Pengaruh Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Produk Pegadaian Syariah Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.14421/jies.2023.4.2.84-88Keywords:
Tingkat Pemahaman Masyarakat, Produk Pegadaian SyariahAbstract
Penelitian ini bermula dari rendahnya pemahaman masyarakat tentang Pegadaian Syariah, yang disebabkan oleh
mayoritas pengguna layanan keuangan Pegadaian berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.
Umumnya, mereka tidak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, sehingga pemahaman mereka mengenai
Pegadaian Syariah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak tingkat pemahaman
masyarakat terhadap produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Kota Makassar. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 822.750 orang dan menggunakan sampel slovin
sehingga diperoleh 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan berdasarkan perhitungan uji regresi linier
sederhana, Koefisien regresi Xsebesar 0,784memberikan arti bahwa Tingkat Pemahaman Masyarakat (X)
berpengaruh Positif terhadap Produk Pegadaian Syariah (Y). Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya
Tingkat Pemahaman Masyarakat, makaterjadi peningkatan pada Produk Pegadaian Syariah. Sebaliknya, jika
Tingkat Pemahaman Masyarakat menurun, makaterjadi penurunan pada Produk Pegadaian Syariah.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hipoteisis diterima dikarenakan Tingkat Pemahaman Masyarakat (X) dengan
Nilai thitung (12.608) > ttabel (1.984) serta nilai signifikannya (0,000) < (0,05) sehingga terbukti bahwa varibel
Tingkat Pemahaman Masyarakat berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Produk Pegadaian Syariah, maka
pada tingkat kekeliruan 5% dinyatakan untuk hipotesis diterima.
Downloads
References
Abdi, M. N., & Suarni, A. (2019). Tingkat Pemahaman Masyarakat Tentang Pasar Modal Syariah di Sulawesi Selatan. AKMEN Jurnal Ilmiah, 16(3), 414-423.
Hamdani, H., Lianti, L., & Dasari, F. (2020). Pengaruh Inflasi, Harga Emas Dan Jumlah Nasabah Terhadap Penyaluran Pembiayaan Ar-Rahn Pada Pt Pegadaian Syariah Unit Geudong. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1).
Ismanto, K. (2018). Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam.
Nugroho, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Kinerja Manajemen Keuangan Umk: Studi Pelaku Usaha Mikro Bidang Kuliner di Kota Surabaya. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 2(02), 1-15.
Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan ShariahGovernance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79-106.
Setiawan, N., dan Al Faqih, N. I. H. (2022). Pengaruh Tingkat Pemahaman Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Pembiayaan Di Pt. Bprs Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Kebumen. Maen: Jurnal ofManagement, Economics, andEntrepreneur 1(1) 55-76
Maghfirah, L., & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1).
Sukma, E., Mahjuddin, R., & Habibi, M. (2018). Literacy media models in improvingreadingskillofearlyclassstudents in elementaryschool. JournalofCounselingandEducational Technology, 1(2), 33.
Tulasmi, T., & Mukti, T. (2020). Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 239-245. Keuangan, O. J. (2017). Strategi nasional literasi keuangan Indonesia. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.
Tarantang, J., Astuti, M., Awwaliyah, A., dan Munawaroh, M. (2019). Regulasi dan implementasi pegadaian syariah di Indonesia. Yogyakarta: K-Medi
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Asrini, Muhammad Najib Kasim, Agusdiwana Suarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2. Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3. Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).