MODEL INTERVENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PERKULIAHAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.172-03Abstract
Setiap manusia mengalami perkembangan dalam hidupnya. Erikson dalam teori psikoanalisa menyatakan adanya 8 tahapan pekembangan psikologis yang dialami oleh seseorang. Menarik untuk mengkaji lebih jauh tahapan perkembangan yang penuh dengan krisis. Tahapan tersebut biasanya dialami oleh manusia dalam fase remaja menju dewasa. Fase ini biasanya dialami oleh para mahasiswa tahun pertama. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan kajian mengenai tahapan krisis yang dialami oleh mereka dalam merespon berbagai macam aktivitas perkuliahan selama di UIN Sunan Kalijaga. Dengan menggunakan pendekatan mix method, peneliti menemukan beberapa problematika yang dihadapi oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam merespon tuntutan perkuliahan. Problematika seputar perkuliahan tersebut dapat diatasi salah satunya melalui bimbingan dan konseling. Setidaknya terdapat 4 strategi bimbingan dan konseling untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sebagai masukan kebijakan kepada para pihak yang berwenang dalam urusan akademik.
Kata Kunci: Psikoanalisa, Problematika Perkuliahan, Bimbingan dan Konseling
References
“Human Development Reports.” http://hdr.undp.org/countries/profiles/IDN (May 19, 2020).
Fadillah, Amalia Erit Rina. “STRES DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MULAWARMAN YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI.” Universitas Mulawarman. https://core.ac.uk/download/pdf/154763598.pdf#page=46.
Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.
“Indeks Pembangunan Manusia negara-negara di ASEAN, 2015.” 2017. https://lokadata.beritagar.id/. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/indeks-pembangunan-manusia-negara-negara-di-asean-2015-1503285296 (May 19, 2020).
“PBAK UIN Sunan Kalijaga 2018.” https://uin-suka.ac.id/id/berita/detail/409/mahasiswa-baru-uin-sunan-kalijaga-ikuti-pbak (May 19, 2020).
Santrock, John. Adolescence. Jakarta: Erlangga.
Singarimbun, Masri, and Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.
Sunaryo, Sunaryo. Psikologi. EGC.
Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Kencana.
Triningtyas, Diana Ariswanti. 2016. BIMBINGAN KONSELING PRIBADI SOSIAL. Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika.
“UU Sisdiknas.” http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/591.pdf (May 19, 2020).
Veronica, Valentini, and Muhammad Nisfiannoor. 2 Identity Achievment Dengan Intimacy Pada Remaja SMA. 2006th ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Zamzam, Firdaus dan Fakhry. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Deepublish.

Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.