PERAN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMPIT LHI BANGUNTPAN

PERAN LAYANAN KHUSUS BIMBINGAN KONSELING PADA MASA PEMBELAJARAN JARAK JAUH DI SMPIT LHI BANGUNTPAN

Authors

  • Fourzia Yunisa Dewi Universitas Ahmad Dahlan
  • Fitri Nur Mahmudah Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.14421/hisbah.2021.182-04

Abstract

Abstract

The COVID-19 pandemic has caused school closures in almost all parts of Indonesia and schools carry out distance learning activities or PJJ. From the PJJ process, it was found that the obstacles faced were students, teachers and parents. The role of counseling guidance during the pandemic is needed to assist teachers, students and parents in maintaining their wellbeing during the PJJ process. The aim of this research is to explore the role of special counseling guidance services during the distance learning at SMPIT LHI. This research is a case study conducted at SMPIT LHI with data collection using interviews and documentation. Interviews were conducted with BK teachers and the deputy head of student affairs. The researcher used field data analysis techniques with Miles and Huberman models. The validity of the data used triangulation of techniques and sources. The conclusion of the study is that SMPIT LHI provides counseling services to students, teachers, and parents both bravely with various platforms as well as face-to-face and home visits.

 

Keywords: distance learning, wellbeing, counseling services.

 

Abstrak

Pandemi covid 19 menyebabkan penutupan sekolah hampir di seluruh wilayah Indonesia dan sekolah melaksanakan aktivitas pembelajaran secara jarak jauh (PJJ). Dari proses PJJ ditemukan kendala yang dihadapi baik itu siswa, guru maupun orang tua. Peran bimbingan konseling di masa pandemi dibutuhkan untuk membantu guru, siswa dan orang tua dalam menjaga kesejahteraan (wellbeing) mereka selama proses PJJ berlangsung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi bagaimana peran BK dalam pelayanan konseling selama PJJ di SMPIT LHI. Penelitian ini merupakan penelitian study kasus yang dilakukan di SMPIT LHI dengan pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada guru BK dan wakil kepala bidang kesiswaan. Analisa data menggunakan teknik analisis data lapangan dengan model Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Kesimpulan penelitian bahwa SMPIT LHI melakukan layanan konseling kepada siswa, guru, maupun orang tua baik secara daring dengan berbagai platform maupun secara tatap muka dan home visit.

 

Kata Kunci: pembelajaran jarak jauh (PJJ), wellbeing, layanan BK.

Author Biographies

Fourzia Yunisa Dewi, Universitas Ahmad Dahlan

Manajemen Pendidikan

Fitri Nur Mahmudah, Universitas Ahmad Dahlan

Manajemen Pendidikan

References

Abidin, Z., Hudaya, A., & Anjani, D. (2020). Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19. Research and Development Journal of Education, 1(1), 131. https://doi.org/10.30998/rdje.v1i1.7659

Aditia Rigianti, H. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasara di Kabupaten Banjarnegara. Henry Title. Elementary School 7, 7(1).

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10 (3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Ap, M. A. P., & Shofaria, N. (2020). Inovasi Layanan Bimbingan dan Konseling Pada Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Bikoteknik, 2.

Baxter, P., & Jack, S. (2015). Qualitative Case Study Methodology: Study Design and Implementation for Novice Researchers. The Qualitative Report, January. https://doi.org/10.46743/2160-3715/2008.1573

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-Qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan remaja pada masa pandemi Covid -19. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(1), 1. https://doi.org/10.29210/120202592

Konu, A., & Rimpelä, M. (2002). Well-being in schools: A conceptual model. Health Promotion International, 17(1), 79–87. https://doi.org/10.1093/heapro/17.1.79

Mengatasi, M., & Anak, M. (2009). Layanan Konsultasi Orang Tua Salah Satu Bidang Layanan Bimbingan Konseling Untuk membantu Mengatasi Masalah Anak. (Sebuah Refleksi Analitis). Jurnal Ilmiah Widya Warta, 33(1), 1-15–15.

Mulyati, S., & Kamaruddin, K. (2020). Peran Guru dalam Pelaksanaan Bimbingan Konseling. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(02). https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i02.241

Nindiati, D.S. (2020). Pengelolaan Pembelajaran Jarak Jauh yang Memandirikan Siswa dan Implikasinya pada Pelayanan Pendidikan. JOEAI: Journal of Education and Instruction, 3(1), 14–20.

Sari, K., & Suryahadikusumah, A. R. (2020). Identifikasi kendala guru BK kelompok millenials dalam menggunakan ICT di kota Palembang. TERAPUTIK Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 49–56. https://doi.org/10.26539/teraputik.41283

Shaban, R. (2009). Book review. In Australasian Emergency Nursing Journal (Vol. 12, Issue 2). https://doi.org/10.1016/j.aenj.2009.01.005

Sokal, L. J., Trudel, L. G. E., & Babb, J. C. (2020). Supporting Teachers in Times of Change: The Job Demands- Resources Model and Teacher Burnout During the COVID-19 Pandemic. International Journal of Contemporary Education, 3(2), 67. https://doi.org/10.11114/ijce.v3i2.4931

Sumakul, Y., & Ruata, S. C. N. (2020). Kesejahteraan Psikologis dalam masa Pandemi COVID-19. Journal of Psychology “Humanlight,” 1(1), 1–7.

Tasdik, R. N., & Amelia, R. (2021). Kendala Siswa SMK dalam Pembelajaran Daring Matematika di Situasi Pandemi COVID-19. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.536

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2020). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 772. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.705

Yaniasti, N. L., & Setiawan, G. D. (2021). “Cyber Counseling” Sebuah Konseling di Era Revolusi Industri 4.0 Bagi Siswa SMK Pariwisata Triatmajaya Singaraja. Ristekdik : Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1). https://doi.org/10.31604/ristekdik.2021.v6i1.47-57

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1 (1) https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.256

Downloads

Published

2022-01-14

Issue

Section

Articles
Loading...