MODEL INTERVENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PERKULIAHAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

MODEL INTERVENSI BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGATASI PROBLEMATIKA PERKULIAHAN MAHASISWA UIN SUNAN KALIJAGA

Authors

  • Arin Mamlakah Kalamika UIN Sunan Kalijaga

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.172-03

Abstract

Setiap manusia mengalami perkembangan dalam hidupnya. Erikson dalam teori psikoanalisa menyatakan adanya 8 tahapan pekembangan psikologis yang dialami oleh seseorang. Menarik untuk mengkaji lebih jauh tahapan perkembangan yang penuh dengan krisis. Tahapan tersebut biasanya dialami oleh manusia dalam fase remaja menju dewasa. Fase ini biasanya dialami oleh para mahasiswa tahun pertama. Oleh karena itu, peneliti mencoba melakukan kajian mengenai tahapan krisis yang dialami oleh mereka dalam merespon berbagai macam aktivitas perkuliahan selama di UIN Sunan Kalijaga. Dengan menggunakan pendekatan mix method, peneliti menemukan beberapa problematika yang dihadapi oleh mahasiswa UIN Sunan Kalijaga dalam merespon tuntutan perkuliahan. Problematika  seputar perkuliahan tersebut dapat diatasi salah satunya melalui bimbingan dan konseling. Setidaknya terdapat 4 strategi bimbingan dan konseling untuk mahasiswa UIN Sunan Kalijaga sebagai masukan kebijakan kepada para pihak yang berwenang dalam urusan akademik.

Kata Kunci: Psikoanalisa, Problematika Perkuliahan, Bimbingan dan Konseling

References

“Human Development Reports.” http://hdr.undp.org/countries/profiles/IDN (May 19, 2020).

Fadillah, Amalia Erit Rina. “STRES DAN MOTIVASI BELAJAR PADA MAHASISWA PSIKOLOGI UNIVERSITAS MULAWARMAN YANG SEDANG MENYUSUN SKRIPSI.” Universitas Mulawarman. https://core.ac.uk/download/pdf/154763598.pdf#page=46.

Hurlock, Elizabeth. 1980. Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

“Indeks Pembangunan Manusia negara-negara di ASEAN, 2015.” 2017. https://lokadata.beritagar.id/. https://lokadata.beritagar.id/chart/preview/indeks-pembangunan-manusia-negara-negara-di-asean-2015-1503285296 (May 19, 2020).

“PBAK UIN Sunan Kalijaga 2018.” https://uin-suka.ac.id/id/berita/detail/409/mahasiswa-baru-uin-sunan-kalijaga-ikuti-pbak (May 19, 2020).

Santrock, John. Adolescence. Jakarta: Erlangga.

Singarimbun, Masri, and Sofian Effendi. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sunaryo, Sunaryo. Psikologi. EGC.

Susanto, Ahmad. 2018. Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Kencana.

Triningtyas, Diana Ariswanti. 2016. BIMBINGAN KONSELING PRIBADI SOSIAL. Jawa Timur: Cv. Ae Media Grafika.

“UU Sisdiknas.” http://www.dpr.go.id/dokjdih/document/uu/591.pdf (May 19, 2020).

Veronica, Valentini, and Muhammad Nisfiannoor. 2 Identity Achievment Dengan Intimacy Pada Remaja SMA. 2006th ed. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Zamzam, Firdaus dan Fakhry. 2018. Aplikasi Metodologi Penelitian. Deepublish.

Downloads

Published

2021-10-02

Issue

Section

Articles
Loading...