IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAAN DALAM MEMBANGUN KARAKTER PESERTA DIDIK
DOI:
https://doi.org/10.14421/hisbah.2020.172-07Abstract
Pembentukan karakter merupakan hal substansial yang paling utama di bangun pada diri seseorang. Karakter yang baik akan memberi dampak yang baik pula bagi kehidupan bermasyarakat dan bernegara. Ilmu pengetahuan pula harus dikuatkan dan ditunjukkan dengan karakter yang tercermin dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih peserta didik di kalangan remaja yang masih labil dan cenderung berambisi dalam melakukan kegiatan apapun. Maka kepribadian remaja inilah yang seharusnya diarahkan dan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Dengan demikian bakat dan minat remaja dapat disalurkan dengan baik. Sekarang ini banyak sekali kenakalan remaja yang terjadi dimasyarakat seperti pergaulan bebas, pemakaian narkoba, perkelahian antar remaja dan lain-laian. Hal tersebut bisa saja terjadi karena kurangnya arahan bimbingan dan kotrol terhadap perkembangan karakter peserta didik. Dengan demikian maka dibutuhkan peran serta masyarakat secara menyeluruh. Begitu pula dengan lembaga pendidikan formal yang diharapkan menjadi agen dalam membentuk dan membina karakter peserta didik. Karena peserta didik banyak menghabiskan waktu di sekolah maka sekolah sebaiknya menjadi lembaga yang siap menempa dan mebina karakter peserta didik melalui kegiatan-kegiatan positif. Salah satu kegiatan positif tersebut adalah dengan adanya kegiatan keagamaan. Kegiatan keagamaan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat, karena dengan menanamkan prinsip dan nilai-nilai keagamaan peserta didik menjadi lebih terarah dan dapat membedakan yang baik dan yang buruk. Dengan demikian peneliti merasa tertarik untuk meneliti tentang peran kegiatan keagamaan dalam membangun karakter peserta didik di Madrasah Aliyah Negeri Karo.
Abstract viewed: 347 times
|
PDF downloaded = 298 times
Author Statement Hisbah downloaded = 0 times
References
Abdul Majid dan Dian Andayani, 2012. Pendidikan Karakter: Persepektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Abdurrahim Hasan,dkk, 2010. Strategi Pembelajaran Al Qur’an Metode Tilawati. Surabaya: Pesantren Al Qur’an Nurul Falah,.
Agus Zainul Fitri. 2013.. Pendidikan Karakter berbasis Nilai&Etika Di Sekolah, Yogyakarta: Ar-ruz Media.
Doni Koesoema A. 2010.. Pendidikan Karakter : Strategi Mendidik Anak di Zaman Global .Jakarta: Gramedia.
Harun Nasution. 1973.Filsafat dan Mistisme dalam Islam .Jakarta: Bulan Bintang.
Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Maskuri. , 2018. Pendidikan Karakter Disiplin. dalam jurnal Tawadhu’ , Vol. 2, 350. no.1,
Moh. Rifa’i. 2013. Risalah: Tuntunan Shalat Lengkap .Semarang: PT Karya Toha Putra,
Muhammad Sholikhin. 2012..Di Balik 7 Hari Besar Islam: Sejarah, Makna, dan Amaliah Idul Fitri, Idul Adha, Maulid Nabi, Nuzulul Qur’an, Isra’ Mi’raj, 1 Muharram, dan Lailatur Qadar, Yogjakarta:Garudhawanaca,
Muhammad Yaumi, Pilar-Pilar Pendidikan Karakter (Makassar: Alauddin university press, 2012), 50
Tim Penyusun, Kamus Bahasa Indonesia . Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.
Zaenal Arifin, Moralitas Al-Qur’an dan Tantangan Modernitas. Yogyakarta,: Gama Media, 2002
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.









