalizing behavior problems: Toddlers and preschoolers at risk for later maladjustment”, dalam Jurnal Development and Psychopathology, 2000.
Corsini, dalam Tatiek Romlah. Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Universitas Negeri Malang. 2001.
Erikson, EH. Childhood and Society. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2010.
Geldard, K., & Geldard, D. Konseling Anak-anak: Sebuah Pengantar Praktis. Jakarta: PT. Indeks, 2012.
Geldard, K., & Geldard, D. Menangani Anak dalam Kelompok: Panduan untuk Konselor, Guru dan Pekerja Sosial. Yogyakarta: PT. Pustaka Pelajar, 2013.
Hamalik dalam Sulung Lahitani, “Bermain Peran (Role Play)”, diakses di repository.unpas.ac.id/5550/ pada tanggal 02 Oktober 2017.
Hesti dkk, dalam Aina Mulyana. Metode Pembelajaran Bermain Peran, diakses di http://ainamulyana.blogspot.com/2012/02/metode-pembelajaran-bermain-peran.html pada tanggal 02 Oktober 2017.
Lawhon dan Lawhon. “Promoting Social Skills in Young Children”, dalam Early Childhood Education Journal, Volume 28, Issue 2, 2000.
Mussen et al dalam Lismayanti Devi, “Peningkatan Keterampilan Sosial Anak TK Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif”, Skripsi FIP UPI tahun 2008.
Oktaviani dalam psychologymania. “Pengertian Bermain Peran (Role Play) diakses di http://www.psychologymania.com/2012/06/pengertian-bermain-peran-role-play.html pada tanggal 02 Oktober 2017.
Rita Eka Izzati, “Peran Aktivitas Pengasuhan pada Pembentukan Perilaku Anak sejak Usia Dini ; Kajian Psikologis berdasarkan Teori Sistem Ekologis”, dalam http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/lain-lain/dr-rita-eka-izzaty-spsi-msi/MAKALAH%20PAUD.pdf diakses 02 Oktober 2017.
Ross, dalam _____, Keterampilan Sosial pada Anak, diakses di http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/presentasi%20workshop.pdf pada tanggal 03 Oktober 2017.
Shaffel dan Shaffel, dalam Herman J. Waluyo, “Strategi Pembelajaran Drama” diakses di https://pgsdums4fpengalaman.wordpress.com/2012/06/21/strategi-pembelajaran-drama/ pada tanggal 02 Oktober 2017.
Undang-undang SISDIKNAS No. 20 Tahun 2003.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.