Analisis Potensi Ekonomi Pesantren Berbasis Kewirausahaan melalui Media Wakaf Produktif untuk Pemberdayaan Umat di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Annes Nisrina Khoirunnisa UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Muhammad Hanif Ibrahim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Alifia Nur Zaida UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jies.2023.4.2.89-105

Keywords:

Wakaf Produktif, Pesantren, Religiosity, Intention, Pemberdayaan Umat

Abstract

Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang signiikan terhadap ekonomi di dunia. berbagai kebijakan diberlakukan guna mengatasi penyebaran Covid-19, seperti physical distancing, social distancing, pemakaian masker, hingga pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Terjadinya penurunan aktivitas manusia, para pelaku usaha khususnya usaha mikro, kecil dan menengah tidak sedikit yang mengalami gulung tikar disebabkan melemahnya laju ekonomi. Hal ini disebabkan salah satunya adalah lumpuhnya kegiatan usaha masyarakat. Tujuan penelitian ini yakni mengidentifikasi niat santri/santriwati dalam pengembangan wakaf produktif di lingkungan pesantren selanjutnya wajaf produktif tersebut salah satunya digunakan sebagai pemberdayaan ekonomi umat. Metode  yang digunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan statistik dengan mengadopsi model Structural Equation Modelling (SEM). Metode pengumpulan data dalam penelitian ini yakni menggunakan kuesioner dengan teknik puposive sampling yang ditujukan kepada seluruh santri dan santriwati di Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa religiosity dan knowledge menunjukkan hasil yang signifikan terhadap attitude serta attitude dan perceived behavioral control selanjutnya memengaruhi intention untuk berwakaf secara signifikan. Namun, subjective norm menunjukkan hasil yang tidak signifikan terhadap intention berwakaf di kalangan santri/santriwati. Oleh karena hasil tersebut, maka pegembangan wakaf dikalangan pesantren harus ditingkatkan untuk selanjutnya dimanfaatkan untuk pengembangan ekonomi Umat.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 135 times | PDF downloaded = 111 times

References

Ajzen, I. (1991). The theory of planned behavior. Organizational Behavior and Human Decision Processes, 179–211.

Al Jaffri Saad, R., & Haniffa, R. (2014). Determinants of zakah (Islamic tax) compliance behavior. Journal of Islamic Accounting and Business Research, 5(2), 182–193.

Asmalia, S., Awaliah Kasri, R., & Ahsan, A. (2018). Exploring the Potential of Zakah for Supporting Realization of Sustainable Development Goals (SDGs) in Indonesia. International Journal of Zakat, 3(4), 51–69.

Asy'ari, H. (2016). Pengelolaan dan Pengembangan Wakaf Produktif di Yayasan Pondok Pesantren Miftahul Ulum Al-Yasini. Skripsi Fakultas Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Chotimah, C. (2014). Pendidikan Kewirausahaan di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. INFERENSI, Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 115-136.

Cooper, D., & Schindler. (2011a). Business Research Methods, Eleventh Edition (11th ed.). McGraw-Hill.

Johnson, B. R., Larson, D. B., De Li, S., & Jang, S. J. (2000). Escaping from the crime of inner cities: Church attendance and religious salience among disadvantaged youth. Justice Quarterly, 17(2), 377–391.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Muslimin. (2019). Pengembangan Ekonomi Pesantren Melalui Gerakan Wirausaha. Tesis Magister Ekonomi Syariah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.

Nadzir, M. (2015). Membangun Pemberdayaan Ekonomi di Pesantren. Jurnal Economica, 37-56.

Nizar, M. A. (2017). Pengembangan Wakaf Produktif di Indonesia : Potensi dan Permasalahan. Jurnal MPRA (Munich Personal RePEc Archive), 1-48.

Pahlevy, Erick. 2018. Pengaruh Religiusitas Terhadap Sikap Konsumen Muslim di Surabaya dan Niat Menabung di Bank Syariah. Skripsi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Perbanas Surabaya.

Souiden, N., & Rani, M. (2015). Consumer attitudes and purchase intentions toward Islamic banks: The influence of religiosity. International Journal of Bank Marketing, 33(2), 143–161.

Sumadi, Resi Agus & Sulistyawati, Eka. 2017. Pengaruh Sikap, Motivasi, dan Lingkungan Terhadap Niat Berwirausaha. E-Jurnal Manajemen Unud., Vol 6, No 2.

White, S. W., & Roberson-Nay, R. (2009). Anxiety, social deficits, and loneliness in youth with autism spectrum disorders. Journal of Autism and Developmental Disorders, 39(7), 1006–1013.

Abdurrahman, W., 1974. Pesantren dalam Subkultur dalam M. Dawam Rahardjo (ed) Pesantren dan Pembaruan. LP3ES, Jakarta.

Acep Zoni Saeful Mubarok, 2020. Prospek Nazhir Wakaf Global Berbasis Pesantren di Era Digital. j. bimas islam 13, 23–50. https://doi.org/10.37302/jbi.v13i1.190

Chotimah, C., 2015. Pendidikan Kewirausahaan Di Pondok Pesantren Sidogiri Pasuruan. INFSL3 6, 114. https://doi.org/10.18326/infsl3.v8i1.114-136

Hafizd, J.Z., 2020. Peran Bank Syariah Mandiri (BSM) Bagi Perekonomian Indonesia Di Masa Pandemi Covid-19. Al-Mustashfa: Jurnal Penelitian Hukum Ekonomi Syariah 5, 138. https://doi.org/10.24235/jm.v5i2.7402

Izfanna, D., Hisyam, N.A., 2012. A comprehensive approach in developing akhlaq: A case study on the implementation of character education at Pondok Pesantren Darunnajah. Multicultural Ed & Tech Jnl 6, 77–86. https://doi.org/10.1108/17504971211236254

Rusydiyah, E.F., Surabaya, U.S.A., 2017. Konstruksi Sosial Pendidikan Pesantren; Analisis Pemikiran Azyumardi Azra 5, 23.

Suardi Wekke, I., 2012. Pesantren Dan Pengembangan Kurikulum Kewirausahaan: Kajian Pesantren Roudahtul Khuffadz Sorong Papua Barat. INFSL3 6, 205. https://doi.org/10.18326/infsl3.v6i2.205-226

Sugihamretha, I.D.G., 2020. Respon Kebijakan: Mitigasi Dampak Wabah Covid-19 Pada Sektor Pariwisata. jpp 4, 191–206. https://doi.org/10.36574/jpp.v4i2.113

Suwono, Y., 2007. Wakaf Produktif di Indonesia: Studi atas Pengelolaan Aset Wakaf Pondok Modern Gontor Ponorogo. IAIN Walisongo, Semarang.

Downloads

Published

2023-12-15

How to Cite

Annes Nisrina Khoirunnisa, Muhammad Hanif Ibrahim, & Alifia Nur Zaida. (2023). Analisis Potensi Ekonomi Pesantren Berbasis Kewirausahaan melalui Media Wakaf Produktif untuk Pemberdayaan Umat di Masa Pandemi Covid-19. Journal of Islamic Economic Scholar, 4(2), 89–105. https://doi.org/10.14421/jies.2023.4.2.89-105

Issue

Section

Articles