Pengaruh Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Produk Pegadaian Syariah Kota Makassar

Authors

  • Asrini Universitas Muhammadiayah Makassar
  • Muhammad Najib Kasim Universitas Muhammadiayah Makassar
  • Agusdiwana Suarni Universitas Muhammadiayah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.14421/jies.2023.4.2.84-88

Keywords:

Tingkat Pemahaman Masyarakat, Produk Pegadaian Syariah

Abstract

Penelitian ini bermula dari rendahnya pemahaman masyarakat tentang Pegadaian Syariah, yang disebabkan oleh
mayoritas pengguna layanan keuangan Pegadaian berasal dari golongan ekonomi menengah ke bawah.
Umumnya, mereka tidak memiliki tingkat pendidikan yang tinggi, sehingga pemahaman mereka mengenai
Pegadaian Syariah masih terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menilai dampak tingkat pemahaman
masyarakat terhadap produk yang ditawarkan oleh Pegadaian Syariah Kota Makassar. Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa
observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Jumlah populasi sebanyak 822.750 orang dan menggunakan sampel slovin
sehingga diperoleh 100 responden. Hasil penelitian ini membuktikan berdasarkan perhitungan uji regresi linier
sederhana, Koefisien regresi Xsebesar 0,784memberikan arti bahwa Tingkat Pemahaman Masyarakat (X)
berpengaruh Positif terhadap Produk Pegadaian Syariah (Y). Hal ini menunjukkan bahwa dengan meningkatnya
Tingkat Pemahaman Masyarakat, makaterjadi peningkatan pada Produk Pegadaian Syariah. Sebaliknya, jika
Tingkat Pemahaman Masyarakat menurun, makaterjadi penurunan pada Produk Pegadaian Syariah.Hasil
penelitian ini menunjukkan bahwa hipoteisis diterima dikarenakan Tingkat Pemahaman Masyarakat (X) dengan
Nilai thitung (12.608) > ttabel (1.984) serta nilai signifikannya (0,000) < (0,05) sehingga terbukti bahwa varibel
Tingkat Pemahaman Masyarakat berpengaruh Positif dan signifikan terhadap Produk Pegadaian Syariah, maka
pada tingkat kekeliruan 5% dinyatakan untuk hipotesis diterima.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 125 times | PDF downloaded = 134 times

References

Abdi, M. N., & Suarni, A. (2019). Tingkat Pemahaman Masyarakat Tentang Pasar Modal Syariah di Sulawesi Selatan. AKMEN Jurnal Ilmiah, 16(3), 414-423.

Hamdani, H., Lianti, L., & Dasari, F. (2020). Pengaruh Inflasi, Harga Emas Dan Jumlah Nasabah Terhadap Penyaluran Pembiayaan Ar-Rahn Pada Pt Pegadaian Syariah Unit Geudong. Ekonis: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 22(1).

Ismanto, K. (2018). Literasi Masyarakat dan Dampaknya terhadap Minat Menjadi Nasabah Bank Syariah. HUMAN FALAH: Jurnal Studi Ekonomi dan Bisnis Islam.

Nugroho, A. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sikap Keuangan Terhadap Kinerja Manajemen Keuangan Umk: Studi Pelaku Usaha Mikro Bidang Kuliner di Kota Surabaya. GEMAH RIPAH: Jurnal Bisnis, 2(02), 1-15.

Ruwaidah, S. H. (2020). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah dan ShariahGovernance Terhadap Keputusan Mahasiswa dalam Menggunakan Jasa Perbankan Syariah. Muhasabatuna: Jurnal Akuntansi Syariah, 2(1), 79-106.

Setiawan, N., dan Al Faqih, N. I. H. (2022). Pengaruh Tingkat Pemahaman Nasabah Terhadap Keputusan Memilih Produk Pembiayaan Di Pt. Bprs Bumi Artha Sampang Kantor Cabang Kebumen. Maen: Jurnal ofManagement, Economics, andEntrepreneur 1(1) 55-76

Maghfirah, L., & Nurdin, R. (2019). Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menggunakan Produk Rahn pada Pegadaian Syariah (Studi Kasus pada Kantor Pusat Pegadaian Syariah Kota Banda Aceh). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Islam, 1(1).

Sukma, E., Mahjuddin, R., & Habibi, M. (2018). Literacy media models in improvingreadingskillofearlyclassstudents in elementaryschool. JournalofCounselingandEducational Technology, 1(2), 33.

Tulasmi, T., & Mukti, T. (2020). Peran Pegadaian Syariah dalam Literasi Keuangan Syariah. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 6(2), 239-245. Keuangan, O. J. (2017). Strategi nasional literasi keuangan Indonesia. Jakarta: Otoritas Jasa Keuangan.

Tarantang, J., Astuti, M., Awwaliyah, A., dan Munawaroh, M. (2019). Regulasi dan implementasi pegadaian syariah di Indonesia. Yogyakarta: K-Medi

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Asrini, Muhammad Najib Kasim, & Agusdiwana Suarni. (2023). Pengaruh Tingkat Pemahaman Masyarakat terhadap Produk Pegadaian Syariah Kota Makassar. Journal of Islamic Economic Scholar, 4(2), 84–88. https://doi.org/10.14421/jies.2023.4.2.84-88

Issue

Section

Articles