KONSTRUKSI CITRA DIRI MUSLIM PADA MEDIA MASSA

Authors

  • M. Arifiani M. Arifiani

DOI:

https://doi.org/10.14421/jd.2010.11105

Abstract

Pemaknaan kehidupan dalam perjalanan hidup seseorang akan terus berlanjut karena kehidupan seseorang selalu dinamis dan tidak statis. Dalam keseharian kita selalu dihadapkan dengan berbagai macam tanda yang hadir dalam berbagai macam bentuk seperti gambar, simbol, maupun teks. Tanda-tanda tersebut tentu memiliki berbagai macam makna yang
berbeda-beda. Media memiliki kekuatan untuk mengkonstruksi realitas yang ada di sekitarnya. Konstruksi yang dibangun tentunya memiliki kekuatan dan kelemahan. Kontruksi yang dibangun tersebut tentu saja tidak terlepas dari sudut pandang bagaimana sebuah media memandang sebuah peristiwa atau berita yang kemudian diangkat dalam sebuah tulisan. Konstruksi yang dibangun oleh media bisa berupa berita politik, ekonomi, sosial, budaya maupun agama. Berita yang dibangun tersebut kemudian diturunkan dalam sebuah laporan baik berupa berita utama, editorial, tulisan khas ( feature ) maupun gambar-gambar yang diambil untuk menguatkan konstruksi yang dibangun tersebut.
Tarbawi sebagai sebuah majalah Islam yang baru, memiliki kekhasan tersendiri karena memilih isu atau wacana yang berbeda dibandingkan dengan majalah- majalah yang lain.
Tarbawi mengangkat permasalahan kehidupan dari sudut pandang yang berbeda, humanisme, kemanusiaan dengan perspektif Islam. Ini menjadikan Tarbawi khas dan menjadi inspirasi bagi orang-orang yang membacanya, terlebih lagi dengan jurnalisme nurani yang diusungnya.
Penelitian ini melihat bagaimana media membingkai dan mengkonstruksi sebuah realitas yang ada melalui teks yang ditampilkan majalah Tarbawi khususnya tentang bagaimana konstruksi citra diri muslim dalam majalah Tarbawi edisi 101-103.
Abstract viewed: 782 times | PDF downloaded = 649 times

Downloads

How to Cite

M. Arifiani, M. A. (2015). KONSTRUKSI CITRA DIRI MUSLIM PADA MEDIA MASSA. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 11(1), 89–104. https://doi.org/10.14421/jd.2010.11105

Issue

Section

Articles