URGENSI PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF HADIST DAN PSIKOLOGI PERKEMBANGAN
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-01Abstract
Rendahnya kesadaran orangtua terhadap pentingnya pendidikan keluarga berakibat kepada banyak hal diantaranya; menghambat kelangsungan perkembangan anak sehingga menjauh dari cita-cita masa depan yang ideal, mis-persepsi sehinga terjadi penyerahan tanggung jawab pendidikan (dari orangtua) kepada pihak guru sekolah, para orangtua semakin berjarak dengan pengetahuan dan informasi terkait kewajiban dan tata cara mendidikan anak. Melihat fenomena tersebut menjadi perlu melakukan sosialisasi-sosialisasi tentang pentingnya kesadaran, pemahaman tanggung jawab pendidikan, serta pengetahuan metode pola asuh berbasis fase perkembangan anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-literatur, dengan mengumpulkan data-data dan informasi terkait pentingnya pendidikan keluarga, kewajiban pendidikan orangtua, serta metode pendidikan anak. Hasil penelitian ini menjelaskan tentang urgensitas pendidikan keluarga berkaitan dengan stabilitas perkembangan anak, pemberian pemahaman terkait kebutuhan-kebutuhan anak yang harus dipenuhi oleh orang tua, termasuk di dalamnya kebutuhan pendidikan, keteladanan, keamanan (fisik/psikologis), serta gambaran tentang pendidikan berwawasan fase perkembangan anak sehingga model pendidikan yang diberikan mampu disesuaikan dengan tingkat kemampuan, kebutuhan, dan sesuai fase perkembangan anak.
Kata Kunci: Urgensi Pendidikan, Kesadaran orangtua, dan Layanan Pendidikan.References
Arifin, H.M. 1977. Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama DI Lingkungan Sekolah Dan Keluarga. Jakarta: Bulan Bintang.
Baihaqi. Tanpa tahun. Sunanul Kubra, Hadist No. 2319, Tirmidzi hadist No. 1952, dan Musnad Ahmad Juz 4.
Chadidjah, Chasiyah, dkk. 2009. Perkembangan Peserta Didik. Surakarta: UNS Press.
Diana E. Papalia, dkk. 2008. Human Development. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Eva Harianti dan Nina Siti, Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Kekerasan Orang Tua Terhadap Anaknya. Jurnal Pendidikan Anak, Vol 2, No 1, 2014.
Fatimah, Enung. 2006. Psikologi Perkembangan: Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Pustaka Setia.
Helmawati. 2014. Pendidikan Keluarga (Teori dan Praktis). Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Heri Gunawan. 2014. Pendidikan Islam (Kajian Teoritis dan Pemikiran Tokoh). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Islamweb.net. tanpa tahun. Jawami’ul Kalim, Hadist Shahih Bukhari, (1386)-(1302).
James Gordon dan Clapp. 1996. The Encyclopedia of Philosophy. New York: Simon and Schuster and Prencite Hall International.
Miftahul Huda dan Muhammad Idris. 2008. Nalar Pendidikan Anak. Jogjakarta: ArRuzz Media.
Muhammad Muhyidin Abd. Hamid. 1992. Sunan Abu Dawud. Semarang: CV. Asy-Syifa.
Muhammad Nur Abdul Hafidz Suwaid. 2009. Prophetic Parenting Cara nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro-U Media.
Novan Ardi Wiyani. 2014. Mengelola Dan Mengembangkan Kecerdasan Sosial Dan Emosi Anak Usia Dini. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Rahman, Jamal Abdur. 2005. Tahapan Mendidik Anak Teladan Rasulullah. Bandung: Irsyad Baitus Salam.
Ratna Yudhawati, and Dany Haryanto. 2011. Teori-Teori Dasar Psikologi Pendidikan. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Santrock. 2002. Perkembangan Anak Jilid 1. Jakarta: PT Erlangga.
Schneider. 1964. Personal Adjustment and Mental Health. New York: Winston.
Slameto. 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarwan Danim dan Khairil. 2014. Psikologi Pendidikan (Dalam Perspektif Baru), Bandung: Alfabeta.
Sukaimi, Syafiah. Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Kepribadian Anak: Tinjauan Psikologi Perkembangan Islam. Jurnal Marwah, Vol. XII, No 01, 2013.
Suwarno, Pengatar Umum Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 1992.
Syaikh Jaman Abdurrahman. 2013. Islamic Parenting (pendidikan anak metode Nabi). Solo: Aqwam.
Taubah, Mufatihatut, Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol 3, No 01. 2015
Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.