PENGEMBANGAN APLIKASI ANALISIS PEMINATAN DALAM PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK SEKOLAH LANJUTAN
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-04Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini mengenai pengembangan website “Sistem Informasi Peminatan” (SIP) yang memberikan fasilitas kepada pengguna dalam mempermudah pengolahan data informasi peminatan peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan aspek peminatan dalam informasi sekolah lanjutan dengan fasilitas pengolahan data secara otomatis sehingga menjadi rekomendasi peminatan bagi peserta didik. Pengembangan Website ini dilakukan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research & Development) melalui tahapan studi persiapan (data pustaka), analisis peminatan peserta didik kelas IX di SMP, studi kebutuhan kebutuhan Guru BK di Sekolah Menengah Pertama, pengembangan desain, pengembangan web, uji ahli dibidang web dan uji ahli dibidang materi/konten, uji user dan revisi.
Produk penelitian ini beruba web dengan nama SIP (Sistem Informasi Peminatan). Menu utamanya adalah rekomendasi peminatan bagi peserta didik. Produk akhir Aplikasi Sistem Peminatan telah dievaluasi oleh ahli media, ahli konten, dan ahli user. Berdasarkan hasil uji ahli dibidang web, diperoleh skor penilaian sebesar 88% dengan kategori sangat layak, pada hasil uji ahli dibidang materi/konten menunjukan skor penilaian sebesar 83% dengan kategori sangat layak, dan pada uji user dan revisi menunjukan perolehan skor penilaian sebesar 88% dengan kategori sangat layak.
Sistem Informasi Peminatan sangat layak digunakan oleh Guru BK se Indonesia dalam merekomendasikan peminatan sekolah lanjutan. Sistem Informasi Peminatan memiliki buku pengenalan dan petunjuk penggunaan website. Saran SIP dari penelitian ini adalah wujud kerja sama antara guru bidang studi, wali kelas, orang tua siswa, psikolog dan Guru BK dalam menganalisis peminatan dalam program Bimbingan dan Konseling untuk sekolah lanjutan
Kata Kunci : Bimbingan dan Konseling, Peminatan, Fasilitas, Rekomendasi, Sekolah, Lanjutan.
References
ABKIN (2007) Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Dalam Jalur Pendidikan Formal: Standar Kompetensi Kemandirian Peserta didik. Jakarta: Dirjen Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional.
Andori & Zainuddin (2014) Mengenal Peminatan untuk SMP/MTs. Yogyakarta: Pramintra.
ASCA (2004) National Standards for Studens School. Alexandria, VA: Author.
Bardiack. Angela D. Dkk (2004) Junior High Career Planning: What Students Want. Canadian Journal of Counseling/Revue Canadienne de Counseling/2004.vol.38:2
Borg R Walter & Gall D. Meredith (2003) Educational Research. Longman: New York
Corsini. R. J. (1981) Handbook of Innovative Psychotherapies.
Edited by Irving B. Weiner: The wiley Series on Personality Processes
Dewa Ketut Sukardi (1985) Bimbingan dan Konseling, Jakarta. Bumi Aksara.
Friska Yusmila Dewi (2014) Survey Tentang Hambatan –Hambatan Selama Proses Peminatan (Dalam Konteks BK) Berdasarkan Kurikulum 2013 bagi siswa di SMA Negeri se-Kota Surabaya. Journal BK Unesa Volume 04 No 03 tahun 2014, 1-10
Gysbers. N. C. dan Henderson. P (2006) Developing & Managing Your School Guidance and Counseling Program. Educational Counseling. United Stated. American Counseling Assocation.
Kemendikbud (2013) Pedoman Penelusuran Minat Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama. Direktorat Jendral Pendidikan Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Pertama.
Kemendikbud (2014) Model Penyelenggaraan Peminatan di SMA. Direktorat Jenderal Pendidikan Menegah. Direktorat Pembinaan Sekolah Menegah Atas.
Nanda Setya Permadi (2014) The Development Academic Interest Recommendation Software for Students of Junior High School. Journal BKFIP Universitas Negeri Surabaya
Robinson. Ken (2009) The Element How Finding Your Passion Changes Everything. Viking Penguin USA. Inc
Sharf. Richard S. (1992) Applying Career Development Theory ti Counseling. California: Brooks/Cole Publishing Company
Sugiyono (2015) Cara Mudah Menyusun Skripsi, Tesis, dan Disertasi. Bandung: Alfabeta
Soetarlinah Sukadji (2000) Psikologi Pendidikan dan Psikologi Sekolah. LPsP3: Depok UI.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.