Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Keuangan Pribadi pada Generasi Z

Authors

  • Akhmad Ilma Sadulur UIN Sunan Kalijaga Yogakarta
  • Wabi Abdul Wahab UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.14421/jies.2024.5.2.139-146

Keywords:

literasi keuangan, sikap terhadap uang, gaya hidup konsumtif, perencanaan keuangan, perilaku keuangan pribadi, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi perilaku keuangan pribadi pada Generasi Z di Indonesia. Dengan pendekatan kuantitatif dan metode deskriptif korelasional, penelitian ini menggunakan data dari 43 responden yang berasal dari kalangan Generasi Z. Variabel independen yang diteliti meliputi literasi keuangan, sikap terhadap uang, gaya hidup konsumtif, dan perencanaan keuangan, sementara variabel dependen adalah perilaku keuangan pribadi. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa tingkat literasi keuangan responden tergolong tinggi, sikap terhadap uang cukup baik, dan gaya hidup konsumtif relatif rendah. Analisis korelasi Pearson menunjukkan bahwa seluruh variabel independen memiliki hubungan yang signifikan terhadap perilaku keuangan pribadi, dengan koefisien tertinggi ditunjukkan oleh literasi keuangan (r = 0.628) dan perencanaan keuangan (r = 0.611). Temuan ini memperkuat literatur yang menyatakan bahwa perilaku keuangan individu dipengaruhi secara simultan oleh pengetahuan, sikap, gaya hidup, dan kebiasaan perencanaan. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam memahami perilaku finansial generasi muda serta memberikan implikasi bagi pengembangan pendidikan keuangan yang relevan di era digital.

Downloads

Download data is not yet available.
Abstract viewed: 389 times | PDF downloaded = 357 times

References

Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2011). Assessing financial literacy in 12 countries: An OECD/INFE international pilot exercise. Journal of Pension Economics and Finance, 10(4), 657–665. https://doi.org/10.1017/S1474747211000539

Atkinson, A., & Messy, F.-A. (2012). Measuring financial literacy: Results of the OECD/International Network on Financial Education (INFE) pilot study. OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/5k9csfs90fr4-en

Hilgert, M. A., Hogarth, J. M., & Beverly, S. G. (2003). Household financial management: The connection between knowledge and behavior. Federal Reserve Bulletin, 89, 309–322.

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2007). Baby boomer retirement security: The roles of planning, financial literacy, and housing wealth. Journal of Monetary Economics, 54(1), 205–224. https://doi.org/10.1016/j.jmoneco.2006.12.001

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2011). Financial literacy and planning: Implications for retirement wellbeing. National Bureau of Economic Research Working Paper Series, No. 17078. https://doi.org/10.3386/w17078

Lusardi, A., & Mitchell, O. S. (2014). The economic importance of financial literacy: Theory and evidence. Journal of Economic Literature, 52(1), 5–44. https://doi.org/10.1257/jel.52.1.5

Tang, T. L. P., & Chiu, R. K. (2003). Income, money ethic, pay satisfaction, commitment, and unethical behavior: Is the love of money the root of evil for Hong Kong employees? Journal of Business Ethics, 46(1), 13–30. https://doi.org/10.1023/A:1024731611490

Tang, T. L. P., & Gilbert, P. R. (1995). Attitudes toward money as related to intrinsic and extrinsic job satisfaction, stress, and work-related attitudes. Personality and Individual Differences, 19(3), 327–332.

Tang, T. L. P., Furnham, A., & Davis, G. M. (2002). The meaning of money: The Money Ethic Scale and its dimensionality. Journal of Managerial Psychology, 17(7), 542–563. https://doi.org/10.1108/02683940210444030

Xiao, J. J., & O'Neill, B. (2016). Consumer financial education and financial capability. International Journal of Consumer Studies, 40(6), 712–721. https://doi.org/10.1111/ijcs.12285

Xiao, J. J., & Porto, N. (2016). Financial education and financial satisfaction: Financial literacy, behavior, and capability as mediators. International Journal of Bank Marketing, 34(7), 1052–1069. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2016-0009

Xiao, J. J., & Porto, N. (2017). Financial education and financial satisfaction: Financial literacy, behavior, and capability as mediators. International Journal of Bank Marketing, 35(5), 805–817. https://doi.org/10.1108/IJBM-01-2016-0009

Xiao, J. J., & Wu, J. (2006). Applying the theory of planned behavior to retain credit counseling clients. Journal of Financial Counseling and Planning, 17(2), 31–45.

Prabawani, B., & Maulana, A. (2021). Gaya hidup konsumtif dan implikasinya terhadap perilaku keuangan generasi Z di Indonesia. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 12(2), 145–159.

Lestari, P. A., & Yuniarta, G. A. (2020). Perencanaan keuangan dan pengaruhnya terhadap perilaku keuangan mahasiswa. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana, 9(1), 55–64.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Sadulur, A. I., & Wabi Abdul Wahab. (2024). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Keuangan Pribadi pada Generasi Z. Journal of Islamic Economic Scholar, 5(2), 139–146. https://doi.org/10.14421/jies.2024.5.2.139-146

Issue

Section

Articles